Mercedes-AMG Tengah Siapkan Penerus G-Class 4x4 Squared

Mercedes-AMG Tengah Siapkan Penerus G-Class 4x4 Squared
Gambar
Review Pengguna

Ada kemungkinan Mercedes-AMG kembali menghadirkan versi raksasa dari G-Class. Karena baru-baru ini diketahui model teranyar G-Class 4x4² tengah melakukan pengujian. Telanjang tanpa balutan kamuflase, dan tampaknya jubah pengecoh pun tak akan memberi manfaat lantaran ia sangat mudah dikenali.

Satu hal yang membentuk keyakinan bahwa merupakan kelanjutan dari 4x4 Squared adalah basis rancangan. Persis menyerupai pahatan tubuh jajaran W463. Ia mempertahankan desain tradisional hanya saja beberapa titik sudut dilembutkan. Ambil contoh rumah kaca. Meski tetap kaku mengotak, aksen dinamis ditumpahkan lewat sudut mengkurva. Juga pada fasad depan, ketajaman lekuk di-‘smoothing’ sehingga terkesan lebih modern.

Lalu, semua elemen mendasar tadi didandani gahar. Jangkung seperti siap melangkahi segala rintangan menghadang. Disudahi pula oleh pelek gambot berikut ban tebal berprofil kasar. Ground clearance jelas bertambah berkat dimensi sepatu. Namun, kalau mengingat kembali pengawal sang G-Class berkaki gajah ini, kemungkinan besar versi termutakhir menelan obat peninggi serupa: Portal Axle. Posisi poros gardan berada di atas poros roda guna menyajikan ruang ekstra di kolong mobil.

Mercedes-AMG G63 4x4 side

Mirip seperti eksekusi 4x4 Squared pendahulu, dandanan atasan menyesuaikan sepatunya. Ruang sepatbor terbuka lebar sekaligus dibuat melar melalui overfender. Pahatan bumper kemudian terlihat dipermanis untuk mengimbangi rancangan keseluruhan.

Baca Juga: Tuner Brabus Tawarkan Gaya Modifikasi Off Road untuk Mercedes-Benz G-Class

Kendati begitu, interpretasi teranyar sang gajah racikan AMG ini boleh dibilang lebih gahar dari model lama. Tidak plontosan, di atap tersemat roof rack tubular yang dapat diakses melalui tangga di belakang. Ban cadangan mejeng di buritan, bertengger pada rangka terpisah dan nyaris penuh menutup kaca belakang. Terakhir, area bokong ditempel bumper besi ekstra agar mobil belakang tidak ‘nyungsep’ ke kolong jika menyundul.

Urusan jantung pacu, ada kemungkinan model terbaru mendapat upgrade besar-besaran. Ia bakal mengadopsi pemacu 4,0 liter twin turbo dari AMG G63. Sebagai informasi, G63 sanggup melontarkan tenaga sebesar 577 hp dibarengi torsi puncak 850 Nm. Tugas penyaluran tenagan diemban transmisi AMG Speedshift TCT 9G.

Entah apakah penerus 4x42 akan dibekali pemacu sekuat G63 atau tidak. Pasalnya, sang pendahulu tidak dibekali tenaga lebih dari 422 hp sebab postur tubuhnya. Maka dari itu, dahulu ia diberi nama G500 4x4², berbeda dari sang kakak: G63 6x6.

G63 4x4 squared

Terkait desain interior, rancangan belum diketahui. Bisa dibayangkan tidak jauh dari ‘Jip Mercy’ standar dengan beberapa penyesuaian agar terlihat eksklusif sekaligus berteknologi tinggi. Menyesuaikan banderol juga, karena G63 saja sudah menyentuh angka 150 ribu Poundsterling (sekitar Rp 2,76 miliar). Versi jangkungnya bisa dipastikan lebih dari itu.

Baca Juga: Mercedes-Benz G-Class Siap Bertransformasi ke Mekanikal Elektrik

G-Wagen Bakal Berjantung Elektris

Era elektrifikasi mengharuskan Mercedes-Benz mengarahkan strategi terkait seleksi powertrain ramah lingkungan di masa mendatang. Regulasi kian mengetat dan Geländewagen pun menjadi salah satu seri terdampak – merupakan salah satu seri Mercedes paling ‘haus’. Dijanjikan bahwa pada beberapa tahun mendatang G-Wagen tetap mengisi line-up dengan mengikuti tren pasar serta regulasi emisi.

CEO Mercedes-Benz Cars dan Daimler AG Chairman, Ola Källenius, sempat menjelaskan pamor G-Class yang melampaui pasar. "G-Wagen menerobos semua segmen dan melampaui logika industri mobil. Seperti itulah pandangan perusahaan. Semua orang menyukai mobil ini. Kami telah memecahkan rekor penjualan G-Class anyar tahun lalu ketika kami meluncurkan mobil yang sepenuhnya diperbarui," jelasnya.

Setelah membeberkan informasi itu, ia lanjut menegaskan G-Class ramah lingkungan bakal menjadi keniscayaan. Bahkan dinyatakan persiapan model konsep EV tengah berjalan dan sesuai rencana. "Ya, G-Class bakal menjadi mobil listrik. Kami telah memulai pengerjaan konsep untuk model ini. Jadi dalam beberapa tahun mendatang, Anda dapat menggunakan mobil listrik seperti G-Class juga," imbuh dia, seperti dilansir situs Caradvice. (Krm/Odi)

Sumber: Autocar, Caradvice

Baca Juga: Terinspirasi Kapal Pesiar, Begini Modifikasi Mercedes-AMG G63 Oleh Carlex

Jelajahi Mercedes Benz G-Class

Mercedes Benz G-Class Rp 5,66 Milyar Cicilan : Rp 129,03 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store