• Wishlist

Mengulik Fitur WIND pada Wuling Almaz

Mengulik Fitur WIND pada Wuling Almaz

Wuling Almaz punya satu fitur yang tak dimiliki mobil lain di kelasnya, Wuling Indonesian Command (WIND). Sebuah peranti lunak dan keras dalam mobil, yang memungkinkan Anda memerintah beberapa fungsi penting di mobil hanya menggunakan suara (voice command). Dan pengoperasiannya dalam bahasa Indonesia.


Wuling Almaz


Lho, bukankah voice command fitur lama? Pernyataan ini sedikit banyak benar. Sejak dua dekade terakhir, aksesibilitas suara sudah ada di mobil. Pabrikan Eropa dan beberapa tipe model mewah Jepang yang memulainya. Namun sejak itu, perintahnya sangat terbatas. Kontrolnya harus menekan tombol terlebih dahulu. Perintahnya pun menggunakan bahasa Inggris. Belum lagi sensivitas akan aksen hingga respons fitur ini belum bisa diandalkan. Ketimbang membantu pengendaraan, fitur ini hanya jadi sekadar gimmick untuk menambahkan value pada mobil.


Tidak dengan Wuling. Meski pengalamannya minim di industri otomotif Indonesia, nyatanya mereka mampu menyajikan voice command yang sangat baik pada Wuling Almaz (Seluruh varian), sekaligus pertama dan satu-satunya menggunakan bahasa Indonesia. Apa saja kemudahannya? Pertama, aksesnya; mudah! cukup mengatakan kata kunci “Halo Wuling”, maka sistem segera menjawab. Tak perlu tekan tombol apapun, Anda sudah bisa memberi perintah pada WIND. Kata kunci ini juga sekaligus jadi voice recognition untuk membedakan vokal penumpang dengan perintah.


Kedua, pelafalan perintah gunakan Bahasa Indonesia. Ya, inilah pendekatan paling fundamental yang perlu dikedepankan. Pasalnya, bahasa ini merupakan ornamen komunikasi verbal utama yang digunakan masyarakat Tanah Air. Dengan algoritmanya yang kompleks, sistem WIND mampu mengenali perintah dalam ragam aksen.


Tentu penting diadaptasikan bagi sistem, karena Indonesia punya banyak logat di berbagai daerah. Saat perintah masuk, ada tulisan di layar yang menuliskan pelafalan dalam bentuk chat box. Sehingga Anda bisa memastikan komunikasi yang sedang terjadi.


Berikutnya, perintah pun tak perlu menggunakan kata-kata yang detil. Untuk menurunkan suhu, Anda cukup bilang, "turunkan suhu AC," atau "saya kepanasan." Bahkan, WIND sudah disiapkan dengan beberapa kata kunci yang bekerja tanpa menyebut Halo Wuling. Misalnya; "matikan AC dan buka jendela."


Hal keren lainnya, tak cuma pengemudi yang bisa mengakses fitur ini. Microphone dipasang di bagian plafon sehingga bisa menangkap suara di seluruh kabin. Tentunya, Anda harus mengatakan kata kunci dulu, ya!


Kelima, jika Anda pemilik Wuling Almaz yang belum dilengkapi dengan WIND, Anda juga bisa punya fitur ini. Tak perlu repot menukar dengan mobil baru, cukup datang ke bengkel resmi dan minta update sistem multimedia. Pemasangan WIND pun tak dikenakan biaya alias gratis!


Berikut daftar peranti yang dapat diakses menggunakan WIND:


- Buka/Tutup Jendela


Kaca jendela pada pintu sopir, bisa dibuka-tutup dengan perintah suara. Anda jadi tak perlu repot jika ingin menempel kartu tol atau bayar parkir, cukup sebut "Buka Jendela."


- Buka/Tutup Sunroof


Wuling Almaz


 


Pada Wuling Almaz Exclusive, ada kaca jendela di bagian atap (sunroof). WIND bisa diperintah untuk membuka perangkat ini. Namun untuk varian SE (Smart Enjoy), tidak ada perintah buka-tutup sunroof.


- Mengatur Multimedia


Radio, music player, juga bisa Anda kendalikan dengan suara. Menggeser lagu, channel atau menaik-turunkan volume juga bisa dikontrol.


- Panggilan Telepon


Jika telepon Anda sudah terkoneksi dengan sistem multimedia, Anda bisa melakukan panggilan dengan perintah suara. Bahkan, Anda bisa langsung meminta WIND menelepon orang yang ada di kontak secara spesifik.


- AC


Wuling Almaz


Naik-turunkan suhu, ataupun memati-nyalakan AC bisa diatur dengan WIND. Anda juga bisa mengatur suhu dengan menyebut derajat celcius yang diinginkan.


- TPMS


Khusus di Almaz Exclusive, Ada fitur Tire Pressure Monitoring System. Peranti pemantau tekanan angin roda ini bisa juga diakses lewat suara. Tampilan besaran tekanan disajikan di layar.


- Wuling Link


Aplikasi mirroring pada Almaz tak ketinggalan untuk diberi perintah suara. Pengoperasiannya jadi lebih mudah. (Van)


Baca Juga: 5 Pilihan SUV Eropa di Bawah Rp 1 Miliar

Jelajahi Wuling Almaz

Wuling Almaz Rp 266,8 - Rp 341,8 Juta Cicilan : Rp 6,09 Juta

Bandingkan & Rekomendasi