• Wishlist

5 Alasan Pilih Yamaha Lexi daripada NMax untuk Mudik

5 Alasan Pilih Yamaha Lexi daripada NMax untuk Mudik

Dengan dana sekitar Rp 20 jutaan, Yamaha Lexi bisa menjadi pilihan. Pasalnya, banyak keunggulan yang diberikan daripada memilih NMax. Dan menjelang lebaran, skutik terkecil Yamaha Maxi series ini, sangat masuk akal dipakai pulang kampung. Selain banderol lebih terjangkau, ada kelebihan fitur, yang tak dimiliki NMax. Untuk itu kami rangkum lima fakta berikut ini.


Dimensi



Yamaha Lexi memilih dimensi yang pas buat perjalanan jauh. Ukurannya 1.970 mm x 720 mm x 1.135 mm (P x L x T). Postur Lexi lebih tinggi. Jarak antara jok dengan tanah 785 mm. Artinya lebih tinggi 20 mm dibanding NMAX. Bagi rata-rata postur masyarakat Indonesia masih akomodatif. Meski, tak sedikit yang harus jinjit. Dengan posisi ini, membuat motor memiliki pengendalian yang nyaman.


Bentuk jok Lexi di bagian depan melebar. Cenderung datar hingga ke bagian penumpang. Bisa menopang pantat pengendara dengan maksimal. Saat mengajak pasangan mudik, misalnya, posisi itu relatif bersahabat. Sedangkan pada Yamaha Nmax, bentuk jok belakang cenderung tinggi. Kurang nyaman bagi pembonceng saat perjalanan jauh. Kondisi ini juga bergantung pada postur tiap pemakainya.


Mesin 125 Bertenaga


Engine Lexi berkubikasi 124,7 cc. Kompresi ruang bakarnya 11,2 : 0,4. Dibantu dengan sistem bahan bakar fuel injection, jantung pacu melecutkan daya 11,89 PS pada 8.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak mencapai 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Sedangkan milik Nmax (155 cc) berdaya 15,9 PS pada 8.000 rpm. Torsinya 14,4 Nm pada 6.000 rpm. Bedanya tak terlalu jauh. Jadi Lexi masih bisa memberikan respons cepat saat tuas gas ditarik.


Lantaran kapasitas mesin Lexi lebih kecil (sekitar 30 cc), ia lebih irit dibanding Nmax. Kami pernah mencobanya. Usai diajak keliling Jakarta sejauh 130,2 km, melewati berbagai kondisi jalan. Motor membukukan konsumsi BBM 41 km/liter. Masih terbilang cukup irit dan lebih bertenaga di kelas skutik 125 cc. Kemudian kapasitas tangki terpasang 4,2 liter. Anda pun bisa upgrade produk aftermarket hingga 6 liter. Cocok diajak mudik dan tak perlu sering mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar. Apalagi saat mudik, acap kali pemotor mengular saat isi bensin.


Smart Key dan Panel Meter


Nilai lebih ditawarkan oleh Lexi. Pada varian S dan ABS sebagai kasta tertinggi, dibekali smart key. Anda tak perlu lagi memakai anak kunci untuk menyalakan motor. Dan menurut Yamaha, fitur ini lebih aman dari pencurian. Sedangkan Nmax belum punya. Konon, demi menjaga keterjangkauan harga.


Panel meternya pun sudah full digital. Tak kalah dengan yang dimiliki Yamaha NMax. Dilihat dari segi fungsi dan gaya juga seimbang. Urusan pencahayaan depan, sudah pakai lampu LED. Lebih terang dari lampu halogen saat dipakai mudik malam hari. Tersedia pula lampu hazard. Kala perjalanan mudik, Anda bisa menyalakan untuk sekadar berhenti dan rehat sejenak di jalan. Perlu dicatat, hazard bukan berfungsi untuk iring-iringan. Tapi hanya untuk darurat dan kondisi motor harus berhenti.


Fitur SSS


Ia makin layak dibeli lantaran fitur idling stop (pada tipe S dan ABS). Atau menurut bahasa marketing Yamaha ‘Stop & Start System (SSS).’ Fitur ini memungkinkan efisiensi terjaga lebih baik. Caranya dengan menyala-matikan mesin secara otomatis. Setelah berkendara beberapa menit, sistem ini bakal siaga. Begitu motor dirasa diam lima detik dalam posisi mesin idle, maka mesin dimatikan secara otomatis. Begitu pedal gas diputar, sontak mesin menyala kembali.


Fitur ini amat menguntungkan saat Anda menghadapi jalanan mudik yang macet. Bukan cuma idling stop, Yamaha juga menggunakan sistem starter lebih baik dari Nmax. Tertanam Smart Motor Generator (SMG). Fitur ini meniadakan dinamo starter konvensional yang biasanya diletakkan terpisah dari konstruksi mesin utama.


Power Socket


Skutik Maxi ini mengantongi Electric Power Socket atau power outlet dan tak ada di Nmax. Sistem mengambil daya dari battery (aki) untuk disalurkan sebagai energi listrik lewat sebuah soket. Cukup tambahkan adaptor dan kabel yang sesuai dengan smartphone Anda. Saat mudik, pengisian daya menjadi amat penting.


Jadi dengan harga mulai dari Rp 20,7 juta hingga Rp 26,5 juta, Yamaha Lexi patut dipertimbangkan. Dengan segala value yang diberikan, sangat layak menjadi daftar teratas untuk dipinang. (Alx/Van)


Baca Juga: Daftar Ubahan di Yamaha NMax Terbaru

Jelajahi Yamaha Lexi

Yamaha Lexi Rp 21,36 - Rp 26,96 Juta Cicilan : Rp 487.243

Bandingkan & Rekomendasi