Sambut Jokowi, Elon Musk Sampaikan Keinginannya ke Indonesia

Sambut Jokowi, Elon Musk Sampaikan Keinginannya ke Indonesia

Di tengah kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat dalam rangka pertemuan ASEAN-AS, Jokowi juga bertemu dengan bilyuner Elon Musk. Jokowi mengunjungi markas besar SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022) sekaligus untuk berdiskusi dan menegok langsung pabrik roket SpaceX tersebut.

KEY TAKEAWAYS

  • Presiden Joko Widodo berjumpa dengan Elon Musk

    Jokowi mengunjungi markas SpaceX untuk bertemu dengan Elon Musk
  • Pertemuan Jokowi dan Elon Musk

    Membicarakan lebih lanjut terkait investasi di Indonesia
  • Jokowi langsung disambut oleh Elon Musk. Elon berdandan kasual mengenakan kaos oblong dengan gambar Tesla yang berada di luar angkasa berlatar planet Bumi. Setelah berbincang-bincang keduanya langsung berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX.

    Kunjungan Jokowi ini merupakan tindak lanjut pertemuan pertama Elon dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

    Jokowi & Elon Musk

    “Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, teknologi, inovasi dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ucap Jokowi dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

    Baca juga: Tesla Kembali Recall Produknya Akibat Masalah di Monitor

    Elon dalam kesempatan yang sama mengungkapkan ketertarikannya dengan masa depan perkembangan teknologi di Indonesia. Negara kepulauan di Asia Tenggara ini disebut memiliki masa depan dan energi positif.

    “Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ungkap Elon.

    Jokowi & Elon Musk

    Elon juga mengungkapkan Indonesia memiliki banyak potensi di berbagai bidang. Dirinya akan melihat ke depan bentuk kerja sama apa yang cocok karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang.

    “Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” ungkap Elon.

    Jokowi juga mengungkapkan dirinya mengundang Elon untuk datang ke Indonesia. Ini agar pemilik Tesla dan SpaceX juga Twitter tersebut bisa menilai langsung.

    “Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang ke Indonesia,” ungkap Jokowi.

    Elon pun menjawab bahwa kemungkinan dirinya akan datang pada November tahun ini, menjawab undangan Presiden Jokowi.

    “Terima kasih atas undangannya,” ucap Elon.

    Jokowi & Elon Musk

    Sebelumnya Luhut mengawali kunjungan bertemu Elon untuk mempertegas potensi Indonesia di pasar dunia, khususnya baterai untuk kendaraan listrik. Keyakinan ini yang kemudian ditawarkan pada Elon untuk dapat berinvestasi di Indonesia dengan pendekatan yang sudah dilakukan sejak 2020 lalu.

    Rencana kerja sama dengan Tesla ini masih terus digodok, terutama untuk skema win-win solution bagi kedua pihak. Soal investasi ini, Tesla kebanyakan masih memegang kendali bisnisnya, seperti di Jerman dan China, meski tidak berada di Amerika Serikat. Padahal di Indonesia, perusahaan asing wajib bekerja sama dengan perusahaan lokal.

    Pada pertemuan dengan Luhut, Elon digambarkan sangat antusias terkait kebijakan nikel Indonesia. Ini diceritakan Luhut pada media sosialnya. Dirinya berharap pertemuan dengan Elon bukan yang terakhir. Sebab ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia. Luhut yakin hal tersebut bisa membawa Indonesia masuk dalam rantai pasok global industri kendaraan listrik.

    Jokowi & Elon Musk

    Beberapa tahun sebelumnya Tesla dikabarkan menyampaikan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia. Saat itu Tesla ingin membangun pabrik baterai lithium di Tanah Air. Sayangnya ketika itu belum menemui kesepakatan karena Tesla keberatan dengan syarat-syarat yang diinginkan Indonesia.

    Di Indonesia sendiri saat ini ada dua perusahaan produsen baterai kendaraan listrik yakni Contemporary Amperex Technology Co.Ltd (CATL) dan LG Chem. Keduanya sudah meliputi lebih dari 50 persen lithium baterai di dunia. (Sta/Tom)

    Baca juga: Tiket Formula E Sudah Mulai Dijual, Harganya dari Rp250 Ribu Sampai Rp10 Juta

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature