Pilihan Hatchback Selain Nissan March

Pilihan Hatchback Selain Nissan March
Gambar
Review Pengguna

Nissan nampak tak serius menghadapi pasar otomotif. Tahun lalu mereka benar-benar tak menawarkan satu pun mobil baru. Deretan mobil yang mulai terlihat usang, tak ayal menjadikan area showroom jaringan diler mereka tak jauh beda dengan pelataran showroom mobil bekas.


perubahan minor untuk March 2017


Mobil seperti Navara, Serena, Juke sampai Grand Livina generasi lama, masih betah menghuni gerai Nissan di seluruh Indonesia. Tak kecuali Nissan March. Hatchback 5-pintu ini masuk ke Indonesia sejak 2010. Delapan tahun berselang, wujudnya relatif masih sama. Padahal, banyak kompetitor yang hadir dengan fitur berlimpah, demi memberikan keuntungan lebih pada pemiliknya.


Apalagi March berkode bodi K13 ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Ada yang berkapasitas 1,2 liter dan 1,5 liter. Artinya, musuh mobil ini lebih banyak. Kalau melihat harganya yang dipatok mulai Rp 184,8 juta sampai Rp 224,4 juta. Di rentang harga itu, banyak mobil berkapasitas angkut lebih banyak dengan fitur yang lebih lengkap seperti Wuling Confero dan sebagainya.


Namun kali ini, kami hanya menyajikan pilihan mobil lain bermesin 1,2 liter jenis hatchback 5-pintu saja untuk ditandingkan dengan March 1.2 XS AT. Berikut kami sajikan pilihan mobil yang lebih layak dibeli ketimbang Nissan March lengkap dengan kelebihannya.


Honda Brio RS CVT


Honda Brio RS CVT dijual dengan harga Rp 178 juta. Artinya, mobil ini lebih murah Rp 18 jutaan dari tipe tertinggi Nissan March bermesin 1,2 liter yang dijual dengan harga Rp 206,3 juta. Namun Brio justru menawarkan paket yang jauh lebih menarik ketimbang pesaingnya itu.


Brio spesial edition


Mesin sama-sama 1,2 liter, tapi output yang dihasilkan Brio jauh lebih besar ketimbang March. Tenaga mesin Brio lebih unggul, 110 PS berbanding 76 PS. Transmisi yang digunakan Brio pun sedikit lebih modern, sudah jenis CVT (Continuous Variable Transmission) yang lebih cocok digunakan sebagai city car bermesin kecil. March masih pakai transmisi otomatis konvensional. Unik, karena selain March dan double cabin Navara, mobil Nissan lain yang dijual di Indonesia sudah pakai transmisi CVT.


Kemudian tampang Brio RS lebih modern dengan lampu depan jenis proyektor, sementara March masih pakai lampu reflektor dengan bohlam halogen. Untungnya, pada 2017 lalu, Nissan memasang lampu Day-time Running Light (DRL) pada tipe ini. Menariknya, gara-gara lampu DRL, March malah jadi tak punya lampu kabut. Lalu di bagian samping, Brio RS memiliki cover spion dengan lampu sein LED terintegrasi. March tidak.


Masuk ke bagian dalam, March boleh berbangga hati. Karena ia memiliki panel AC digital dengan fitur otomatis, serta tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Tapi Brio pun punya audio steering switch dan panel AC digital meski belum otomatis. Toh tombol auto di panel AC March itu pun jarang dipencet pemiliknya.


Bagaimana fitur keselamatan keduanya? Rem ABS+EBD dan BA pada March 1.2 XS AT. Fitur ini pun dimiliki Brio RS. Fitur keselamatan kantung udara ganda di kabin depan ada pada keduanya. Singkat kata, dengan harga yang lebih murah dari March 1.2 XS AT, Brio RS CVT menawarkan fitur keselamatan yang setara, kelengkapan eksterior yang lebih modern dan mesin yang lebih bertenaga.


Mitsubishi Mirage Exceed


Mitsubishi punya city car, Mirage. Mobil mungil hasil racikan produsen mobil yang lebih dikenal sebagai pembuat truk ini, juga tak bisa dipandang remeh. Mesinnya sama seperti March 1.2. Tenaganya pun identik, 77 PS. Secara desain mobil ini mirip sekali dengan March. Bahkan nama keduanya pun punya cara penyebutan yang hampir mirip.


MItsubishi Mirage


Tapi di balik itu semua, Mirage punya banyak sekali keunggulan dari March bermesin 1,2 liter. Misalnya, terdapat kunci pintar dengan tombol pembuka kunci pintu di dekat door handle dan tombol start-stop di bagian dalam untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Fitur keselamatan Mirage tak kalah dari March, karena sudah dilengkapi dual airbags dan rem ABS+EBD dan BA.


Hanya memang, kalau dibanding March, sistem multimedia Mirage masih tertinggal. Walaupun Mitsubishi menyediakan tombol pengaturan audio di lingkar kemudi, Mirage belum pakai sistem multimedia layar sentuh dengan fungsi mirroring seperti March. Wajar, Mirage punya label harga yang lebih murah dari March. Mirage termahal dijual Rp 197,5 juta atau berselisih hampir Rp 10 juta dari March 1.2 XS AT. (Rs/Van)


Baca Juga: Mana Paling Unggul, Honda Brio atau Mitsubishi Mirage?

Jelajahi Nissan March

Nissan March Rp 185,8 - Rp 225,6 Juta Cicilan : Rp 4,24 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store