Mobil Listrik Lexus UX 300e Meluncurkan di Indonesia Besok, Berapa Harganya?

Mobil Listrik Lexus UX 300e Meluncurkan di Indonesia Besok, Berapa Harganya?

Toyota akan memperluas jajaran kendaraan elektrifikasinya di Indonesia. Setelah menghadirkan model hybrid lewat merek Toyota kini mereka akan menghadirkan model listrik murni di bawah bendera Lexus. Battery Electric Vehicle (BEV) berbentuk SUV atau crossover.

Redaksi kami telah menerima sebuah undangan dari Lexus Indonesia, yang merupakan bagian dari keluarga PT Toyota-Astra Motor (TAM). Dalam undangan, dikatakan peluncuran akan digelar pada hari Rabu, tanggal 25 November 2020. Tampak siluet sebuah model SUV muncul di dalam lembar undangan digital, lengkap dengan garis spindle grille yang khas.

“The First-ever All Electric Lexus” disebutkan di dalam undangan tersebut. Yang jika mengacu pada line up global mereka, yang dimaksud adalah Lexus UX. Di antara seluruh varian berelektrifikasi di line up Lexus, hanya UX 300e yang menjadi model full electric. Pada model lain, baru menyediakan varian berteknologi hybrid, baik model hatchback, SUV/crossover, maupun sedan.

Dengan akan diluncurkannya UX 300e, artinya Lexus akan melengkapi rangkaian varian dari SUV paling kecilnya ini sejak hadir pada 2018 lalu. Dalam line up saat ini, UX tersedia dalam tiga varian yaitu UX 200 Luxury, UX 200 F Sport, dan UX 250h (hybrid). Tentunya ini akan menjadi terobosan tersendiri bagi Lexus, apalagi Toyota di Indonesia.

Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam konferensi pers yang digelar beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa segmen premium lebih siap menerima mobil listrik untuk saat ini. "Dari studi kami, yang paling siap adalah segmen premium. Mereka sudah memiliki mobil lain (konvensional). Mobil listrik untuk akhir pekan, untuk pergi jarak jauh pakai mobil konvensional," kata Anton.

Baca juga: Wuling Luncurkan Almaz Limited Edition, Punya Fitur Baru Kayak Toyota Fortuner

Lexus UX 300e

Lexus UX Electric

Di kelasnya, SUV premium entry-level, hanya UX yang punya dan menawarkan varian full electric. UX bersaing dengan BMW X1, Mercedes-Benz GLA, dan Audi Q3 di segmennya. Ketiga model dari pabrikan Jerman tadi belum memiliki varian full electric. Bahkan, UX 300e juga akan menjadi produk full electric pertama yang PT TAM tawarkan untuk pasar Indonesia, baik merek Toyota dan Lexus.

Jika melihat data spesifikasi UX 300e yang ada di negara lain yang sudah mengedarkannya, ada dua spesifikasi berbeda ditawarkan. Sistem powertrain listrik yang tersedia antara motor listirk bertenaga 80 kW atau 150 kW. Dua angka output tersebut masing-masing setara dengan tenaga 107 hp dan 201 hp. Kedua spesifikasi tadi sama-sama mengandalkan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh. Baterainya menggunakan lithium Ion berkapasitas 54,3 kWh dengan jarak tempuh 400 kilometer (NEDC).

UX 300e akan tersedia dengan teknologi mobil terhubung terbaru. Dengan menautkan ke telepon pintar menggunakan aplikasi LexusLink. Melalui aplikasi ini pengemudi dapat memeriksa daya baterai dan jarak mengemudi. Kontrol pengisian disertakan, seperti timer yang menunjukkan kapan muatan penuh akan tercapai, dan jadwal pengisian.

Lexus UX 300e

Nama UX yang dipakai oleh Lexus sendiri berasal dari singkatan “Urban Explorer”. Artinya, SUV yang berbagi basis dengan Toyota C-HR ini lebih ditujukan sebagai kendaraan untuk mengarungi hutan beton alias jalanan perkotaan. Desain keseluruhan UX juga cenderung bergaya sporty dan dinamis, bahkan mirip hatchback yang bersuspensi jangkung. Namun, UX dilengkapi juga oleh rangkaian fitur keselamatan yang dikemas dalam Lexus Safety Standard+ 2.0.

Di bagian kabin, Lexus UX 300e dibekali dengan layar sentuh 10,3 inci dengan Lexus Premium Navigation. Layar ini sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Toyota juga mengklaim UX 300e memiliki salah satu kabin paling tenang di kelasnya. Insinyur Toyota telah memikirkan cara mengurangi suara yang dihasilkan saat kendaraan berjalan. Active Sound Control (ASC) mentransmisikan suara alami dan ambient untuk mengkomunikasikan kondisi mengemudi kepada pengemudi dan penumpang.

Masuk dalam kategori sport utility vehicle (SUV), kendaraan dengan lima penumpang itu memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.545 mm, serta jarak sumbu roda 2.640 mm.

Baca juga: Anggota Gaikindo Sepakat Ikuti PP73/2019, Keluarkan Produk Ramah Lingkungan

Lexus UX 300e

Perkiraan Harga Lexus UX

Lexus UX 300e ini sudah dipasarkan di sejumlah negara. Di Inggris misalnya, UX 300e sudah bisa dipesan dengan jadwal pengiriman unit pada bulan Maret 2021. Model ini bisa dipesan dengan harga mulai 43.900 pound sterling atau setara Rp 824,1 juta (kurs saat ini 1 pound sterling = Rp 18.773). Harga tersebut belum termasuk insentif sebesar 3.000 pound sterling (Rp 56,3 juta). Sementara di Belanda, pemesanan Lexus UX 300e dimulai dengan harga 49.990 euro (setara Rp 839,9 juta (1 euro = Rp 16.816).

Menarik menantikan berapa banderol yang dipasang Lexus Indonesia untuk UX 300e. Jika melihat line up saat ini, varian terbawah UX ditawarkan dengan harga Rp 885 juta, untuk UX 200 Luxury bermesin 2,0 liter. Sementara untuk trim lebih sporty, UX 200 F Sport, punya label Rp 925 juta.

UX Series merupakan model terendah dari seluruh jajaran SUV yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Besar kemungkinan Lexus UX 300e akan dipasarkan dengan harga di atas Rp 1 miliar. Kita tunggu saja jawabannya besok. (Why/Raju)

Jelajahi Lexus UX

Lexus UX Rp 885 - Rp 925 Juta Cicilan : Rp 20,19 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store