Mengenalkan Kembali SUV Mazda CX Series, 5 Model 5 Karakter

Mengenalkan Kembali SUV Mazda CX Series, 5 Model 5 Karakter

Menjajal satu atau komparasi dua mobil mungkin biasa. Tapi di satu kesempatan bisa merasakan satu keluarga? Ini jarang-jarang terjadi. Yap, OTO.com mendapat peluang menjajal keluarga Mazda CX Series itu dalam sesi "Mazda CX Series Media Drive: Troop & Trip" yang berlangsung seharian, Selasa (5/10/2021). Ada 5 model SUV milik Mazda yang kami coba dengan lima karakter berbeda.

Eurokars Motor Indonesia, sebagai APM Mazda di Indonesia, kembali mengajak awak media untuk membelah Jakarta dengan mengendarai SUV CX Series andalan Mazda. Ricky Thio, Managing Director PT EMI, mengatakan acara ini menunjukkan komitmen PT EMI sejak ditunjuk oleh Mazda Corporation Jepang diawal tahun 2017 untuk membawa lebih banyak line-up model Mazda ke Indonesia dibandingkan sebelumnya.

"Melalui Media Fun Drive ini, kami ingin mengingatkan kembali kepada penggemar Mazda di Indonesia, betapa menyenangkan berkendara khas Mazda dengan dukungan teknologi i-ACTIVSENSE yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan di mobil-mobil Mazda. Sehingga pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan dengan rasa aman dan nyaman baik di lalu lintas perkotaan maupun perjalanan luar kota," kata Ricky.

Media Fun Drive ini mengunjungi berbagai lokasi mulai dari ATV Adventure di Cipayung, Outlet Kalibre yang mengkhususkan diri untuk barang-barang outdoor dan gears. Pelabuhan tua Sunda Kelapa, Hey Bech Pluit, Taman Waduk Pluit. Kami juga mengunjungi outlet Pro Action - Bicycle Shop di Lebak Bulus. Di sini kami mendengarkan penjelasan mengenai jenis-jenis sepeda dan tren sepeda saat ini serta cara memilih sepeda sesuai dengan penggunanya, kegunaan dan sekaligus manfaatnya. Taman Dadap Merah, Bruen Coffe di DI Panjaitan, Satria Mandala dan kantor Pusat Eurokars Group di Jl. Iskandar Muda sebagai pemberhentian terakhir.

Oke sekarang kita refresh soal CX Series. Model-model SUV memang menjadi andalan Mazda. Setidaknya ada lima model yang dijajakan. Selain itu mereka juga punya Mazda2 Hathcback, Mazda3 Hatchback, Mazda3 Sedan, Mazda6 Sedan, dan Mazda6 Estate. Namun CX Series menjadi ujung tombak.

Mazda CX-3 1.5L Sport

Mazda CX-3 1.5L Sport

Mazda CX-3 1.5L Sport diperkenalkan pada tahun 2017 dan terus menjadi mobil impian bagi pencintanya. Ia bahkan dinobatkan sebagai Best Product Development Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive.

Kenny Wala, selaku Product Planner PT EMI mengatakan model yang hadir di Indonesia cukup menarik karena mengadopsi jantung pacu berkubikasi 1.5 liter yang memberikan alternatif baru bagi konsumen. Perubahan itu dianggap sebagai sebuah langkah berani. Pasalnya, malah membuat mesin yang dipakai semakin kecil yakni menjadi SKYACTIV 1.500 CC. Padahal CX-3 sudah beredar dengan versi mesin mesin lebih besar, SKYACTIV 2.0 liter. Mesin bensin SKYACTIV-G 1.5 liter yang disematkan pun tanpa embel-embel turbocharge, menyemburkan tenaga puncak 109 hp (111 PS) pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 144 Nm pada 4.000 rpm.

Dengan tubuh mungil (PxLxT) 4,275 x 1,765 x 1,535 mm dan wheelbase 2,570mm mobil ini memang cocok untuk komuter perkotaan. Ragam fitur dimiliki seperti ban 215/50R18, lampu LED dengan automatic levelling, Daytime running lamp, Automatic on/off function, radio Antenna Shark Fin typem dan kaca spion elektrik.

Baca juga: Carvaganza Editors Choice Award 2021 Best Product Development Award: Mazda CX-3 SPORT 1.5L

Mazda CX-30

Mazda CX-30

Ini adalah keluarga terbaru CX Series. Pada tahun 2020 hadir Mazda CX-30, crossover Mazda yang sudah mengadopsi teknologi Mazda 7th Generation. Jika melihat sasaran pasar, mobil berpahat Kodo Design ini cocok bagi konsumen kelas menengah ke atas yang suka kendaraan urban. Tapi karakter mobil mencuat, serta memiliki nilai jual berbeda dari lainnya.

Ia mengandalkan mekanikal pacu Skyactiv-G 2,0 liter DOHC 16 valve. Ia memiliki kompresi mesin 13.0: 1 yang terbilang tinggi. Hasil adalah tenaga maksimal 155 PS pada 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi optimal 200 Nm pada 4.000 rpm. Mesin direkomendasikan menenggak bensin dengan oktan RON 90 hingga 95. Lalu distribusi tenaga dan torsi disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed Skyactiv-Drive.

