Daftar 10 Motor Terlaris 2018 (Semester 1)

Daftar 10 Motor Terlaris 2018 (Semester 1)

Ratusan motor dipasarkan di Indonesia, tapi hanya segelintir yang diterima baik konsumen. Salah satu indikator penerimaan masyarakat, ya larisnya penjualan. Inilah motor terlaris sepanjang semester pertama 2018, berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI):

1. Honda Beat eSP (883.575 unit)

Honda beat warna baru

Setiap tahun, Beat eSP selalu memimpin pasar roda dua. Produk keluaran Honda ini, unggul karena harganya terjangkau untuk kelas skutik, sekitar Rp 15 jutaan. Varian yang ditawarkan juga beragam, mulai dari sporty, street dan pop.

Kapasitas jantung mekanis Beat eSP pun cuma 108 cc. Alhasil soal keiritan saat dipakai berkendara di perkotaan, tidak perlu ditanya lagi. Honda mengklaim skutik ini sanggup menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sampai 59 Kpl.

2. Honda Scoopy eSP (387.439 unit)

Motor terlaris kedua di Indonesia ada Scoopy eSP. Bergaya retro namun punya berbagai fitur modern, itu ciri khasnya. Mulai dari lampu depan LED, remote pintar dengan alarm dan answer back system, sampai power charger untuk mengisi daya smartphone.

Keistimewaan lain, Honda memberi desain uniseks yang tak terbatas usia. Laki-laki, perempuan, tua dan muda pasti cocok menungangginya. Soal mesin, Scoopy mengambil basis yang sama dengan Beat. Harganya Rp 18,2 juta (OTR Jakarta).

3. Honda Vario 125 (301.716 unit)

VArio baru 2018

Dapat penyegaran pada pertengahan 2018, Vario 125 ternyata semakin diterima masyarakat. Honda memberi desain baru yang lebih banyak sudut. Fitur pun bertambah, kini ada sistem pencahyaan LED, panel insrumen digital serta remote pintar terintegrasi answer back system dan alarm.

Jantung mekanis berkapasitas 125 cc, juga menjadi kelebihan tersendiri. Mesin ini masih irit, namun ketika ingin dipakai perjalanan jarak jauh masih mumpuni. Vario 125 tersedia dalam dua varian: CBS Rp 19,2 juta (OTR Jakarta) dan CBS-ISS Rp 20 juta (OTR Jakarta).

4. Honda Vario 150 (225.000 unit)

Skutik ini punya desain mirip Vario 125. Hanya saja, dari sisi fitur memang lebih banyak. Vario 150 dipersenjatai sistem keyless untuk menyulitkan maling dalam membobol motor. Kapasitas mesinnya pun lebih besar mencapai 150 cc. Ditujukan bagi yang menginginkan performa lebih bertenaga saat berkendara.

Vario 150 dibanderol Rp 22,6 juta (OTR Jakarta). Tersedia dalam pilihan warna eksklusif tanpa grafis: matte black (hitam), matte red (merah), matte silver (perak) dan white (putih).

5. Yamaha Nmax (199.862 unit)

Review Yamaha Nmax 2018

Usai motor Honda terus yang masuk daftar terlaris, akhirnya ada Yamaha Nmax di urutan lima. Sejak kelahirannya beberapa tahun lalu, Nmax memang langsung jadi fenomena. Desain bongsor nan elegan, mesin bertenaga dan posisi berkendara nyaman merupakan kelebihannya.

Nmax terbaru bahkan mendapat suspensi belakang jenis tabung untuk membuat kualitas peredaman lebih baik. Maxi Yamaha ini dijual mulai Rp 26,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian tanpa ABS dan Rp 30,65 juta (OTR Jakarta) khusus ABS.

6. Yamaha Mio M3 125 (145.504 unit)

Posisi enam juga ditempati Yamaha. Kini lewat skutik mungilnya Mio M3 125. Keistimewaan rival Honda Beat ini, punya desain kompak sehingga mudah ditunggangi siapa saja. Hanya saja, jangan salah duga melihat bentuk kecilnya, Mio menggendong jantung mekanis yang bertenga. Kapasitas mesinnya mencapai 125 cc. Buat Anda yang mencari gesit dan performa mantap, inilah pilihannya.

Mio M3 125 dijual dengan harga mulai Rp 15,55 juta (OTR jakarta) untuk varian standar. Sementara varian AKS SS berbanderol Rp 16,45 juta (OTR Jakarta) lantaran sudah dilengkapi fitur answer back system yang memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir dan stop & start system untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

7. Honda Revo X FI (76.295 unit)

 

Inilah motor bebek terlaris di Indonesia. Revo X sanggup bertahan di tengah gempuran skutik yang merajalela. Harga murah mulai dari Rp 13,85 juta (OTR Jakarta) jadi kelebihannya. Ditambah lagi Honda memberi jantung mekanis berkapasitas 109,17 cc yang irit.

8. Honda PCX 150 (72.411 unit)

Honda PCX 2018

Meski baru terdistribusi sejak Februari 2018, namun PCX 150 sukses masuk daftar ini. Penjualannya memang belum sebaik Nmax, tapi setidaknya skutik berlambang sayap ini menunjukkan tren positif.

PCX 150 istimewa karena punya desain mewah nan elegan. Fiturnya juga tidak kalah menarik, sudah tersemat keyless, charger smartphone, alarm, answer back system dan lain-lain. Honda mematok motor produksi dalam negeri ini pun dengan harga bersaing. Mulai dari Rp 27,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian CBS dan Rp 30,8 juta (OTR Jakarta) bagi yang ingin mendapat keselamatan lebih lewat anti-lock braking system (ABS).

9. Yamaha Aerox 155 (69.825 unit)

Maxi Yamaha kedua yang sukses jadi motor terlaris, Aerox 155. Skuter ini beda lantaran desainnya begitu sportif, persis motor balap. Pabrikan garputala bahkan menyediakan sesi balapan khusus komunitas.

Soal mesin, Aerox lebih istimewa dibanding Nmax. Di dalamnya sudah ada fitur smart motor generator (SMG) untuk mengaktifkan motor lebih mudah. Fitur-fiturnya pun lebih banyak. Di varian tertinggi, tersedia keyless dan stop & start system. Yamaha menjual Aerox mulai Rp 23,35 juta (OTR Jakarta).

10. Yamaha Fino FI (67.561 unit)

Skutik retro milik Yamaha sukses berada di peringkat terakhir. Rival Honda Scoopy ini punya kelebihan kapasitas mesin yang mencapai 125 cc, sehingga performanya mantap. Pabrikan garputala sudah melengkapi Fino varian tertinggi dengan lampu depan LED, stop & start system, answer back system dan bagasi muat helm half face.

Harga Fino Grande atau paling mahal, Rp 18,9 juta (OTR Jakarta). Sementara versi standarnya Rp 17,75 juta (OTR Jakarta), tapi dengan beberapa fitur yang dihilangkan. (Lod/Odi)

Baca Juga: Giliran Yamaha R25 Hajar CBR dan Ninja!

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor