Carvaganza Editors Choice Award 2021 Best Product Development Award: Mazda CX-3 SPORT 1.5L

  • Mazda CX-3 Sport 1.5L
  • Mazda CX-3 Sport 1.5L
  • Mazda CX-3 Sport 1.5L

Eurokars Motor Indonesia (EMI) menghadirkan Mazda CX-3 SPORT 1.5L sebagai crossover andalan berbanderol paling terjangkau dari merek ini. Bekal mesin lebih sesuai, taburan fitur dan desain menarik dengan DNA KODO-Design, membuatnya jadi pilihan yang paling layak dilirik di segmen crossover bermesin 1.500 cc. Ragam pengembangan yang dilakukan, terutama di sektor mesin yang menjadi 1.5 liter dari 2.0 liter, membuatnya layak mendapatkan Best Product Development Award dari Carvaganza Editors Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive.

Mazda CX-3 sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan ia sudah melalui fase facelift mengikuti perkembangannya di pasar luar. Namun ada satu ubahan signifikan yang diberikan Mazda untuk CX-3 pasar Indonesia. Yakni penggunaan mesin 1.500 cc.



Mazda CX-3 Sport 1.5L

 

Pada Maret 2021, Mazda CX-3 SPORT resmi menggendong jantung mekanis 1.5 liter. Ya, cuma varian bontot tipe SPORT yang berganti mesin. Sedang varian atasnya masih setia dengan dapur pacu 2.000 cc. Sebetulnya, mesin itu tidak sepenuhnya baru. Karena sudah lama digunakan oleh Mazda2.



Perubahan yang sangat berani, namun masih sesuai kodrat. Pasalnya, CX-3 memang punya relasi langsung dengan Mazda2. Jadi tidak menyalahi aturan tak tertulis dalam pembagian lini. Toh CX-3 dan Mazda2 menawarkan hal yang berbeda. Spesifiknya dari bentuk model.



Berbekal mesin yang lebih kecil kapasitasnya, CX-3 SPORT 1.5L pun bisa dilabeli dengan harga lebih terjangkau. Ya, ia pun bisa lebih tenang dalam bersaing di segmennya yang sama-sama berbekal mesin 1.5 liter. Apalagi kalau berbicara harga. Penggunaan mesin lebih kecil sontak menurunkan banderol. Hasilnya, sangat kompetitif.



Bagaimana performanya? Lagi, mesin yang dipakai sama dengan yang ada di balik kap Mazda2. Jaminan performa serupa. Malah angkanya sedikit lebih besar. Disesuaikan dengan bentuknya yang memang lebih berotot ketimbang Mazda2. Mesin SKYACTIV-G 4-silinder 1.496 cc menyemburkan daya puncak 111 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 144 Nm pada 4.000 rpm.

Output itu dikirim ke roda depan melalui transmisi andalan SKYACTIV-Drive 6-speed. Tersedia mode SPORT untuk respon performa lebih sigap. Ditambah keleluasaan perpindahan gigi melalui kontrol paddle-shift di balik lingkar kemudi. Sungguh jaminan kesenangan berkendara, khas Mazda. Sementara kalau mau berkendara lebih nyaman dan efisien, manfaatkan cruise control saat berlari di jalan bebas hambatan.



Kendati varian paling bawah dan harganya jadi lebih murah, CX-3 SPORT masih punya bekal kelengkapan yang tak bisa diremehkan. Apalagi kalau membandingkannya langsung dengan kompetitor di segmennya kini. Mulai dari perbekalan eksterior. Wajah dilengkapi lampu LED dengan automatic levelling ditemani lampu siang hari DRL (Daytime Running Lamp). Mengisi ruang roda, pelek besar 18 inci berkelir Gunmetal sangat cocok dipasangkan dengan warna baru Polymetal Grey Metallic.

Mazda CX-3 Sport 1.5L



Siapa bilang varian bawah tak bisa tampil mewah? Nyatanya interior CX-3 SPORT punya tampilan dan rasa yang berkelas. Material kulit membungkus banyak bagian kabin, termasuk lingkar kemudi dan tuas transmisi. Sedang jok dibalut kombinasi kulit dan fabric berkualitas dengan jahitan berwarna merah menambah aura sporty. Bentuk kursinya didesain agar bisa menopang pengemudi dan penumpang lebih baik, sehingga memberikan rasa nyaman dan aman.



Kelengkapan di kabin tak main-main. Head unit layar sentuh 7 inci dengan sistem operasi andalan Mazda Connect. Bisa diatur dengan dial putar pada konsol tengah dan sejumlah kontrol praktis pada palang kemudi. Keluaran suaranya dijamin enam speaker pada penjuru kabin. Sistem bisa menjalin hubungan nirkabel melalui Bluetooth. Malah sudah tersaji Apple CarPlay dan Android Auto yang lebih praktis menghubungkan dengan smartphone.


Tersedia head-up display (HUD) yang tidak ditemui pada mobil lain di segmennya. Kemudian untuk menyalakan mesin, tinggal tekan tombol. Akses masuk ke kabin juga semudah mengantongi key-fob dan menekan tombol pada gagang pintu luar. Bicara key-fob, CX-3 SPORT juga sudah pakai desain model baru 7-G yang digunakan pada lini terkini Mazda.



Beralih ke fitur safety, dengan daftar yang bisa bikin tenang penggunanya. Bantalan udara SRS tersaji enam titik. Berarti tak cuma tertanam pada dasbor pengemudi dan penumpang depan saja. Ada ekstra side airbags dan model curtain pada kaca samping. Perangkat lain yang menjamin keselamatan termasuk kamera dan sensor parkir, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA).



Melengkapi fitur penjaga keselamatan, Mazda memasangkan Antilock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Launch Assist (HLA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS) dan sistem kendali kendaraan G-Vectoring Control (GVC).

Fitur GVC selain memberi bantuan keselamatan, juga mendukung kenikmatan berkendara. Sistem GVC dengan kepintarannya menjaga kestabilan dan kontrol saat CX-3 SPORT menikung. Bahkan memperhalusnya hingga mengurangi efek gravitasi yang berimbas pada minimnya goyangan tubuh pengemudi saat mobil berbelok, khususnya pada kecepatan menengah dan tinggi. Dengan begitu, efek kelelahan dalam mengemudi juga bisa lebih ditekan. (Tom/Van)

SPESIFIKASI MAZDA CX-3 SPORT 1.5L

  • LAYOUT: Mesin depan, 5 pintu, 5 penumpang, FWD
  • MESIN: Bensin, Skyactiv 4 silinder 1.5L/ 111 PS @ 6.000 rpm / 144 Nm @ 4.000 rpm
  • TRANSMISI: Otomatis 6-speed
  • DIMENSI: 4.275 x 1.765 x 1.535 mm
  • WHEELBASE: 2.570 mm
  • KAPASITAS TANGKI BBM: 48 liter

 

Jelajahi Mazda CX3

Model Mobil Mazda

  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
  • Mazda 3 Hatchback
    Mazda 3 Hatchback
  • Mazda 2
    Mazda 2
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
  • Mazda CX3
    Mazda CX3
  • Mazda 3 Sedan
    Mazda 3 Sedan
  • Mazda CX 9
    Mazda CX 9
  • Mazda 6
    Mazda 6
  • Mazda CX-8
    Mazda CX-8
Mobil Mazda

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mazda CX3 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mazda CX3

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang