MINI Countryman Batch Pertama Buatan Sunter, Siap Sapa Pasar

MINI Countryman Batch Pertama Buatan Sunter, Siap Sapa Pasar
Gambar
Review Pengguna

MINI Indonesia mengumumkan selesainya produksi untuk batch pertama New MINI Cooper Countryman dan Cooper S Countryman Sport yang dirakit di Sunter, Jakarta. Sebanyak 48 unit keluar dari lini produksi BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, kemarin (07/09/2018).

MINI countryman CKD

Keluarga MINI Countryman rakitan lokal ini, pertama kali diumumkan di GIIAS 2018 Agustus lalu, dan menjadi satu-satunya (saat ini) kendaraan premium berukuran compact yang dirakit lokal.

Sejak pertama hadir secara resmi 2011 lalu, MINI yang berada di bawah naungan BMW Group, memang terbilang sukses. Merek yang tertanam sejak lama di Indonesia ini terus berkembang, dan selalu laris. Karena itu, tidak salah kalau induknya memilih untuk merakitnya di Indonesia.

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, tidak dapat menutupi rasa optimisnya, “Indonesia merupakan pasar yang penting untuk strategi ini dan MINI memiliki potensi besar, baik dalam jangka waktu menengah maupun jangka panjang. Inilah salah satu alasan MINI Indonesia memutuskan untuk merakit New MINI Countryman secara lokal.”

Dengan perakitan lokal ini, BMW Group berharap pelanggan MINI bisa mendapatkan unit yang diinginkan dalam waktu yang lebih singkat. Jika didatangkan secara CBU indennya bisa mencapai tiga bulan, maka dengan CKD ini, dipangkas menjadi paling lama satu bulan saja.

“Langkah ini sekali lagi menyoroti komitmen MINI dalam menempatkan pelanggannya sebagai fokus dari strategi MINI. Ini membuat pelanggan MINI mendapatkan kendaraan berkualitas-tinggi dengan harga yang kompetitif dan waktu pengiriman yang lebih cepat,” tambah Ramesh. Pria Singapura ini juga menegaskan, BMW Group dan mitra strategisnya, menggelontorkan tambahan modal untuk membuat lini perakitan baru. Namun ia tidak menyebutkan berapa.

Lalu apakah harganya jadi lebih murah? Tidak juga. Cooper Countryman CKD ini dilepas Rp 599 juta, sedangkan versi Countryman Sport dibanderol Rp 769 juta (Off the Road, Jakarta). Tapi memiliki value yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Ini karena beragam fitur dan aksesori tambahan yang disematkan. Mulai dari John Cooper Works aero kit di body (tipe Countryman Sport), pelek yang juga dibuat oleh John Cooper Works, Heads Up Display untuk membantu pengemudi, parking assistant yang kini dilengkapi kamera, audio racikan Harman-Kardon dan sebagainya.

Informasi teknis, MINI Cooper Countryman dibekali mesin tiga silinder turbo, dengan kapasitas 1,5 lter. Tenaganya mencapai 137 PS, dengan torsi puncak 220 Nm. Transmisinya 6-speed otomatis. Kalau kurang gahar, ada Cooper S Countryman Sport. Mesinnya empat silinder turbo, kapasitas 2,0 liter. Versi ini punya tenaga 194 PS, dengan torsi 280 Nm. Performa ini disalurkan ke roda melalui transmisi 8-speed. (Ddn/Odi)

Baca Juga: BMW Z4 M40i First Edition Meluncur Sama Dengan Versi Konsep

Jelajahi MINI Countryman

MINI Countryman Rp 735 Juta - Rp 1,39 Milyar Cicilan : Rp 16,77 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store