jakarta-selatan
Bahasa en | id

Datsun Cross

Ubah Mobil
12 Rating | 12 Review
Rp 161,49 - Rp 173,99 Juta
Harga Cross
Harga OTR di Jakarta Selatan
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat Promo
Spesifikasi Cross
Tempat Duduk 7 Kursi
Mesin 1198 cc
Tenaga 67 hp
Power steering Ya
Kantong Udara Pengemudi Ya
Anti Lock Braking System Ya
Ground Clearance 200 mm
Tulis Review
REVIEW kendaraanmu & MENANG hingga Rp 500 Ribu setiap hari
Tulis Review

Pilihan Mobil Bekas

Cross : Dari Para Ahli

Kelebihan Cross
  • Bisa jadi ini adalah kendaraan crososver yang paling murah .
  • Mesin HR12DE yang cukup optimal untuk penggunaan di kawasan urban.
  • Ada kesan SUV yang kental.
Kekurangan Cross
  • Getaran mesin HR12DE yang notabene memiliki tiga silinder
  • Desain keseluruhan masih terlalu mirip Go+ Panca
  • Jangan berharap banyak untuk kelegaan interior, terutama baris ketiga

Informasi Terkini Cross

Update 08/10/2018: Nissan Motor Indonesia resmi memperkenalkan  Datsun Cross dengan mengusung transmisi model CVT. Sejak mulai dipasarkan pada Maret lalu, Datsun Cross telah membukukan pemesanan hingga lebih dari 2.000 unit. Dan yang mengejutkan, melalui Datsun Cross, Datsun mencoba untuk menghapus citra sebagai produsen mobil LCGC. 

 Mesin yang digunakan HR12DE berkonfigurasi tiga silinder, kapasitasnya 1,2 liter. Bukan spesifikasi yang spektakuler memang, tapi dengan rentang harga Rp 160-170 jutaan, ini termasuk ekonomis. Di luar Xtronic CVT, Datsun juga membekali Cross dengan fitur keselamatan Vehicle Dynamic Center, yang mengurangi efek under atau oversteer, rem ABS dan juga dual airbag.

Kenyamanan berkendara meningkat lewat peredam kabin yang lebih lengkap. Dudukan mesin dengan desain dan material baru, juga memberikan peredaman getaran mesin yang lebih mumpuni. Seperti Go+, Cross dibekali tiga baris kursi. Datsun menyebutnya sebagai tempat duduk 5+2. Datsun Cross lebih cocok jika diisi lima orang, dengan bangku baris paling belakang dilipat untuk ruang bagasi.

 

Harga Datsun Cross 2019

Varian Harga Spesifikasi  
5MT Rp 161,49 Juta*
Harga OTR
7 Kursi, 1198 cc, 67 hp, Bensin
CVT Rp 173,99 Juta*
Harga OTR
7 Kursi, 1198 cc, 77 hp, Bensin
Punya pertanyaan tentang Cross?

Tanyakan pada sesama pengguna Cross atau tim ahli Oto kami

Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih mobil berkat kontribusi Anda

Harga Datsun Cross di Kota Populer

Rp 171 - Rp 183 Juta
Rp 165 - Rp 177,5 Juta
Rp 176 - Rp 188,5 Juta
Rp 161,49 - Rp 173,99 Juta
Rp 161,49 - Rp 173,99 Juta

Gambar Datsun Cross

Warna Datsun Cross

Cross tersedia dalam 3 warna yang berbeda - Ruby Red, Amber and Copper

  • Ruby Red

  • Amber

  • Copper

Video Datsun Cross

Lihat video terbaru Datsun Cross untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Bandingkan Datsun Cross Dengan Mobil Sejenis

Review Datsun Cross

  • Overview
  • Interior & Fitur
  • Eksterior
  • Mesin & Konsumsi BBM
  • Pengereman

Overview

Sebuah pertaruhan besar bagi Nissan ketika menghidupkan kembali merek Datsun tiga tahun yang lalu. Strategi yang mereka terapkan, mudah saja terbaca. Tujuannya mengincar pasar negara berkembang dengan harapan memiliki tantangan lebih ringan. Walau pertumbuhan pasar terus berkembang ditandai terus bertambahnya jaringan dealer Datsun di seluruh dunia, bukan berarti brand ini sudah menancap kuat di segmen entry level. Justru masih banyak celah sempit yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Datsun berusaha menangkap potensi besar tersebut dengan cara menambah jajaran produk Datsun. Salah satunya merambah segmen crossover yang sedang booming beberapa tahun belakangan. Datsun sedang mempersiapkan GO Cross yang versi konsepnya diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015 lalu. Versi produksinya menggunakan platform CMF-A atau sama dengan basis Datsun GO Panca dan GO+ Panca. GO Cross 2018 concept merupakan misi Datsun dalam mengekspansi keluarga GO dan GO+ di pasar berkembang. Bedanya, tidak masuk dalam skema Low Cost Green Car (LCGC) seperti duo Datsun sebelumnya.

