IIMS 2018: Husqvarna Svartpilen 401, Scrambler Modern

IIMS 2018: Husqvarna Svartpilen 401, Scrambler Modern
Gambar
Review Pengguna

Svartpilen 401, satu-satunya scrambler milik Husqvarna yang dijual di Indonesia. Tampilannya sangat modern, dengan potongan tubuh kaku. Minim lekukan.

Bodinya sangat sedikit, cuma ekor dan tangki bensin. Itu pun bagian buntutnya pendek, terkesan seperti dipotong. Sisanya dibiarkan telanjang. Rangka teralis terlihat jelas, begitu pula mesin, radiator, monoshock belakang dan jeroan lain. Bagian rangka Svartpilen 401 terbuat dari material istimewa, baja chromium molybdenum (chrome moly) yang diklaim tahan korosi.

Secara bobot, motor asal Austria ini begitu ringan, hanya 150 Kg. Ground clearance setinggi 170 mm, membuat bodi bawahnya tidak mudah bersinggungan dengan aspal. Posisi duduk yang tinggi menjadikan telapak kaki agak sulit menapak ke aspal, khususnya bagi pemilik tinggi 168 cm. Namun tingginya jok punya sisi positif, membuat visibilitas berkendara lebih baik.

Aura modern Svartvilen 401 juga muncul lewat penggunaan lampu bulat di depan, berteknologi LED. Panel instrumen pun bulat sederhana, tapi sudah full digital. Ciri khas tangguh dari sebuah Scrambler, tampak melalui penggunaan ban semi off-road dari Pirelli Scorpion Rally. Ukuran karet bundar depan 110/70-17 inci dan belakang 150/60-17 inci. Pelek jari-jari yang lentur tapi kokoh, sebagai penunjang kemampuan menjelajahnya di medan tanah. Kesan gagahnya diperkuat lewat suspensi depan upside down berdiameter 43 mm dari WP.

Penggunaan stang tinggi dan lebar, ditujukan agar pengendara lebih rileks saat menunggangi Svartpilen 401. Meski demikian aura sport tetap tidak bisa hilang, karena posisi pijakan kaki ada di belakang mesin. Mau tidak mau, tubuh agak sedikit menunduk.

Kapasitas mesin cuma 373,2 cc berkonfigurasi satu silinder dengan pendingin cairan. Jantung mekanis itu bisa memuntahkan torsi puncak 37 Nm dan tenaga maksimal 44 PS. Sistem transmisi yang jadi padanan, 6-percepatan manual. Pola penyemprotan bahan bakar sudah injeksi yang dioperasikan dengan ride by wire, untuk mendistribusikan tenaga yang presisi dan terkontrol serta diklaim irit.

Fitur keselamatan sudah pakai cakram di kedua roda dari ByBre. Cakram depan 320 mm dan belakang 230 mm. Tidak ketinggalan, ada anti-lock braking system (ABS) dua channel sebagai standar. Fitur modern ini memungkinkan roda tidak terkunci saat dilakukan pengereman mendadak. Sehingga Anda bisa mendapat waktu dan ruang untuk menghindari potensi kecelakaan. (Lod/Odi)

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Husqvarna Vitpilen 701, Sederhana Tapi Memikat

Jelajahi Husqvarna Svartpilen 401

Bandingkan & Rekomendasi