Baca juga: Harga Mazda CX-30 Mulai Rp 479 Jutaan, Simak 4 Nilai Jual yang Ditawarkan Bagi Konsumen

Mazda CX-5 GT

Mazda CX-5 GT

Nah, ini adalah model pertama yang hadir di Tanah Air. Di bawah bendera PT EMI, CX-5 hadir sejak tahun 2017 dan selalu menyumbangkan angka penjualan terbaik sejak diluncurkan. Ia jadi alternatif bagi penggemar kelas SUV menengah. Pada Maret 2021 lalu ia mendapat penyegaran.

Mazda CX-5 GT menggendong mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder 2.488 cc, Skyactiv-G DOHC 16 valve. Dengan racikan baru, mesin ini memberi daya maksimal 194 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 258 Nm pada 4.000 rpm. Kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis non-CVT 6-speed ke roda depan (FWD).

Menariknya, mesin digunakan mendapatkan teknologi cylinder deactivation. Ini yang memungkinkan enjin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin empat piston tersedia. Mode itu bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin. Sehingga diklaim mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Baca juga: Mazda CX-5 Dapat Teknologi Mesin Baru, Varian GT Tambah Fitur

Mazda CX-8

Mazda CX-8

 

Pada tahun 2018, PT EMI menghadirkan Mazda CX-8 yang merupakan big SUV yang memberikan kenyamanan, keamanan sekaligus kenikmatan berkendara khas Mazda. Ukurannya menggambarkan SUV tiga baris kursi. Tapi tak sebesar CX-9 yang panjangnya sampai 5 meter. Bekal dimensi 4.900 x 1.840 x 1.730 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.930 mm. Jarak antar poros roda itu sama dengan sang kakak. Makanya CX-8 bisa punya kabin dengan tiga baris.

Mesin dan performa yang jadi pembeda dengan CX-9. Mazda tak memasang turbo pada unit SKYACTIV-G 2,5 liter CX-8. Ya, mesin 4-silinder naturally aspirated itu sama seperti yang dipakai CX-5. Semburan tenaganya 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm. Sedang transmisi, SKYACTIV-DRIVE 6-speed. Hadirnya G-Vectoring control (GVC) juga menjamin pengendaraan dan kemampuan bergerak lebih tajam. Untuk deselerasi, sudah cakram di tiap roda.

Baca juga: Detail Spesifikasi SUV 7-Seater Baru Mazda CX-8

Mazda CX-9 AWD

Mazda CX-9 AWD

Pada 2018, PT EMI juga memperkenalkan Mazda CX-9, premium SUV dari Mazda yang kemudian dilanjutkan dengan Mazda CX-9 AWD satu tahun setelahnya. Inilah kakak terbesar dari CX Series. Ubahan terayar yang paling kentara ubahan terjadi pada grille depan dengan bilah vertikal berlapis kromium. Dan memang perawakan tampak sama dari model sebelumnya. Penyegaran terjadi pun tak banyak.

New Mazda CX-9 AWD maupun 2WD menggunakan mesin bensin 2,5 liter plus induksi turbocharger di balik kap mesinnya. Teknologi mesin Skyactiv-G 2.5T diklaim sanggup memberi performa istimewa untuk berkendara sehari-hari.

Nah, urusan kenyamanan jadi perhatian utama. Model ini punya wireless smartphone charger plus sistem koneksi nirkabel Apple CarPlay. Kemudian pelek berukuran sama, namun desain serta warna baru. Dalam kabin diberi material Nappa Leather berwarna coklat pada keseluruhan bagian jok. Serta penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior, agar mempertegas sentuhan kemewahan di dalam mobil. Semuanya itu masih diimbuhi sistem audio premium BOSE® 12 buah speaker. Lengkap dengan surround sound system Centerpoint 2 maupun ambient noise compensation AudioPilot 2 yang sudah dapat terintegrasi dengan smartphone.

Ricky Thio mengatakan sudah menjadi komitmen PT EMI untuk menghadirkan pilihan model-model terbaik Mazda dan teknologi terbaru serta dukungan layanan purna jual khas Mazda. “Di masa mendatang, produk dan teknologi terbaru Mazda akan memastikan konsumen kami terus melihat nilai-nilai terbaik dalam memiliki Mazda. Mazda ingin dapat diakui sebagai merek yang memiliki ikatan terkuat dengan setiap pelanggan kami,” katanya.

Daftar harga Mazda CX Series (OTR Jakarta)

Tipe Harga
Mazda CX-3 1.5L Sport Rp 353.300.000
Mazda CX-30 GT Rp 528.800.000
Mazda CX-5 GT Rp 555.800.000
Mazda CX-8 Elite Rp 763.900.000
Mazda CX-9 2WD Rp 869.900.000
Mazda CX-9 AWD Rp 998.800.000

 

Baca juga: Mazda CX-9 Versi Penyegaran 2021 Ditawarkan Mulai Rp 869,9 Juta

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil