jakarta-selatan

Suzuki Masih Tertarik LCGC 7-seater

  • Okt 12, 2017
  • 1036 Dilihat

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku masih tertarik membuat produk Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang. Selain itu, pabrikan Jepang ini juga menyatakan, pihaknya masih melakukan studi terkait peluncuran calon pesaing Toyota Calya dan Daihatsu Sigra itu.


"Saat ini kami masih studi. Tergantung nantinya seperti apa," papar Donny Saputra Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada oto.com.


Lebih lanjut, Donny mengatakan, hingga kini pihaknya masih mengamati perkembangan kebijakan pemerintah mengenai program ini. Mereka menganggap kebijakan pemerintah tentang kendaraan LCGC saat ini sudah tidak tepat.


Melalui Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 di pasal 2 ayat 1 huruf e, dijelaskan harga maksimal LCGC sebelum pajak daerah, bea balik nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor (PKB) setinggi-tingginya mencapai Rp 95 juta. Namun harga mobil murah itu sekarang sudah dipatok lebih dari Rp 100 juta. Bahkan Toyota Agya saja sudah dijual mulai Rp 132 juta.


Lead-WKarimun-Wangon-R-Daihatsu-Ayla-1L-x---Datsun-GO


"Kami terus mengamati bagaimana perkembangan kebijakan pemerintah mengenai program ini dan ke depannya seperti apa. Itu semua tergantung regulasi yang mendukung LCGC itu sendiri," tambah Donny.


Menurutnya, meski persaingan pasar LCGC terbilang sengit, bermain di segmen itu masih menggiurkan bagi Suzuki. Mereka juga tidak menampik kalau mau ikut bermain dengan model yang sama, produknya harus punya keunikan. "Bagus dengan kondisi sekarang. Tapi tergantung pada stategi totalnya mau bagaimana. Jangan hanya jadi follower untuk produk yang sudah ada, preposisi produk yang ditawarkan harus berbeda. Untuk itu kami studi (secara) detail, kalau bicara potensi sih bagus saat ini," tambah Donny.


Maruti-Suzuki-Wagon-R-7-Seater


Membicarakan produk LCGC tujuh penumpang, bagi Suzuki memang bukan hal baru. Suzuki pernah menampilkan konsep MPV berkapasitas 7 penumpang di 2014. Mobil itu memiliki tampang yang mirip dengan Karimun Wagon R. Hal ini yang sempat jadi indikasi Suzuki bakal meluncurkan Karimun Wagon R dengan komposisi bangku tiga baris.


Pasar LCGC, saat ini jadi salah satu penyumbang penjualan mobil terbesar di Indonesia. Bila dilihat dari data Gaikindo, hingga akhir Agustus 2017, penjualan produk LCGC yang di dalamnya terdiri dari 5 merek dengan 7 model itu, mampu laku 162.141 unit.


Produk terlaris, masih dikuasai Toyota Calya yang merengkuh penjualan 52.159 unit. Sementara untuk LCGC Suzuki sendiri, Karimun Wagon R, sejak Januari hingga Agustus tercatat hanya terjual 3.732 unit. Angka ini turun jauh dibanding periode sama di 2016 yang mencapai 9.905 unit.


Baca Juga: Lima Fakta Unik Suzuki Karimun Wagon R

Shares

Video Karimun Wagon R

Lihat video terbaru Suzuki Karimun Wagon R untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer