Mengintip Keunggulan Daihatsu Rocky yang Mejeng Duluan Sebelum Resmi Mengaspal

Mengintip Keunggulan Daihatsu Rocky yang Mejeng Duluan Sebelum Resmi Mengaspal

Bisa dipastikan 30 April 2021 merupakan hari besarnya Daihatsu Rocky. Namun sebelum resmi mengaspal, ia justru mejeng duluan dalam video kolaborasi Toyota dan Daihatsu di YouTube hari ini (28/4). Dari situ bisa dipastikan sang crossover bakal menjadi produk berlogo D paling canggih dan berbeda di Tanah Air.

“Daihatsu Rocky adalah Compact SUV dengan konsep desain yang sepenuhnya baru termasuk platform dan powertrain. Menawarkan kelapangan ruang dalam tubuh kompak dan peningkatan drastis dalam performa berikut kualitas secara menyeluruh,” ujar Soichiro Okudaira President Director Daihatsu Motor Co., Ltd. pada kata sambutannya.

Yep, Rocky akan bermain di ranah crossover/SUV kompak. Mengacu market Jepang, ia siap bertarung langsung dengan para pemain segmen baru seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite. Memiliki panjang kurang dari empat meter, tepatnya diukur 3.995 x 1.695 x 1.620 mm (PxLxT). Jelas hal ini mengisyaratkan posisinya. Tapi harus diketahui, Rocky bukan sebatas model Daihatsu lama yang ganti tubuh. Semuanya serbabaru.

Raize Rocky

Seperti dijelaskan Soichiro Okudaira, Rocky punya konsep desain anyar termasuk rancang bangun dan powertrain. Sudah diketahui, ia berdiri di atas platform kembangan termutakhir Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Juga di balik bonnet, pasti tidak akan ditemukan enjin empat silinder dari kontestan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat ini. Bukan milik Ayla, Sigra, Terios, Xenia, atau pemain lainnya.

Baca juga: Buah Kerja Bareng, Toyota – Daihatsu Mulai Kenalkan Raize dan Rocky di Indonesia

Berbagai bocoran mengindikasikan produk kembaran Daihatsu dan Toyota ini mengusung enjin tiga silinder. Serupa di tanah kelahiran, Jepang, Rocky kebagian pemacu 1.000 cc turbo sekuat 98 PS dan torsi 140 Nm. Tapi lebih dari itu, besar kemungkinan tersedia pula pencipta dorongan tiga silinder 1.200 cc Naturally Aspirated sekuat 88PS/113 Nm. Ini tidak akan ditemukan pada versi Jepang atau Perodua Ativa Malaysia.

Mengintip Kelengkapan Trim Tertinggi

Dalam video kolaborasi ini, tampaknya Rocky hadir bersama Toyota Raize GR Sport dalam spek tertinggi. Dari intipan lis moulding pintu, mungkin saja diberi nama VDS. Pendekatannya berbeda dari versi termahal Toyota yang bergaya sporty. Rocky cenderung membawa nuansa tangguh lewat ornamen skid plate perak di sisi terbawah bodi. Hadir dalam pakaian two tone beratap hitam dan pelek alloy two-tone.

Daihatsu Rocky

Tentu eksekusi desain eksterior berbeda dari sang kembaran. Paling kentara, Rocky memainkan grille heksagonal besar langsung di bawah batas kap mesin. Berhiaskan bingkai kromium. Aransemen bumper lantas menyesuaikan lewat aplikasi bezel foglamp segitiga di sisi terluar. Urusan kelengkapan, headlamp, DRL, sampai grafis lampu kombinasi belakang dari pendar dioda meramaikan. Bisa diekspektasikan pula fungsi smart entry hadir setidaknya di trim tertinggi.

Head unit gambot yang bertengger di atas dasbor jadi sorotan utama bagian interior. Lanjut lirik ke sisi terbawah, besar kemungkinan mengadaptasikan kontrol AC digital. Akan wajar bila terpasang fungsi pengatur suhu kabin otomatis. Canggihnya lagi, ada probabilitas terpasang cluster meter digital meski tidak terlihat terlalu jelas pada video. Selain itu, palang setirnya diramaikan oleh set kontrol tombol di sisi kiri dan kanan.

Baca juga: Toyota Raize Dikenalkan, Jadi Compact SUV Murah Paling Canggih di Indonesia?

Seluruh perbekalan pendukung kenyamanan berkendara tadi tentu terlihat menjanjikan. Disesuaikan dengan kebutuhan market sini sudah pasti. Tapi tampaknya nilai jual utama akan berada di sisi fitur keselamatan berkendara. “Kami menggunakan pusat litbang PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia untuk membuat kendaraan ini paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Kami juga mengevaluasi fungsi keselamatan preventif yang diperkenalkan di Indonesia dengan harga yang terjangkau,” jelas Soichiro Okudaira.

Ekspektasinya akan diisi peranti asisten berkendara aktif. Disebut “Smart Assist” di Negeri Sakura sementara Perodua di Negeri Jiran menganut jargon “Smart Drive Assist”. Entah akan selengkap apa. Kalau mengacu market Jepang, diharapkan minimal kebagian paket setara trim G.

Beberapa sorotannya adalah fungsi cruise control adaptif lengkap Lane Keep Control si asisten penjaga posisi dalam jalur. Tak ketinggalan juga perbekalan berupa pre-collision system untuk memberikan peringatan hingga koreksi pengereman otomatis sampai emergency braking. Selengkap apa? Kita tunggu saja di hari besarnya.

Dapat diharapkan terpasang banderol yang relatif terjangkau untuk Rocky. Seperti sudah diketahui, ia berhak atas relaksasi tarif PPnBM. Rocky sendiri baru resmi dipasarkan 30 April ini dan lahir langsung dari fasilitas produksi ADM. “Kami akan memproduksi Daihatsu Rocky di fasilitas PT Astra Daihatsu Motor dan Daihatsu Rocky akan tersedia di outlet pada 30 April 2021,” tutup Soichiro Okudaira. (Krm/Tom)

Baca juga: Permintaan Mobil Meroket Akibat PPnBM 0%, Daihatsu Genjot Produksi Pabrik

Jelajahi Daihatsu Rocky

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Rocky
  • Tampak belakang serong Rocky
  • Tampak Grille Rocky
  • Fog lamp depan Rocky
  • Lampu depan Rocky
  • lampu belakang Rocky
  • Daihatsu Rocky Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Rocky
Daihatsu Rocky
Rp 214,2 - Rp 236,1 Juta Cicilan : Rp 4,89 Juta

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Grand Xenia
    Daihatsu Grand Xenia
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang