Sirkuit Losail Qatar Tidak Jadi Pembuka MotoGP 2023, Diganti Mandalika?

Sirkuit Losail Qatar Tidak Jadi Pembuka MotoGP 2023, Diganti Mandalika?

Losail International Circuit di Doha, Qatar tak lagi menyelenggarakan seri pembuka MotoGP musim 2023. Hal ini karena lintasan tersebut tengah menjalani renovasi besar dan didesain ulang. Dorna Sports mengatakan bahwa GP Qatar kemungkinan digelar menjelang akhir musim 2023. Lantas, siapakah yang berpeluang menggantikan jadwal tersebut, apakah Mandalika?

KEY TAKEAWAYS

  • Sirkuit Internasional Losail akan menjalani renovasi besar dan remodelling area paddock dan fasilitas sirkuit untuk 2023

    Sebagai gantinya, balapan di Losail dialihkan ke akhir musim.
  • Seperti kita tahu, Qatar memulai debutnya dalam Kejuaraan Dunia MotoGP dimulai pada 2004. Ia telah memegang peran pembuka musim sejak 2007, dengan pengecualian 2020 ketika Covid-19 yang memaksa penundaan awal musim. Dan sejak 2008, sirkuit ini merupakan satu-satunya yang menggelar balapan di bawah lampu sorot alias malam hari.

    Losail International Circuit

    Selain sebagai venue MotoGP, Sirkuit Internasional Losail pernah ditunjuk menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK). Bahkan, menggelar balap Formula 1, untuk mengisi slot kosong dalam kalender 2021. Pemerintah Qatar juga telah resmi menandatangani kontrak berdurasi 10 tahun sebagai lokasi perlombaan balap jet darat, yang dimulai dari 2023 hingga 2032.

    Demi memuluskan dua event bergengsi MotoGP dan Formula 1, pengelola Losail memang sudah merencanakan untuk merombak sirkuit agar penyelenggaraan GP Qatar dapat berjalan mulus musim depan.

    Rencananya, pengerjaan renovasi Sirkuit Losail dilakukan tahun ini. Perbaikan besar-besaran ini tidak hanya lintasan saja, pemodelan ulang area paddock juga dilakukan. Fasilitas pendukung lainnya juga tak luput dari pembaharuan. Termasuk, pembangunan area baru untuk penonton. Semua dilakukan oleh pengelola agar menciptakan suasana baru dan lebih menarik.

    Meski berstatus peremajaan, sirkuit berkarakter cepat sepanjang 5,4 km itu telah memperpanjang komitmennya dalam meramaikan MotoGP hingga 2031.

    “Sirkuit Internasional Losail akan menjalani renovasi besar dan remodelling area paddock dan fasilitas sirkuit untuk 2023. Sebagai gantinya, balapan di Losail dialihkan ke akhir musim. Proyek renovasi sudah mulai berjalan dari tahun ini. Kita akan melihat berbagai area yang dibangun kembali untuk menciptakan pengalaman lebih baik bagi semua. Termasuk pengunjung, pembalap hingga tim yang berlomba. Semua pengerjaan yang dilakukan bakal menjadikan Losail sebagai sirkuit dengan fasilitas balap dengan perlengkapan terbaik di dunia," tulis pernyataan MotoGP.

    Karena mengalami perombakan menyeluruh, besar kemungkinan renovasi yang dilakukan tidak akan rampung pada awal 2023. Maka itu sirkuit Losail tak bisa membuka MotoGP pada musim depan. Hingga saat ini, pihak penyelenggara masih belum mengumumkan kalender untuk musim depan.

    Mandalika Jadi Tuan Rumah Putaran Pembukaan MotoGP 2023?

    Mandalika

     

    Hingga saat ini Dorna Sport masih mencari alternatif untuk mencari sirkuit pembuka MotoGP 2023 dengan beberapa opsi logis. Ada dua pilihan yang patut diperhitungkan oleh penyelenggara. Pertama boleh jadi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Meski posisinya di ambang musim hujan, ia dapat menjadi alternatif bagi seluruh tim. Sebab dapat menghemat biaya dengan menggabungkan pengujian test pra-musim setelah dari Sepang, Malaysia.

    Pilihan lainnya yaitu jatuh ke Australia. Ia dapat dipindahkan dari slot tradisional Oktober ke Maret. Ini sebuah langkah yang kemungkinan akan disambut baik, karena jadwal saat ini sering membuat balapan terhambat oleh kondisi berangin.

    Baca juga: Bedah Spesifikasi Motor Balap Ducati Desmosedici GP21 yang Antar Bastianini Juara di GP Prancis

    Sumber: MotoGP

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature