• Wishlist

Fino dan Mio S Sama-sama untuk Wanita, Apa Maksud Yamaha?

Fino dan Mio S Sama-sama untuk Wanita, Apa Maksud Yamaha?

Masih segar di ingatan kami, ketika Yamaha Fino generasi terbaru bermesin 125 cc meluncur. Kala itu, Yamaha menggandeng Annisa Rahma (eks girls band Cherrybelle). Kini, Mio S diluncurkan, bekerjasama dengan Isyana Sarasvati, sebagai brand ambassador. Disebut pula, kedua motor itu memang untuk wanita. Lantas apakah keduanya tak berebut pangsa pasar?


WhatsApp Image 2017-10-18 at 2.02.30 PM


Kami menemui Dyonisius Beti, Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Pada kami, ia menjelaskan, Yamaha Mio sejatinya memang skuter untuk perempuan. “Mio memang dari awal lahirnya matik pertama untuk wanita, dan begitu banyak wanita memakai sepeda motor ini. Nah sekarang, Mio ini (untuk wanita) reborn,” jelasnya.


Lantas bagaimana dengan Fino? Motor yang baru saja mereka segarkan beberapa waktu lalu, juga disebut sebagai pilihan wanita. Berbagai kegiatan bersama kaum hawa pun digelar Yamaha. Sayang, kami tak juga mendapatkan jawaban jelas dari Yamaha terkait bersinggungannya segmen kedua motor ini. Dyon hanya menyebut, “Segmennya berbeda.” Itu saja.


Yamaha Fino 125 01


Tanpa penjelasan yang logis, kamipun mencoba menelaah maksud Dyon dengan segmentasi itu. Melihat harga, Fino termurah memang sudah lebih mahal dari Mio S. Harganya Rp 17,3 juta (Fino Sporty dan Fino Premium). Dari diferensiasi sekitar Rp 1,45 juta (Mio S Rp 15,75 juta) saja, itu sudah cukup menjelaskan maksud Dyon atas perbedaan segmen dua motor ini.


Kedua, Dyon sempat menyebut perkara desain. Memang konstruksi eksterior kerap menjadi penentu selera pasar. Dengan beda yang dramatis antara Mio S dan Fino, memang personal wanita yang memilihnya bisa berbeda juga. Bagi perempuan yang ingin motor lebih simpel dan akomodatif, Mio S bisa jadi pilihan. Namun untuk wanita yang ingin gaya lebih stylish, Fino opsinya.


Mio S 2017


Faktor lain yang akhirnya bisa kami sarikan dari peruntukan segmen yang berbeda, fiturnya. Fino diibaratkan model yang lebih kaya fitur dibanding Mio S. Oke, Mio S punya ban tubeless, lampu LED, answer back system, mesin blue core, tapi itu semua dimiliki Yamaha Fino Grande. Pada skuter gaya klasik dengan harga Rp 18,5 juta, semua fitur itu ada, ditambah Idling Stop System (ISS) serta Advance Key System (AKS). ISS berfungsi meningkatkan efisiensi dengan menyala-matikan mesin otomatis saat motor berhenti. AKS memudahkan proses menemukan motor, plus membantu pembukaan kunci magnetik.


Beberapa variabel yang kami jabarkan, tentu bukanlah jawaban resmi Yamaha. Namun ini hanya definisi kami dalam membantu Anda menemukan pilihan motor wanita yang tepat. Yang jelas, baik Mio S maupun Fino, merupakan produk lokal yang dibangun Yamaha dengan riset atas kondisi pasar tanah air. (Van/Odi)


Baca Juga: Ini Ubahan Pada Yamaha Fino Terbaru

Jelajahi Yamaha Mio S

Yamaha Mio S Rp 16,92 Juta Cicilan : Rp 385.938

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store