12 Sedan dan Hatchback Paling Populer di 2020 Versi OTO.com (Bagian 1)

12 Sedan dan Hatchback Paling Populer di 2020 Versi OTO.com (Bagian 1)

Pandemi Covid-19 memang merusak industri otomotif Tanah Air. Penjualan kendaraan roda empat -- maupun roda dua -- anjlok lebih dari 40 persen. Meski demikian para pabrikan tak menyerah begitu saja. OTO Media Group mencatat sepanjang tahun lalu meluncur sekitar 65 unit mobil baru dari ragam segmen dan kelas. Mulai dari Kia Seltos pada bulan Januari sampai dengan Hyundai Kona Electric pada bulan November. Dari mulai segmen MPV sampai dengan blind van dan double cabin.

Mobil baru yang paling banyak dirilis ke pasar domestik berasal dari segmen SUV (Sport Utility Vehicle) plus turunannya crossover. Model-model ini tampaknya menjadi bintang baru otomotif di Indonesia setelah sebelumnya selalu dikuasai genre MPV (Multi Purpose Vehicle). Tercatat 22 sedan, hatchback dan city car diluncurkan sepanjang 2020 meskipun pasar ini tergolong kecil di Indonesia.

Kendaraan yang kami pilih untuk diturunkan di tulisan ini, tidak melulu mobil premium dengan harga ratusan juta. Melainkan juga kendaraan hatchback dan city car dengan harga affordable, namun sangat laris di pasar nasional. Artinya, kendaraan itu populer atas dasar serapan pasar maupun atas dasar brand dan model.

Honda Civic Hatchback RS

New Honda Civic Hatchback 2020 RS

Harga: Rp 499 juta OTR Jakarta

Civic merupakan salah satu model Honda yang punya heritage kuat dan panjang. Diproduksi sejak tahun 1972. New Honda Civic Hatchback RS 2020 ini diluncurkan pada Februari lalu. Memiliki desain yang sporty dengan sejumlah penambahan aerokit di bumper depan dan belakang serta side sill garnish di bagian samping.

Tampilan model ini kian dinamis berkat penggunaan sepatu velg dual tone lima palang 17 inci. Pada bagian buritannya mendapat penambahan rear diffuser dan pipa knalpot di bagian tengah. Pada bagian belakang dan depan terdapat emblem RS.

Untuk penggerak, Civic Hatchback RS dibekali mesin bensin 1,5 liter VTEC plus dorongan turbocharger. Menghasilkan tenaga 170 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak maksimal 220 Nm di rentang 1.700 – 5.500 rpm. Dikawinkan dengan transmisi CVT ke roda depan. Honda mengklaim bahwa penggunaan teknologi Earth Dream memberikan keseimbangan responsif dari putaran rendah hingga tinggi. Juga turut menekan konsumsi bahan bakar semakin irit.

Soal keselamatan tak perlu diragukan. Honda melengkapi fitur keselamatan dengan 6 kantong udara, pretensioner seatbelt dan load limiter yang mengurangi risiko cedera. Peranti lain tersedia seperti rem dengan ABS, EBD, Brake Assist. Lanjut rem parkir elektrik, auto hold brake, vehicle stability control, hill start assist hingga emergency stop signal.

Baca juga: 8 Mobil Karya Desainer Italia Marcello Gandini, Dari BMW Sampai Lamborghini

Toyota Prius Plug-in Hybrid

Toyota Prius Plug-in Hybrid

Harga: Sekitar Rp 884 juta OTR Jakarta

Sejak lama, Toyota menjadi pabrikan yang paling getol melansir mobil elektrifikasi. Mobil plug-in hybrid ini diluncurkan di pasar domestik bulan Maret ini menggunakan rancang bangun Toyota New Globl Architecture (TNGA). Membuat mobil lebih aman serta stabil karena memiliki memiliki fleksibilitas lebih baik lagi. Irit bahan bakar, rendah emisi namun tetap fun-to-drive.

