Bedah Keunggulan Rakata NX3, Motor Listrik Seharga Rp41,1 Juta yang Mirip NMax

  • 2022/07/Rakata-NX3-1.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-3.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-5.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-4.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-6.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-9.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-8.jpeg
  • 2022/07/Rakata-NX3-3.jpg
  • 2022/07/Rakata-NX3-2.jpg
  • 2022/07/Rakata-NX3-5.jpg

PT Rakata Motorcycle turut meramaikan pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ada 1 skutik-nya yang cukup menarik perhatian, mirip Yamaha NMax lawas bernama Rakata NX3.

KEY TAKEAWAYS

  • Rakata NX3

    Dibanderol Rp41,1 juta OTR Jakarta dan ada harga khusus selama PEVS 2022
  • Di ajang PEVS 2022, motor listrik serupa NMax itu dijual dengan banderol Rp41,1 juta on the road Jakarta. Sementara selama pameran berlangsung hingga 31 Juli, harganya kena potong menjadi Rp 39,1 juta on the road.

    Manager Marketing PT Rakata Motorcycle, Daniel Pramana mengatakan, NX3 sudah dirakit lokal di kawasan Bitung, Tangerang. Sebagai langkah menjamin kepuasan pelanggan mereka juga memberikan garansi, baik rangkaian kelistrikan dan juga unit dari kendaraan.

    Rakata NX3

    "Kita memberikan garansi semua produk Rakata, termasuk NX3. Untuk baterai dan dinamo itu 2 tahun, sementara kontroler dan charger 1 tahun," kata Daniel saat ditemui di JIExpo, belum lama ini.

    Baca juga: Deretan Motor Listrik yang Tampil Perdana di PEVS 2022

    Adapun untuk lokasi dilernya, masih dijelaskan Daniel, saat ini baru tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Kalimantan. Lantaran proses servis yang minim dari motor listrik, sistem perbaikan unit menggunakan metode kunjungan alias home service.

    Desain Serupa Yamaha NMax

    Dari dimensi, Rakata NX3 terbilang bongsor layaknya skutik maxi. Dari lembar spesifikasi dia memiliki panjang 1.930 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1.320 mm. Rancang tubuhnya tak terlalu beda jauh dengan NMax lawas yang punya panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.115 mm.

    Rakata NX3

    Desain bagian depannya tampil sporty dengan 2 buah headlamp LED. Lekuk muka mirip-mirip dengan bodi aftermarket khusus NMax lawas yang dijual di pasaran. Tak cuma itu, tersedia juga komponen windscreen yang punya dimensi cukup tinggi.

    Untuk bagian mika lampu sein depan, kami bisa dibilang jika ini identik dengan kepunyaan NMax yang juga masih menggunakan bohlam biasa. Tapi bedanya pada bagian bodi samping tampil lebih sporty dengan hadirnya tarikan garis tegas.

    Rakata NX3

    Melihatnya dari samping, lagi-lagi mirip Yamaha NMax, bagian tengah samping ke belakang punya bentuk bodi yang membulat tak banyak tarikan garis. Diferensiasinya ada di desain velg, pakai model palang berbeda namun dijejali ukuran yang sama yakni 12 inci.

    Selebihnya untuk visual di belakang tak berbeda jauh dengan NMax lama, dia menggunakan model mika yang serupa ,tapi sudah berbekal teknologi LED layaknya produk aftermarket kebanyakan.

    Rakata NX3

    Spesifikasi Rakata NX3

    Lantas bagaimana dengan performanya, masih mengacu lembar data, dia dibekali dengan baterai Removable Lithium-Ion berdaya 72V26Ah. Konstruksi tersebut menyuplai dinamo 2.000W BLDC yang sanggup membawa kendaraan hingga kecepatan 80 km per jam dan menempuh jarak 80 km sekali pengisian daya penuh.

    Terkait lama pengisian daya baterainya, pihak Rakata menyebut dari posisi 0 persen hingga 100 persen bisa dituntaskan dalam waktu 5-6 jam dengan metode pengisian di listrik rumahan.

    Rakata NX3

    Pabrikan juga mengklaim jika Rakata NX3 bisa melahap tanjakan dengan sudut kemiringan hingga 30 derajat. Nah untuk mengimbangi performanya, skutik listrik ini dibekali dengan sistem pengereman cakram tunggal di depan dan di belakang.

    Semua informasi kecepatan, indikator baterai dan yang lainnya bisa dipantau lewat panel meter. Tak bisa dipungkiri jika desain dan bentuk speedometernya mirip dengan NMax lawas, perbedaan paling terlihat ada di warna layar yang menggunakan background biru.

    Rakata NX3

    Dan untuk rancang suspensi, layaknya motor matik konvensional dia dibekali dengan tipe teleskopik di depan yang kemudian dipadu dengan suspensi ganda tanpa tabung di belakang. Bagaimana, apakah Anda tertarik membeli skutik ini? (KIT/TOM)

    Baca juga: Oyika Jual Motor Listrik Tanpa Perlu Cas, Diskon Harganya Tembus Rp6,9 Juta di PEVS 2022

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature