jakarta-selatan
kali dibagikan

Suzuki Baleno vs Chevrolet Spark 1.4 LTZ

  • 04 Okt, 2017
  • 5364 Kali Dilihat

Suzuki Baleno melawan Chevrolet Spark. Sedikit berbeda kelas, karena semestinya Chevrolet Spark masuk sebagai city car kompak dengan mesin kecil. Namun Spark terbaru menggunakan mesin yang lebih besar, 1.4 liter. Kapasitasnya seimbang dengan yang ditawarkan oleh Baleno hatchback. Jadi bisa kita bandingkan keduanya.


 


HARGA

Harga--Spark-14-LTZ-vs-Suzuki-Baleno


Chevrolet Spark hanya punya satu varan di sini, 1.4L LTZ CVT yang ditawarkan dengan harga Rp 197 juta. Baleno MT dibanderol Rp 195 juta dan varian AT Rp207,5 juta. Kalau disetarakan dengan transmisi otomatis, Spark tentu lebih murah. Tapi harga lebih murah tak banyak berarti kalau fitur dan kelengkapan lainnya tidak memadai.


MESIN


[caption id="attachment_66847" align="alignnone" width="850"]Suzuki Baleno 2017 Test Drive (1) Mesin Suzuki Baleno 2017[/caption]

Baleno hatchback dibekali mesin K14B, 4-silinder 1.4 liter VVT berdaya 92 PS dan torsi 130 Nm. Spark menggendong mesin 4-silinder 1.4 liter VVT bertenaga 98 PS dan torsi puncak 124 Nm. Terlihat tenaga Spark sedikit lebih besar dibanding Baleno. Spark juga unggul karena menggunakan transmisi CVT tanpa jeda perpindahan. Baleno, di kisaran harga yang seimbang, menawarkan transmisi manual 5-speed. Sementara otomatisnya konvensional 4-speed. Sayangnya harganya jauh lebih tinggi dari Spark.



[caption id="attachment_65377" align="alignnone" width="650"]Mesin baru Spark 1,4-liter Mesin 1,4 liter milik Chevrolet Spark 2017[/caption]

DIMENSI

Dimensi--Spark-14-LTZ-vs-Suzuki-Baleno


Di sini jelas Suzuki Baleno lebih unggul. Baleno punya dimensi 3.995 x 1.745 x 1.510 mm (PxLxT) sementara Chevrolet Spark menawarkan dimensi 3.636 x 1.595 x 1.476 mm. Jarak antar poros roda Baleno 2.520 mm, lebih panjang dari Spark yang punya jarak sumbu roda 2.385 mm. Dengan keunggulan bodi dan jarak sumbu roda, Baleno menawarkan kabin yang lebih nyaman. Ground clearance jauh lebih tinggi Baleno di angka 170 mm, Spark hanya 159 mm.


EKSTERIOR

Detail desain Chevrolet Spark LTZ


Kelengkapan diluar, baik Baleno maupun Spark bisa dibilang seimbang. Di bagian wajah keduanya sudah memakai lampu depan poyektor, lampu siang hari dan lampu kabut. Spoiler belakang di atas tailgate juga sudah ada untuk keduanya. Dengan bodi lebih besar, Baleno juga dibekali pelek berukuran 16 inci. Spark memakai pelek alloy 14 inci, tipikal city car kecil.


Baleno sebagai pemain baru di hatchback


INTERIOR

Bagian interior Baleno dan Spark sama-sama memakai tema serba hitam dengan sentuhan silver. Soal desain menyesuaikan dengan selera, tapi milik Spark terasa lebih solid bagian dasbornya. Chevrolet juga mengklaim kekedapan kabinnya termasuk yang baik. Kelapangan kabin dan kapasitas bagasi dimenangkan Baleno, tapi Spark tak ketinggalan karena menawarkan konfigurasi pelipatan bangku baris kedua 60/40 split dan flat folding.



[caption id="attachment_65372" align="alignnone" width="650"]Kabin sederhana namun sporty Spark Fitur Spark lebih lengkap dengan MyLink[/caption]

Teknologi dalam kabin Spark lebih unggul ketimbang Baleno. Pada dasbor Spark tertanam infotainment layar sentuh 7 inci MyLink Multimedia System. Fiturnya sudah mendukung konektivitas USB, AUX, Mirroring, Bluetooth, sampai Android Auto dan Apple CarPlay. Belum lagi, keluaran suaranya diklaim berkualitas tinggi dengan 4 speaker dan 2 tweeter. Sedang Baleno masih menggunakan headunit 2DIN standar.


SAFETY

Meski lebih murah, fitur keselamatan Spark ternyata bisa diadu dengan Suzuki Baleno. Spark punya dua kantung udara di depan, kontrol stabilitas, rem ABS+EBD, hill start assist, ISOFIX dan immobilizer. Baleno dilengkapi dua kantung udara di depan, rem dengan ABS+EBD dan ISOFIX.


KESIMPULAN

 


Dengan banderol harga lebih murah dari Baleno AT, Spark terbilang mumpuni, kaya fitur dan menarik untuk dimiliki. Poin plus Baleno yang tak dimiliki Spark adalah dimensi dan kelapangan kabin. Kalau itu bukan masalah dan tidak mempertimbangkan merek, Chevrolet Spark 1.4L LTZ CVT menjadi pilihan yang menarik.



Baca Juga: GM Indonesia lakukan 'reshuffle' 

Harga dan Promo Varian Spark

  • 1.4L Premier | Rp 204 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 41 Juta
    Angsuran Rp 5 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Chevrolet Spark

Lihat video terbaru Chevrolet Spark untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Chevrolet Pilihan

  • Populer
  • Komparasi