Transmisi CVT Datsun Cross, Bagaimana Caranya Bekerja?

Transmisi CVT Datsun Cross, Bagaimana Caranya Bekerja?

Datsun Cross pekan lalu membawa hal baru, transmisi CVT. Girboks yang nama lengkapnya Continous Variable Transmission, merupakan sebuah skema baru bagi Datsun. Sejak reinkarnasinya di 2013, hanya ada transmisi manual yang mereka sajikan. Bukan cuma di Indonesia, namun dunia, CVT menjadi pembaruan di sektor mekanis.

transmisi CVT cross

Jika Anda belum tahu, CVT itu salah satu jenis transmisi otomatis. Artinya, Anda tak perlu lagi memindahkan gigi saat mengendarai mobil. Proses menginjak dan melepas kopling pun tentu sudah tak lagi diperlukan. Semua itu dilakukan secara otomatis oleh girboks.

Lantas apa bedanya dengan transmisi otomatis konvensional?

Meski sama-sama girboks otomatis, namun transmisi ini memiliki konstruksi hingga cara kerja yang sama sekali berbeda. CVT mengandalkan sabuk baja yang melingkari dua puli unik. Puli unik ini dapat mengecil dan membesar untuk menyesuaikan besar rasio.

Betul, alih-alih memindahkan gigi satu persatu pada rasio yang sudah tetap agar sesuai dengan kecepatan mobil, CVT menyediakan puli yang bisa beradaptasi di berbagai kecepatan. Kalau transmisi otomatis konvensional hanya bisa disesuaikan dalam 4-6 speed, maka tidak demikian dalam CVT. Aliran tenaganya terjadi secara gradual dalam rentang rasio yang ada.

kabin cross

Keunggulannya, tentu saja pengaliran tenaga yang lebih halus. Ingat entakan yang ada akibat penurunan kecepatan saat gigi berpindah secara otomatis di transmisi AT konvensional? Hal itu tak ada di CVT. Putaran mesin dijaga pada level tertentu, sementara girboks terus menyesuaikan rasio pulinya seiring perubahan kecepatan. Belum lagi, efisiensinya juga lebih baik dalam mengolah bahan bakar. Dengan rpm yang konstan, tentu mesin lebih optimal bekerja dalam menghasilkan tenaga terbaik.

Terkesan keren dan nyaman digunakan, namun girboks jenis ini punya kekurangan cukup mendasar. Akselerasinya terbilang lambat dibanding transmisi otomatis konvensional. Kedua, proses mengail tenaga optimalnya juga tak begitu impresif. Berikutnya, harga komponennya terbilang lebih mahal. Jadi jangan heran jika harga Datsun Cross sangat jauh dari GO+ Panca. Harga Cross dengan tranmisi CVT diperkirakan berada di level Rp 175 juta ketika mulai dijual Maret nanti. (Van/Odi)

Baca Juga: Ketika Datsun GO+ Panca Berdandan di Panggung World Premiere

Jelajahi Datsun Cross

  • Tampak Depan Bawah Datsun Cross
  • Tampak samping Cross
  • Tampak belakang serong Cross
  • Tampak Depan Datsun Cross
  • Tampak belakang Cross
  • Tampak atas Cross
  • Tampak Grille Cross
  • Fog lamp depan Cross
Datsun Cross
Rp 161,49 - Rp 173,99 Juta Cicilan : Rp 3,68 Juta

Model Mobil Datsun

  • Datsun Cross
    Datsun Cross
  • Datsun GO +
    Datsun GO +
  • Datsun GO
    Datsun GO
Mobil Datsun

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Datsun Cross Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Datsun Cross

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang