jakarta-selatan
kali dibagikan

Bukan Cuma Honda ADV150, Genio dan Monkey Juga Laris di Pameran Mobil

  • 29 Jul, 2019
  • 1632 Kali Dilihat

Honda Genio dan Monkey menyandang status tiga besar, terhadap kontribusi penjualan produk PT Astra Honda Motor di GIIAS 2019. Dua motor ini laris ratusan unit di pameran yang jadi ajang pamer mobil-mobil baru.



Tak kurang 162 unit diboyong konsumen dalam rentang sebelas hari. Memang tak sebanyak Honda ADV150 (1.802 unit). Sementara Monkey, motor naked bike berbentuk unik, laris 290 unit.


Sepertinya, eksistensi Genio mendulang sukses di pasaran. Cukup masuk akal, harganya terjangkau. Tipe CBS banderolnya mulai Rp 17,2 juta. Sedangkan varian tertinggi, CBS-ISS dilego Rp 17,7 juta. Keduanya sudah dalam kondisi OTR Jakarta.


Pun kalau mau mengangsur, uang muka serta cicilannya tergolong ringan. Mengacu pada laman Honda Cengkareng, Down Payment (DP) terendah tipe CBS mulai dari Rp 1,4 juta dan cicilan perbulan Rp 820 ribu (35 bulan). Jika uang mukanya Rp 4,2 juta (terbesar), angsuran per bulan lebih ringan lagi, Rp 695 ribu selama 35 bulan.


Beranjak ke varian CBS-ISS, DP mulai dari Rp 1,45 juta dan cicilan Rp 842 ribu selama kurang lebih tiga tahun. Nah, uang muka terbesarnya sama saja, sebesar Rp 4,2 juta. Tapi angsurannya pun lebih mahal, Rp 719 ribu dalam rentang waktu persis.


Maka sebaiknya ambil tipe terlengkap saja, karena bedanya tak begitu jauh. Urusan cicilan, pilih rentang waktu paling lama 17 hingga 23 bulan. Supaya tak terasa begitu lama.


Jika diilustrasikan begini. Hasil menjual motor lama Anda, misal sebesar Rp 3-4 juta, lantas dijadikan DP. Dalam waktu 17 atau 23 bulan, angsurannya berada di rentang Rp 945 ribu sampai Rp 1,249 juta. Cukup ringan kan? Tapi kembali lagi, sesuaikan dengan keuangan masing-masing. Menurut kami itulah titik ideal menyicil motor.


Kalau bicara produk, ya, mungkin ada yang suka dan tidak. Sebagian mengharapkan ia memiliki jantung pacu 150cc, alias versi besarnya Scoopy. Namun Honda tidak menyasar segmentasi itu. Melainkan merujuk pada para pemula yang baru naik motor.


Mengapa begitu? Secara spesifikasi, sangat mendukung. Mengadopsi rangka baru, yang disebut eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Motor terasa ringan, gesit, sekaligus mudah dikendalikan. Tingginya juga tidak menyulitkan. Postur tubuh standar dijamin bisa menapak ke aspal dengan baik.


Urusan jantung pacu, tertanam mesin eSP 110cc SOHC. Basisnya mirip dengan keluarganya yang bermesin segitu, namun memiliki ukuran bore dan stroke berbeda. Karenanya, tercatat output sebesar 8,97 PS/7.500rpm dan torsi puncak 9,3Nm/5.500rpm. Lebih besar dari Beat namun lebih kecil ketimbang Scoopy. Akselerasinya, jarak 200 meter bisa dituntaskan dalam 12,4 detik. Lantas kecepatan puncak, berhenti di 94kpj. Cukuplah untuk pemakaian harian. (Hlm/Van)


Baca Juga: Honda ADV150 Berbekal Fitur Keren, Ini Detailnya

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda Monkey

Lihat video terbaru Honda Monkey untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi