Resmi Berkolaborasi, Prestige Motorcars Tambah Kekuatan Renault di Indonesia

Resmi Berkolaborasi, Prestige Motorcars Tambah Kekuatan Renault di Indonesia

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) dan Prestige Motorcars resmi menggabungkan kekuatan untuk menggarap Mass Market Passenger Car. Berupaya bersama untuk menguatkan eksistensi Renault di Tanah Air baik lewat penetrasi pasar dan peningkatan kualitas pelayanan. Disebutkan pula keseriusan rencana menggarap pasar mobil listrik.

Keduanya diketahui telah sepakat untuk melakukan kolaborasi pada November 2020. Baru pada 3 Desember lalu direalisasi dalam bentuk pembelian sebagian saham MRI oleh Prestige Motorcars di kantor pusat Renault, Pluit, Jakarta. Aliansi ini akan mengubah beberapa strategi dalam menyuguhkan layanan kepada konsumen. Menjanjikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Bangkitnya merek Renault di bawah MRI sudah berjalan kurang lebih selama 2 tahun. Selama itu pula mereka datangkan satu per satu seleksi produk sekaligus meluaskan jaringan penjualannya. Berbagai model kita ketahui eksis saat ini yang diklaim cocok untuk konsumen dan pasar Indonesia. Sebut saja Koleos, Triber, dan si mungil Kwid yang membangun image Renault. Upaya ekspansi jaringan penjualan juga terlaksana cukup agresif. Renault Indonesia tetap mendorong pembukaan diler baru di 9 lokasi. Berencana menutup 2020 dengan 19 diler di seluruh Indonesia.

Maxindo Renault Indonesia dan Prestige Motorcars

Tidak selesai sampai di situ, target ekspansi masih terus berlanjut di tahun depan. Seperti dipaparkan Chief Operating Officer PT Maxindo Renault Indonesia, Davy Tuilan. ”Renault Indonesia tetap memegang komitmen yang dijanjikan sejak awal, untuk selalu agresif bertumbuh, meski dalam kondisi yang tidak menentu sekalipun. Tidak berhenti di situ, secara target korporasi tahun 2021, Renault Indonesia akan kembali menambah 16 lokasi diler resmi dan menutup tahun dengan pencapaian total 35 diler di seluruh Indonesia,” tegas Davy.

Baca juga: Renault Pamerkan Kiger, Saudara Kembar Nissan Magnite yang Bakal Masuk RI

Optimisme untuk terus berkembang diperkuat oleh performa MRI di 2020. Disebutkan dalam pernyataan resmi, 2020 menunjukan tren penjualan yang cukup baik dibandingkan 2019. Pandemi membuat pencapaian penjualan Kuartal 1 dan 2 terganggu. Meski begitu, MRI melambung di Q3 sementara Q4 menjanjikan optimisme pertumbuhan di masa mendatang.

Di lain sisi, Prestige Motorcars telah membangun image di segmen kendaraan premium. Berpengalaman dalam melayani konsumen mobil mewah. Dikenal pula sebagai salah satu pemain pertama di bidang kendaraan listrik lewat merek Tesla. Ya, sebuah merek yang berperan penting dalam revolusi menuju zaman setrum. Pamornya meningkat seiring pergeseran tren global menuju kendaraan bebas emisi. Turut mendorong brand image dan brand awareness Prestige di kalangan industri dan pecinta otomotif.

Maxindo Renault Indonesia dan Prestige Motorcars

Target kolaborasinya sendiri adalah peningkatan layanan 3S (Sales, Service, dan Spare Parts) dan platform Renault’s Used Car. Termasuk juga langkah Smart Communication – yakni penggabungan media sosial digital dan konvensional – serta upaya untuk meningkatkan penjualan di pasar kelas menengah dan millennial.

“Saya berharap dengan bergabungnya Prestige Motorcars di dalam MRI mampu menambahkan pengalaman dan warna yang berbeda kepada masyarakat Indonesia dalam memilih mobil idamannya, baik untuk personal maupun untuk keluarga.” ucap Chief Executive Officer MRI, Andrew Limbert. Menariknya lagi, Prestige dan MRI akan turut berfokus kepada mobil listrik. Disebutkan bakal menempatkan model EV Renault sebagai penarik inquiry dan awareness di diler yang ada.

Rudy Salim sebagai Presiden Direktur Prestige Motorcars menyatakan,“Dengan reputasi kami yang baik di dunia otomotif di Indonesia, saya yakin aliansi strategis ini akan menghasilkan keuntungan untuk Renault di Indonesia. Kedepannya kami akan melakukan penetrasi secara masif di pasar Indonesia, engage dengan kelas menengah dan milenial, serta memberikan experience selayaknya konsumen luxury premium car. Kami juga akan sangat serius menggarap pasar mobil listrik Renault di Indonesia.” (Krm/Tom)

Baca juga: Renault Triber AMT Akhirnya Mengaspal di Indonesia, Harga Mulai 179,9 Juta