Perbandingan Fitur Renault Triber dan Daihatsu Sigra Termurah

Perbandingan Fitur Renault Triber dan Daihatsu Sigra Termurah
Gambar
Review Pengguna

Renault resmi merilis harga Triber. Varian paling terjangkau, RXE, dibanderol Rp 133 juta (OTR Jakarta). Banderol segitu menempel dengan salah satu pesaingnya, Daihatsu Sigra tipe D yang disodorkan senilai Rp 114 juta. Cukup jauh memang, tapi sama-sama varian paling terjangkau. Apakah fitur-fiturnya seimbang?

triber termurah

Keduanya sama-sama dilengkapi perangkat yang terkesan seadanya. Penampilan eksterior, misalnya, tak ada yang istimewa. Sigra Tipe D mengusung pelek kaleng 13 inci yang tak ditutupi. Motif yang sama juga diberikan pada bingkai roda Triber RXE, tapi ukurannya sedikit lebih besar, 14 inci. Perbedaan ini membuat mobil besutan produsen otomotif asal Prancis unggul, lantaran ground clearance-nya lebih tinggi.

Urusan hiburan, Sigra termurah bisa diandalkan. Ia sudah dibekali head unit berspesifikasi 1-DIN dengan konektor USB dan AUX. Ini didukung dua speaker di depan. Triber cukup mengejutkan, tak memiliki fitur itu. Ini tentu menjadi kekurangan yang cukup mengecewakan. Penggunanya harus mengandalkan hiburan lain, seperti menyalakan musik lewat smartphone. Tapi itu bukanlah hal yang praktis dan membahayakan. Power socket untuk mengisi daya gawai komunikasi elektronik juga tak disediakan. Sementara Sigra punya di konsol tengah pada baris depan.

sigra tipe D

Penumpang dipastikan kenyamanannya berkat adanya AC (Air Conditioner). Keduanya cuma memiliki lubang ventilasi di baris depan. Tak ada yang meneruskan udara dingin ke belakang, baik itu double blower maupun ventilator. Fungsinya juga beda tipis. Jok baris keduanya yang berkonfigurasi 60:40 bisa dilipat dengan one touch tumble. Ia juga dapat digeser ke depan atau belakang untuk memberikan ruang, sekaligus fitur reclining. Walau begitu, Triber unggul di baris ketiganya. Bangku mampu dilepas sepenuhnya, untuk menciptakan bagasi yang lebih besar. Jadi barang yang dimuat bisa lebih banyak.

Fitur keselamatan lebih mumpuni Triber. Bagaimana tidak, sistem pengeremannya sudah diperkuat Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Ada pula sensor parkir di belakang. Sedangkan Sigra tipe D tak punya sama sekali, cuma mengandalkan cakram di depan untuk menghela laju dan spion untuk parkir mundur. Kantung udara sebagai fitur pendukung keselamatan pengguna jika terjadi insiden, pun absen pada Sigra. Beda dengan Triber termurah yang memasangnya, meski untuk pengemudi dan penumpang depan saja. Terakhir jangan harap menemukan immobilizer pada kedua mobil. Fitur yang mencegah tindak pencurian itu tak disematkan masing-masing pabrikan pada varian paling terjangkau.

Melihat poin-poin di atas, memang cukup sulit untuk memilihnya. Dengan selisih harga mencapai Rp 19 juta, masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Namun, dapat dikatakan Triber varian RXE bisa menjadi pilihan aman. Meski mengeluarkan dana lebih banyak, tapi kenyamanan berkendaranya mumpuni. Soalnya, fitur keselamatannya lebih mantap. Walau memang, penumpang harus mengandalkan smartphone yang dihubungkan ke power bank. Atau menambah sendiri peranti audio, karena tak tersedianya head unit. (Hfd/Odi)

Baca Juga:  Varian Renault Triber Tertinggi, Seberapa Lengkap?

Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra

Renault Triber
  • Rp 166,9 - Rp 184,9 Juta
Daihatsu Sigra
  • Rp 119,5 - Rp 162,25 Juta
Triber vs Sigra

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store