jakarta-selatan
Bahasa en | id

Datsun Cross

Ubah Mobil
Perkiraan Tanggal Peluncuran: Jan, 2018

Dari Para Ahli

Kelebihan Cross
  • Desainnya menarik. Dan Mobil ini bisa jadi adalah kendaraan crososver yang paling murah kalau nanti jadi masuk.
  • Mesin HR12DE yang cukup optimal untuk penggunaan di kawasan urban.
  • Ada kesan SUV yang kental.
Kekurangan Cross
  • Getaran mesin HR12DE yang notabene memiliki tiga silinder
  • Belum ada kepastian kapan kehadirannya
  • Belum ada kepastian apakah masih berstatus LCGC atau bukan

Informasi Terkini Datsun Cross

Update 15/1/2018: Nissan Motor Indonesia mengumumkan bakal meluncurkan Datsun Go Cross tanggal 18 Januari mendatang, dengan mengusung transmisi model CVT. Foto teasernya tersemat dengan menampilkan bagian wajah depan. Kabarnya, harga Go Cross mulai dari Rp 150 jutaan.  Sejauh yang kami dapatkan informasinya, Cross akan mendapatkan transmisi otomatis model CVT.  Namun sepertinya Cross juga tidak akan masuk dalam kategori mobil LCGC. Selain itu, kapasitasnya tetap 5+2 seperti Go+ Panca, dengan kursi depan yang terpisah. 

Datsun Go Cross adalah jawaban Datsun untuk pasar mobil crossover (kawin silang) antara MPV dan SUV. berbasis Datsun Go+ Panca, mereka menambahkan aksesoris yang membuatnya terlihat gagah dan macho, serta menambah ground clearance sehingga tampilannya lebih tinggi. Kapasitasnya tetap 5+2 seperti Go+ Panca, begitu juga dengan mesinnya. Yang menarik, mobil ini ternyata tidak berhenti sebagai mobil konsep saja. Datsun Indonesia dikabarkan akan segera memasarkan mobil ini tahun 2018 mendatang, paling lambat bulan Februari. Harganya? Mulai dari RP 150 jutaan. Ini akan membuat pasar MPV micro menjadi menarik, meski sepertinya Go Cross tidak akan masuk di kelas LCGC. Saingannya hanya datang dari Toyota Calya atau Daihatu Sigra, dua MPV LCGC. Untuk mereka yang malas akan status LCGC itu, Datsun punya Go Cross. Cerdas.

Daftar Harga Cross

Varian Harga Spesifikasi  
CVT Rp150 Juta*
Perkiraan Harga
7 Kursi, 1198 cc, 67 hp, Yang Akan Datang
Tanggal Peluncuran: Jan 18, 2018

Warna Cross

Cross tersedia dalam 1 warna yang berbeda - Yellow

  • Yellow

Gambar Cross

Video Cross

Lihat video terbaru Datsun Cross untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Review Cross

  • Overview
  • Eksterior
  • Mesin & Konsumsi BBM

Overview

Sebuah pertaruhan besar bagi Nissan ketika menghidupkan kembali merek Datsun tiga tahun yang lalu. Strategi yang mereka terapkan, mudah saja terbaca. Tujuannya mengincar pasar negara berkembang dengan harapan memiliki tantangan lebih ringan. Walau pertumbuhan pasar terus berkembang ditandai terus bertambahnya jaringan dealer Datsun di seluruh dunia, bukan berarti brand ini sudah menancap kuat di segmen entry level. Justru masih banyak celah sempit yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Datsun berusaha menangkap potensi besar tersebut dengan cara menambah jajaran produk Datsun. Salah satunya merambah segmen crossover yang sedang booming beberapa tahun belakangan. Datsun sedang mempersiapkan GO Cross yang versi konsepnya diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015 lalu. Versi produksinya menggunakan platform CMF-A atau sama dengan basis Datsun GO Panca dan GO+ Panca. GO Cross concept merupakan misi Datsun dalam mengekspansi keluarga GO dan GO+ di pasar berkembang. Bedanya, kemungkinan tidak masuk dalam skema Low Cost Green Car (LCGC) seperti duo Datsun sebelumnya.