Mengandalkan mesin berkode 2ZR-FXE, 2.0 liter. Didukung motor listrik 1 NM/ISM dengan power plus torsi maksimal masing-asing 53 Kw (96 hp) da 142 Nm dalam mode BRV. Voltase baterai Lithium-Ion yang dipakai 3,7 volt per cell. Penyimpan listrik mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan 315,5 volt. Untuk mengisi penuh baterai dibutuhkan waktu 2 jam, 20 menit tapi syaratnya memakai arus listrik tegngan 220 Volt 16A.

Kabin sangat nyaman. Dalam hal fitur entertainmen terpusat pada layar sentuh 8 inci dan di dalamnya berisikan sejumlah informasi kendaraan. Dalam hal keselamatan didukung Toyota Safety Sense (TSS). Di dalam ‘paket’ keselamatan ini terkandung fitur Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Ditambh lagi dengan Tire Pressure Warning System dan Vehicle Stability Control (VSC).

Mercedes-Benz C-Class Cabriolet 2019

Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line

Harga: sekitar Rp Rp 1,315 miliar (off the road)

Mercedes-Benz selalu sukses menghadirkan mobil tanpa atap yang menawan. C-Class Cabriolet tersedia dalam 12 opsi kelir. Anda bisa memilih Obsidian Black, Polar White, Iridium Silver, Graphite Grey, Mojave Silver, Brilliant Blue, Selenite Grey, Canvasite Blue, Designo Cashmere White Magno, Designo Selenite Grey Magno, Designo Diamond White Bright atau Designo Hyacinth Red Metallic.

Desain bodi baru dan performa mendapatkan peningkatan. Model bumper dan grille radiator baru. Lampu depan LED juga anyar, begitu juga dengan desain velg alloy ringan. Pada kabin juga terdapat ragam pilihan warna. Ada Artico leather silk beige/black, Artico leather saddle brown/black, Artico leather magma grey/black dan Artico leather black. Pada bagian tengah dashboard terdapat layar sentuh 12,3 inci yang dapat diatur dari tombol yang terdapat pada setir.

Mobil atap terbuka ini memiliki dimensi 4.696 x 2.016 x 1.2411 mm (PxLxT) dan bobotnya 1730 kg. Kapasitas tangki bahan bakar 66 liter. Untuk performa, didukung oleh mesin empat silinder segaris 2.0-liter, menghasilkan 204 hp di rentang 5.800-6.100 rpm. Torsi maksimalnya 300 Nm dalam rentang 1.600 sampai 4.000 rpm. Dipandu transmisi 9G-TRONIC serta kemampuan sprint 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik. Top speed 238 km/jam.

Baca juga: Kisah Jaguar E-Type, Mobil Tercantik di Dunia yang Pernah Dibuat

MINI GT Edition

MINI GT Edition

Harga: Rp 840 juta off the road

Model ini memang hanya khusus diproduksi untuk pasar Indonesia sehingga bisa menjadi collector item bagi car enthusiast di Tanah Air. Dijual di Indonesia hanya dengan jumlah terbatas, 30 unit. Kendaraan ini diluncurkan pada Juni lalu. Basisnya mengambil dari MINI Cooper S 3-Door Hatchback dengan serangkaian sentuhan special. Terinspirasi dari model klasik Mini 1275 GT produksi tahu 1969. Dulu, Mini GT dihadirkan sebagai penerus dari Mini Cooper S.

MINI menyediakan tiga warna bodi, yaitu Midnight Black dengan Melting Silver Roof dan Mirror Caps. Kedua, Chili Red dengan Jet Black Roof dan Mirrir Caps, ketiga White Silver dengan Jet Black Roof dan Mirror Caps. Mengadopsi JCW Aerodynamic Kit sebagai peranti standar eksterior, plus velg JCW Track Spoke 17 inci berwarna hitam. GT Edition decal juga menghiasi eksterior dengan striping sporty, membentang dari kap mesin ke atap dan sampai buritan.

Untuk mesinmasih sama dengan edisi standarnya. Yaitu 4 silinder segaris TwinPower Turbo 2.0 liter, menghsilkan 192 hp dan torsi 280 Nm. Dipadukan dengan girboks otomatis Dual-Clutch Sport 7 percepatan untuk mengalirkan output ke roda depan. Menurut klaim pabrikan, mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 6,7 detik.