Sosok GO Panca hatchback mudah dikenali dalam desain GO Cross 2018. Sah saja menganggap konsep ini sebagai versi jangkung dari LCGC itu. Banyak kesamaan desain, terutama mulai dari gril trapezoidal besar, garis bahu, fender besar dan bentuk buritan. Sepertinya, desain yang diperlihatkan konsep ini sudah sangat matang dan siap untuk produksi. Adanya tambahan lampu bulat di depan, malah terlihat seperti Nissan Juke, headlamp serupa GO hatchback saja sudah cukup serasi. Kesan agresif terpancar dari area fog lamp yang tersambung dengan spakbor gagah ala SUV dan bermuara hingga belakang dengan aksen silver. Spakbor besar berarti siap diisi ban berukuran juga besar, yang tentunya akan jauh lebih mahal dari ban kecil seperti di hatchback.

Interior berbeda dari GO dan GO+. Dengan kualitas material tipikal mobil murah. Yang jelas, tuas transmisi diposisikan agak ke bawah dengan ergonomic yang unik. Dan yang penting, kelengkapannya kini jauh lebih mumpuni dari saudaranya yang lain.

Datsun Cross 2018 mengaspal di Indonesia pada 18 Januari 2018. Dengan kisaran harga Rp 163 jutaan, paling murah. Mesinnya tetap menggunakan 3-silinder 1,2-liter. Mesin berkode HR12D yang sama dengan milik Nissan March ini menghasilkan tenaga 67 ps, untuk varian bertransmisi manual. Datsun kini menyediakan pilihan transmisi otomatis CVT.  Yang terakhir itu akan dibanderol lebih mahal, dan punya tenaga mesin lebih besar yaitu 78 ps. 

Interior & Fitur

Interior Datsun Cross terlihat lebih berwibawa ketimbang Datsun LCGC. Meski kualitas materialnya tidak jauh berbeda, namun seara desain ini lompatan yang lumayan signifikan untuk Datsun.  

Di dashboard, layar monitor multimedia jadi hal yang dominan. Karena ukurannya besar, tuas transmisi tergeser ke bawah dan tidak menyatu dengan dashboard. Datsun memberian sedikit detail yang mengeluarkan aura sporty di bagian sekeliling tuas transmisi ini, berupa aksen carbon. 

Jok depan juga 'kembali ke jalan yang benar' karena terpisah. Di tengahnya ada tuas rem tangan. Sementara jok belakang masih sama seperti milik Go+ Panca, demikian juga dengan baris ketiga. Karena judulnya adalah mobil compact, maka jangan berharap banyak untuk kelegaan kabin. Terutama baris ketiga ini. 

Eksterior

Walaupun banyak kemiripan dengan GO dan GO+, desainer Datsun harus memastikan pembeli mobil ini tidaklah merasakan seperti membeli GO yang mengalami upgrade menjadi versi SUV saja. Apalagi kalau bukan masuk dalam segmen LCGC. Harus ada perbedaan yang cukup signifikan dengan kualitas material dan rakitan yang lebih baik lagi.

Wajahnya terlihat mengintimadasi dan terpancar aura ketangguhan sebuah SUV.  Semua itu didapat hanya dengan merubah bumper, memposisikan lamupu kabut lebih ke atas, dan penambahan molding di sisi body. 

Tetap menyandang karakter desain Datsun yang sudah mudah dikenali dari grille trapezoidalnya yang besar. Berbagai aksesoris penunjang tampilan SUV tampak serasi dengan desain GO Panca. 

Pelek alloy yang lebih besar dan lebar membuat kesan crossover lebih muncul, meski desainnya bukan selera kami. 

Mesin & Konsumsi BBM

Selain di Indonesia, Datsun Cross 2018 juga akan dijual di India. Menurut rumor yang beredar, akan ada dua pilihan mesin untuk GO Cross versi India. Yaitu mesin bensin HR12DE 3-silinder 1,2-liter dan mesin diesel 4-silinder 1,5-liter dCi.

Khusus Indonesia, mesinnya tetap 1,2 liter dengan tiga silinder. Namun seperti dikatakan tadi, Datsun Cross hadir dengan dua pilihan transmisi, Manual 5-speed dan CVT. Uniknya, Datsun memberikan dua output berbeda untuk setiap transmisi. Yang manual memiliki 67 ps, sedangkan versi CVT lebih besar 10 ps. 