Sosok GO Panca hatchback mudah dikenali dalam desain GO Cross 2018. Sah saja menganggap konsep ini sebagai versi jangkung dari LCGC itu. Banyak kesamaan desain, terutama mulai dari gril trapezoidal besar, garis bahu, fender besar dan bentuk buritan. Sepertinya, desain yang diperlihatkan konsep ini sudah sangat matang dan siap untuk produksi. Adanya tambahan lampu bulat di depan, malah terlihat seperti Nissan Juke, headlamp serupa GO hatchback saja sudah cukup serasi. Kesan agresif terpancar dari area fog lamp yang tersambung dengan spakbor gagah ala SUV dan bermuara hingga belakang dengan aksen silver. Spakbor besar berarti siap diisi ban berukuran juga besar, yang tentunya akan jauh lebih mahal dari ban kecil seperti di hatchback.

Interior juga tidak banyak berbeda dari GO dan GO+. Apakah material tergolong murahan tipikal mobil murah belum diketahui pasti?. Yang jelas, tuas transmisi berada di dasbor dengan ergonomic yang unik, dan rem tangan tetap model tarik seperti Toyota Kijang Super. Kelengkapannya tetap akan memadai seperti fitur power window, air conditioner, head unit dan airbag. Jika menilik GO Cross 2018 sebagai crossover yang bukan masuk kelas LCGC, seharusnya lebih banyak fitur dan kemewahan.

Datsun Cross dipastikan akan mengaspal di Indonesia pada 18 Janurai 2018. Dengan kisaran Harga Rp 150 jutaan, paling murah. Mesinnya tetap menggunakan 3-silinder 1,2-liter. Mesin berkode HR12D yang sama dengan milik Nissan March ini menghasilkan tenaga 67 hp dan Datsun kini menyediakan pilihan transmisi otomatis CVT.  Yang menarik, mobil ini tidak lagi berstatus LCGC. Seperti dikatakan tadi, harganya paling murah kemungkinan Rp 150 jutaan. 

Eksterior

Walaupun banyak kemiripan dengan GO dan GO+, desainer Datsun harus memastikan pembeli mobil ini tidaklah merasakan seperti membeli GO yang mengalami upgrade menjadi versi SUV saja. Apalagi kalau bukan masuk dalam segmen LCGC. Harus ada perbedaan yang cukup signifikan dengan kualitas material dan rakitan yang lebih baik lagi.

Tampilan luarnya tetaplah menarik jika dibandingkan Datsun lainnya. Wajahnya terlihat mengintimadasi dan terpancar aura ketangguhan sebuah SUV. Bahkan maskulinitasnya dapat diadu dengan SUV tulen semacam Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Tetap menyandang karakter desain Datsun yang sudah mudah dikenali dari grille trapezoidalnya yang besar. Berbagai aksesoris penunjang tampilan SUV tampak serasi dengan desain GO Panca. Tidak berlebihan dan pas. Penggunaan pelek alloy berwarna hitam turut menambah kesan gagah tersebut. Diharapkan, bagian ini tidak disunat menjadi pelek dan ban kecil.

Mesin & Konsumsi BBM

Selain di Indonesia, Datsun Cross juga akan dijual di India. Menurut rumor yang beredar, akan ada dua pilihan mesin untuk GO Cross versi India. Yaitu mesin bensin HR12DE 3-silinder 1,2-liter dan mesin diesel 4-silinder 1,5-liter dCi.

Mesin bensin tentu sudah dikenal akrab. Nah, mesin dieselnya sangatlah menarik. Karena merupakan pengembangan aliansi Renault-Nissan, dan juga digunakan oleh Renault Duster. Mesin ini merupakan perpaduan sempurna dengan bodi kompak milik GO Cross. Selain irit bahan bakar, performa tentu lebih baik dari mesin bensin berkat torsinya yang besar. Tapi besar kemungkinan pasar Indonesia belum bisa menerima mesin diesel ini. Pilihan bensin 1,2-liter masih yang paling masuk akal.

Dealer Datsun

  • Datsun Ciledug

    Kontak Dealer
  • NISSAN PONDOK INDAH

    Jl. Sultan Iskandarmuda Kav.29, Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama

    Kontak Dealer
  • NISSAN TB. SIMATUPANG

    Jl. RA. Kartini Kav.II B Blok S No.7

    Kontak Dealer
  • NISSAN WARUNG BUNCIT

    Jl. Warung Jati Barat No.34, Jati Padang, Pasar Minggu

    Kontak Dealer
  • NISSAN-DATSUN FATMAWATI

    JLN. FATMAWATI RAYA NO.60, CILANDAK BARAT, JAKARTA SELATAN 12430

    Kontak Dealer

Mobil Datsun Pilihan