jakarta-selatan
kali dibagikan

Mini Siapkan Mobil Balap Reli Paris Dakar Baru

  • 23 Nov, 2017
  • 2143 Kali Dilihat

Mini siap mengikuti reli Paris Dakar. Mobil baru pun sudah mereka siapkan dengan wujud yang sesuai untuk melintasi gurun dan berbagai medan keras lain. Mini John Cooper Works Buggy, turun di balap Paris Dakar 2018. Mini JCW Buggy tentu bukan Mini biasa. Selain mesin balap yang tertanam di balik kapnya, nama Buggy juga mengubah penampilan Mini sepenuhnya. Memang reli Paris Dakar tak seperti balap reli biasa.



Melansir pewartaan situs Carscoops, Mini JCW Buggy dipiloti oleh tim X-raid. Di balik kap mesinnya sudah disiapkan mesin diesel 6-silinder 3.0 liter. Semburan daya mencapai 340 PS dan torsi 800 Nm. Sebagai mobil balap, rangka ringan nan kokoh jadi hal wajib. Mini JCW Buggy dibangun dari kombinasi baja, kevlar, dan campuran serat karbon yang diperkuat plastik. Konstruksi itu tak ditemui pada lini Mini normal yang ada di pasaran. Bahkan tidak pada Mini JCW lain.


Menyambut balap Paris Dakar 2018, Mini JCW Buggy sedang dalam program pengujian ekstensif. Lokasi pengujian dicari yang paling representatif seperti daerah dengan kontur jalan tangguh di Moroko dan Hungaria. Menurut pimpinan tim X-raid, JCW Buggy memberi hasil yang baik karena tak pernah sekalipun timbul masalah teknis saat pengujian.



Mini JCW Buggy juga menjadi bagian lini mobil JCW Rally. Secara wujud, memang masih mirip dengan model sebelumnya yang juga digunakan di ajang serupa. Namun sebagai peningkatan, JCW Buggy baru mendaoat chassis anyar yang lebih ringan dan memungkinkan travel suspensi lebih.


Untuk balap mendatang, Mini menyediakan tujuh kendaraan dan tiga JCW Buggy yang dikemudikan Mikko Hirvonen, Bryce Menzies dan Yazeed Al-Rajhi. Sedang empat mobil dari lini JCW Rally dipiloti oleh Orlabdo Terranova, Jakub Przygonski, Joan "Nani" Roma, dan Boris Garafulic.


MINI Countryman John Cooper Works yang menjadi basis Buggy sudah dijual di Indonesia. Performanya paling buas dibanding MINI lain. Menggendong mesin berkapasitas 1.998 cc dengan konfigurasi empat silinder. Di dalam jantung mekanis itu, tersemat teknologi Twin Power Turbo sehingga mampu memuntahkan torsi puncak 350 Nm pada rentang 1.450 - 4.500 rpm dan tenaga maksimal 234,2 PS pada 6.000 rpm. Padanannya, sistem transmisi Steptronic Sport Automatic 8-percepatan. (Tom/Odi)

 

Baca Juga: Berkemah di Atap Mini Countryman Terbaru

 

Sumber: Carscoops

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video MINI Countryman

Lihat video terbaru MINI Countryman untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil MINI Pilihan

  • Populer
  • Komparasi