Bisa dimengerti kenapa harus berbeda begitu. CVT yang sangat halus dalam bekerja, membuat mobil cenderung lambat dalam berakselerasi. Karena itu, untuk mengakalinya, ECU sedikit mendapatkan pengaturan ulang agar mesin bisa mengeluarkan tenaga lebih besar. 

Pengereman

Datsun Cross dibekali dengan rem cakram di depan, dan tromol di belakang. Namun Datsun berbaik hati dengan memberikan fitur ABS agar roda tidak mengunci saat pengereman mendadak, dan tetap bisa dikendalikan. 

Selain itu, untuk menjaga kestabilan, mobil ini dilengkapi juga dengan VDC (Vehicle Dynamic Control), semacam kontrol stabilitas untuk membantu pengendara mengendalikan mobil. 

Review Pengguna Datsun Cross

4.5
Berdasarkan 12 Review
  • 5 9
  • 4 1
  • 3 1
  • 2 1
  • 1 0
Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis Review
Review populer
  • S
    Stanley 05 Nov, 2019 untuk Datsun Cross
    Crossover gagah

    Gaya crossovernya bikin kepincut. Datsun Go panca yang polos jadi terlihat gagah. Apalagi sudah pakai transmisi CVT yang halus banget dan kenyamanannya saya rasa jauh lebih baik dibanding GO+ panca. Satu keunggulan yang penting ada di mobil ini adalah sudah diberikan fitur safety ESC. Rasanya lebih aman saja mengendari mobil sudah ada fitur ini. Yang saya tidak suka kursi belakang Baca Selengkapnya

  • G
    Getri 17 Jul, 2019 untuk Datsun Cross
    Bagus banget

    Untuk mobil harga segini bisa dapet cvt, 7 seat, irit pula, dan paling penting fitur safety lengkap, bisa jadi pertimbangan, mudah mudahanbl nanti datsun keluarin fitur baru lagi ya, thanks datsun cross Baca Selengkapnya

  • F
    Fahmi 30 Jun, 2019 untuk Datsun Cross
    Terbaik dikelasnya

    Setelah mempertimbangkan dan melihat beragam review di internet saya nampak ragu dengan Datsun, terlebih generasi pendahulunya yang terdapat beberapa kekurangan, namun saat ini semua kekurangan sudah terjawab,saya sudah test Drive hampir semua kompetitor,Datsun cross dengan cvt tentu sangat lebih baik, ditambah fitur keselamatan yang terbaik untuk mobil dibawah 200jt bahkan dengan cashback saya dapatkan sangat terjangkau. Dan satu lagi, lebih Baca Selengkapnya

  • Y
    Yayat Hidayat 24 Jun, 2019 untuk Datsun Cross
    Mantap

    Cakep dipandang, body menarik fitur bagus, suspensi enak empuk tarikan kuat Baca Selengkapnya

  • P
    Pietnov Holmes 19 Mei, 2019 untuk Datsun Cross
    Datsun Cross Holmes

    Puji Tuhan walaupun diriku dan keluarga bisa membeli datsun cross hitam dengan credit, tapi aku tidak kehujanan dan tidak kepanasan dijalanan dengan menggunakan datsun cross Holmes, indah hidup ini karena Holmes mensyukurinya,automatic yang sudah mendekati sempurna,ban dengan ring velg 15, cvt layaknya mengendarai nissan juke, memang datsun cross Holmes is the best, terima kasih Allahku, aamiin Baca Selengkapnya

Review Pengguna Cross

Pertanyaan seputar Datsun Cross

  • Apa saja fitur keselamatan yang ada pada Datsun Cross?

    Fitur keselamatan Datsun Cross

    Feature Value
    Airbag Penumpang Depan Ya
    Airbag Samping Depan Tidak
    Airbag Samping Belakang Tidak
    Child Safety Locks Ya
    Kantong Udara Pengemudi Ya
    Anti Lock Braking System Ya
    Brake Assist Tidak
    EBD (Electronic Brake Distribution) Tidak
    Vehicle Stability Control System Ya
    Sabuk Pengaman Belakang Ya
    Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman Ya
    Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg Ya
    Kamera Belakang Tidak
    Sensor Parkir Ya
    Crash Sensor Ya
    Engine Check Warning Ya
    Pengukur Tekanan Ban Tidak
    Pelindung Benturan Depan Ya
    Pelindung Benturan Samping Ya
    Pengingat Pintu Terbuka Ya
    Kontrol Traksi Tidak
  • Seperti apa dimensi Datsun Cross?
  • Berapa kapasitas mesin Datsun Cross?

Mobil Datsun Pilihan

Dealer Datsun Terdekat

Berita Datsun Cross

Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di Mobil Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor Whatsapp/SMS Anda

Terima kasih

Jual mobil saya