New Toyota Agya

New Toyota Agya

Harga: Rp 143,8 – Rp 169,2 juta

Pada bulan Maret lalu, Toyota membuat peremajaan pada Agya setelah terakhir kali melakukan facelift tahun 2017. Menawarkan langsung tiga varian yakni Agya 1.0 G, 1.2 G dan 1.2 G TRD S. Desain bodinya dibuat lebih sporty dan lebih modern dengan menyematkan ragam fitur terbaru. Pabrikan juga memaksimalkan fungsionalitas mobil sehingga menambah kenyamanan penumpang. Pada saat diluncurkan, kendaraan kecil perkotaan ini mengalami kenaikan harga mulai dari Rp 500 ribu sampai 5 jutaan.

Agya dimulai dari varian 1.0 G yang menjadi tipe terendah yang ditawarkan oleh Toyota dengan mesin hanya 1.0 liter. Desain bumper baru sehingga grille terlihat semakin membesar. Foglamp dibuat mengotak. Untuk warna, pabrikan menambah kelir baru, Orange Metallic. Waktu itu dibanderol dengan harga 143,8 juta (off the road) untuk transmisi manual, sedangkan otomatis Rp 156,71 juta. Masih memakai mesin lama, berkode 1KR-FE 3 silinder VVT-I dengan hasilan tenaga 65 hp pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk varian tengah 1.2 G yang membedakan dengan versi 1.0 G adalah mesin. Mengaplikasi mesin 4 silinder inline 1.200 CC berkode 3NR-FE dual VVT-i. Mengeluarkan tenaga 86 hp pada puntiran 6.000 rpm dan torsi maksimal 107 Nm pada 4.200 rpm.

Soal harga, opsi manual dibanderol Rp 148,1 juta, sedangkan transmisi otomatis dikenai Rp 161,640 juta. Kalau soal eksterior, evolusinya saa dengan tipe 1.0 G, namun lampunya dibuat lebih elegan dengan New Black Paint. Velg juga mendapat sentuhan perubahan, 14 inci berdesain palang. Dipadu dengan side body moulding yang baru.

Untuk 1.2 G TRD S menjadi varian tertinggi. Mesin yang dipakai sama dengan tipe 1.2 G, namun yang membedakan adalah aksesoris yang terpasang sehingga New Agya terlihat betul-betul lebih sporty. Misalnya terpasang front spoiler TRD S yang terlihat dinamis sehingga kesan sporty enjadi lebih tinggi. Bagian belakang terpasang TRD S Black Rear Spoiler dan berpadu sangat cantik dengan high mount stop lamp.

Sektor infotainment terpusat di layar sentuh yang sudah dapat terkoneksi dengan lewat Bluetooth, USB atau AUX. Varian TRD S dikenakan harga Rp 153,445 juta untuk transmisi manual, dan Rp 169,290 juta untuk girboks otomatis.

Baca juga: New Toyota Fortuner SRZ, SUV Ladder-Frame Bermesin Bensin yang Tersisa

New Daihatsu Ayla

New Daihatsu Ayla 2020 (facelift)

Harga: Rp 101,65 – 159,4 juta

Di mana Toyota Agya merilis model baru, Daihatsu Ayla akan mengikuti. Wajar, lantaran mereka memang saudara kembar. Keduanya diproduksi oleh pabrikan Daihatsu Indonesia, lantas yang untuk Toyota ditambahi emblem oval Toyota. Tapi tentu saja ada pembeda fitur di antara keduanya meskipun tak banyak.

Jujur, ubahan pada Ayla facelift ini memang lebih bersifat kosmetik dan dibuat dinamis. Pasalnya, menyasar segmen anak muda sehingga tampilan dibuat atraktif. Grille dan bumper mendapat perubahan. Dari yang tadinya memakai dua aksen palang krom, sekarang semua dibuat hitam. Bentuknya tidak lagi kisi-kisi.

Bagian kabin tak banyak mendapatkan perubahan. Motif dan model jok masih sama dengan yang sebelumnya. Sentuhan perubahan besar bisa dirasakan di tengah dashboard. Konsol pengaturan bukan lagi pakai kenop putaran, tapi sudah digital display. Head unit 7 inci baru sudah lengkap dengan koneksi USB dan Bluetooth. (Eka/Raju)