Tesla Perkenalkan Pikap Bermesin Listrik

Tesla Perkenalkan Pikap Bermesin Listrik

Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, memperkenalkan pikap bertubuh besar. Sebesar apa? Bayangkan, bak di belakang mobil ini cukup untuk menggendong satu unit double cabin Ford F-150. Sebagai gambaran, F-150 saja punya panjang 5,8 meter, lebar 6,3 meter dan tinggi 1,9 meter.

Desainnya mirip truk bermesin listrik yang mereka luncurkan. Persis seperti versi mini dari truk Tesla. Walau masih berupa sketsa rekayasa komputer, Elon Musk, CEO Tesla berjanji tak butuh SIM khusus truk untuk mengendarai mobil ini. Cukup SIM A biasa saja.

tesla-pickup-003-1

“Ini pikap truk yang bisa mengangkut truk pikap,” ujarnya saat mempresentasikan rencana produksinya di peluncuran Tesla Semi Truck. Elon Musk belum mengungkap kapan mobil ini mulai dijual secara umum. Meski begitu, langkah ini cukup mengejutkan. Karena rencana elektrifikasi segmen pikap, diharakan dapat menjadi stimulan bagi produsen mobil lainnya mengikuti langkah Tesla.

Belakangan memang industri otomotif tengah ramai membicarakan dan mengembangkan teknologi listrik dan sistem otonom. Solusi kendaraan cerdas yang ramah lingkungan, juga merambah ke kategori kendaraan komersial termasuk truk dan pikap. Tesla Semi, truk listrik Tesla diluncurkan Kamis (16/11) di studio desain mereka, Hawthorne, California.

tesla-pickup-002-1

Elon Musk menyebut, truk listrik buatannya dibekali teknologi semi-otonom dengan fitur autopilot. Fitur ini secara otomatis mengerem dan menjaga truk melaju di jalurnya saat mengikuti konvoi di jalan bebas hambatan.

Truk ini memakai empat motor elektrik dan dapat melesat dari posisi diam sampai 100 kpj hanya dalam waktu 5 detik saja. Baterainya menampung energi listrik yang sanggup membawa truk melaju sejauh 643,7 km. Daya jelajahnya didukung desain kepala truk yang aerodinamis. Tesla Semi juga kuat mengangkut barang seberat 36 ton.

Kendaraan komersial bermesin listrik, memang menjanjikan biaya operasional yang murah karena pemiliknya tak harus membeli solar. Namun bagaimana dengan daya tahan truk ini? Musk menjanjikan garansi mesin sampai 1,6 juta km. Bahkan Musk mengatakan kalau truk Tesla yang nyaman tak akan rusak meski terkena bom nuklir. “Saya ganti 100%!” janji Musk. (RS/Odi)

Baca Juga: Tesla Roadster 2, Mobil Tercepat Di Dunia Kalahkan Bugatti Chiron

Sumber: Electrek, Autoblog

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil