GIIAS 2022: Lebih Murah dari NMax dan PCX, Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan

GIIAS 2022: Lebih Murah dari NMax dan PCX, Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan

 

KEY TAKEAWAYS

  • Alva Auto memperkenalkan diri dan membawa produk pertamanya

    Alva One, dirancang ala skutik maxi yang diklaim tenaganya setara 150 cc
  • PT Ilectro Motor Group (IMG) selaku agen pemegang merek Alva Auto resmi mendeklarasikan peta bisnisnya di segmen elektrifikasi Tanah Air. Lewat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), mereka menawarkan sepeda motor listrik pertamanya yang diberi nama Alva One.

    Presiden Direktur PT IMG, Purbaja Pantja mengatakan. Potensi yang besar terkait perkembangan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia memanggil mereka untuk turut berkontribusi di segmen ini.

    "Kehadiran Alva di industri kendaraan roda 2 berbasis listrik bukan hanya sekadar menghadirkan produk motor listriknya saja, namun juga untuk menghadirkan lifestyle mobility solution dengan aplikasi yang terhubung dengan motornya," kata Purbaja saat mengenalkan Alva One di GIIAS 2022.

    Sebelum jauh membahas tampilan, fitur, dan performa, tak kalah menarik adalah posisi harga yang ditawarkan oleh pabrikan. Set banderolnya dibuat lebih murah ketimbang Yamaha NMax dan Honda PCX varian tertinggi di harga Rp34,99 juta on the road wilayah Jakarta.

    Sebagai perbandingan, Yamaha NMax 155 ABS Connected per Agustus ini dijual dengan harga Rp35,25 juta. Sedangkan Honda PCX 160 ABS dilepas dengan banderol Rp35,51 juta OTR.

     

    Desain

    Alva One

    Alva One membawa tampilan yang boleh dibilang berbeda dengan motor listrik yang sekarang tersedia di pasar domestik. Dia mengawinkan antara desain futuristik dan elegan yang kemudian dikemas dalam gaya skutik maxi.

    Di sektor fascia jadi bagian yang paling menarik perhatian, pakai headlamp berdimensi besar dan panjang ke bawah mirip-mirip kepunyaan KTM Super Duke GT 1290. Sistem penerangan depan juga sudah dibekali LED dengan pemanis DRL (daytime running light) menyatu dari sisi kiri hingga kanan.

    Sementara dari samping Alva One memiliki tarikan garis yang tegas dengan lekuk bodi dinamis. Nah, seperti skutik maxi pada umumnya, area footrest atau pijakan kaki memiliki dimensi cukup panjang dengan opsi 'selonjoran'.

    Karena tak dibekali dengan komponen knalpot otomatis membuat desain pelek dari motor listrik ini terlihat sempurna. Ide desainnya boleh dibilang mirip-mirip dengan motor sport Ducati.

    Mundur ke belakang, stoplamp didesain dinamis dan sporty lengkap dengan penandai sein model terpisah yang seluruhnya telah mengadopsi teknologi LED.

    Baca Juga: Bedah Keunggulan Rakata NX3, Motor Listrik Seharga Rp41,1 Juta yang Mirip NMax

     

    Fitur

    Alva One

    Selain penerangan full LED, Alva One turut dibekali dengan modus berkendara: Eco, Cruise, dan e-Sport yang sudah pasti memiliki karakter performa yang berbeda. Pengaturannya riding mode tersebut diletakkan pada tombol atau saklar di sebelah kanan.

    Skutik listrik ini juga sudah dibekali dengan peranti konektivitas. Nantinya pemilik Alva One bisa memantau segala informasi penting dari kendaraan hanya dengan sentuhan di layar smartphone saja.

    Tak cuma itu saja, motor bebas polusi ini sudah berbekal smart key, panel meter TFT, USB Port, hingga fitur reverse yang memungkian motor berjalan mundur guna memudahkan ketika di lokasi parkir.

     

    Performa

    Alva One

    Pabrikan mengklaim, performa Alva One setara motor konvensional berkubikasi 150 cc. Dia dibekali dengan baterai lithium berdaya 60v 45Ah (2,7 kWh) dan memiliki tenaga maksimal 4 kW atau 5,3 hp dan torsi yang besar menyentuh 46,5 Nm.

    Sementara untuk kecepatan puncaknya Alva One mampu digeber hingga kecepatan 90 km/jam dengan jarak tempuh di 70 km. Adapun untuk durasi pengisian baterai dari posisi kosong hingga penuh bisa dituntaskan dalam waktu 4 jam.

    Dalam paket pembelian Alva One konsumen hanya akan diberikan 1 buah baterai saja. Meski begitu pabrikan sudah menyediakan 2 slot baterai dengan pembelian baterai cadangan terpisah. Sayang belum ada informasi menyoal banderol resmi dari baterai tersebut.

     

    Rancang Bangun

    Terkait dimensi, skutik ini memiliki panjang 1.960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.200. Sementara untuk jarak terendah ke tanah (ground clearance) 135 mm dengan jarak sumbu roda 1.370 mm.

    Pelek depan pakai model cast wheel (racing) ring 14 inci berprofil ban 90/90. Sementara pelek belakang usung ukuran yang sama dengan profil ban lebih lebar 110/80, yang sekaligus jadi lokasi penempatan dinamo listriknya.

    Bila tertarik memiliki skutik listrik ini Anda sudah bisa melakukan pemesanan unitnya dengan estimasi pengiriman pada November 2022. Apabila masih penasaran dengan wujud serta sensasi berkendaranya Alva One bisa dicoba oleh pengunjung selama pameran GIIAS 2022. (KIT/ODI)

     

    Baca Juga: 14 Merek Sepeda Motor Ramaikan GIIAS 2022, Mayoritas Bawa Produk Listrik

    Jelajahi Alva One

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Yamaha Fazzio
      Yamaha Fazzio
    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Kawasaki Ninja ZX-25R
      Kawasaki Ninja ZX-25R
    • Honda CBR250RR
      Honda CBR250RR
    • Yamaha MX King
      Yamaha MX King
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    Motor Honda

    Jangan lewatkan

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Alva One Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Alva One

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Alva One dari Zigwheels

    • Motovaganza