EICMA 2017: KTM 790 Duke, Seksi Maksimal!

Bodi KTM 790 Duke sungguh seksi, dalam artian bukan bahenol tapi bugar. Otot-ototnya tidak berlebihan dan dimensi tubuhnya proporsional. KTM mengklaim semua komponen yang melekat di motor barunya, punya fungsi esensial. Jadi tidak ada satu baut pun yang asal tempel.

KTM Duke 790 04

"Contohnya spoiler tangki, yang mengkombinasikan fungsi spoiler dengan desain ergonomis. Sepatbor belakang untuk meletakkan plat nomor dan lampu rem, bisa dicopot saat berkendara di lintasan. Anda tidak mungkin menemukan bentuk membulat, semuanya garis lurus, menjanjikan rasa berkendara yang mendebarkan," seperti dikutip dari laman resmi KTM.

Seksinya KTM 790 Duke semakin meningkat, bila Anda mengetahui mesin yang digunakan. Pabrikan Austria memakai jantung mekanis berkode LC8c berkapasitas 799 cc. Huruf c di belakang kode mesin, punya makna compact (ringkas). Beberapa komponen berbahan aluminium, sehingga mampu menjaga bobotnya tetap ringan. Depot daya ini bisa memuntahkan torsi puncak 86 Nm dan tenaga maksimal 105 PS.

Dalam menunjang performa hebat itu, KTM menggunakan jenis rangka chrome-molybdenum tubular yang berkontribusi besar pada kesempurnaan geometri. Pemotongan rangka dilakukan menggunakan laser, sehingga hasilnya sangat presisi. Suspensi depan upside down berdiameter 43 mm. Peredam belakang, monoshock.

KTM 790 Duke juga memiliki berbagai fitur modern. Sebutlah empat mode berkendara: sport, street, rain dan track. Khusus mode track, diklaim mampu memberikan rasa berkendara yang mendebarkan. Saat diaktifkan, anti-wheelie ikut hidup agar ban depan tetap mencengkeram aspal. Kemudian launch control juga berada di posisi on, untuk memastikan akselerasi terbaik. Respons mesin pun kian instan, ditambah traction control yang bisa dipilih tingkatannya.

Transmisi 6-percepatan KTM 790 Duke, sudah menggendong quickshifter+. Fungsinya memperpendek jarak perpindahan gigi, lebih presisi, peningkatan traksi di roda belakang. Lebih hebatnya lagi, Anda tidak perlu menekan kopling ketika melakukan perpindahan gigi.

Di EICMA 2017, KTM tidak hanya memunculkan 790 Duke. Mereka juga menampilkan prototipe KTM 790 Adventure R. Inilah motor yang diklaim sudah banyak ditunggu komunitas tualang. Bobotnya ringan, dimensinya ringkas dan bergaya travel enduro menengah dengan kemampuan berkendara lintas medan.

"KTM 790 Adventure R prototype dibuat murni untuk obsesi off-road. Ia pemimpin pasar di jalan tanah, warisan kami sulit ditiru dan inilah salah satu motor yang menarik untuk masa depan," ujar CSO KTM, Hubert Trunkenpolz dalam rilis resminya. (Lod/Van)

Baca Juga: Perkenalkan Vespa Elecctrica, Skutik Klasik Tanpa Mesin

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor