• Wishlist

Mengenal Lebih Dekat Honda Jazz Varian Terendah

Mengenal Lebih Dekat Honda Jazz Varian Terendah

New Honda Jazz meluncur Juli lalu. Belum mengalami regenerasi, melainkan penyegaran belaka yang ubahannya tidaklah signifikan. Jazz generasi ketiga (GK5) hanya memiliki 2 varian, begitu pula di versi faceliftnya. Ada New Jazz dengan label S sebagai varian bawah dan New Jazz RS. Pilihan transmisi terdiri dari manual 5-percepatan dan CVT. Varian tertinggi Jazz RS CVT selalu mendominasi total penjualan Jazz di segmen hatchback.


Konsumen lebih melirik varian tertinggi RS karena lebih sporty selain fitur lengkap. Harga Jazz termurah dibanderol Rp 232,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 242,5 juta untuk CVT. Ada perbedaan cukup mencolok sampai Rp 30 juta dengan Jazz RS, sehingga menjadi menarik untuk mengupas Honda Jazz S. Karena memiliki fitur standar yang tak kalah lengkap dengan akomodasi dan fleksibilitas kabin tetap sama.


Honda Jazz generasi 3



Tampilannya lebih polos ketimbang Jazz RS tanpa ada imbuhan body kit di sekeliling bodi, rear spoiler dan desain bempernya pun berbeda. Penggunaan pelek berukuran 15-inci, memberi efek kaki yang lebih jenjang. Lampu utama masih model halogen dengan bohlam biasa.Tidak seperti Jazz RS yang sudah menerapkan Full LED. Tapi lampu belakang Jazz S sudah LED sama seperti RS.


Interior juga terlihat lebih sederhana. Menyalakan mesin masih menggunakan anak kunci, tidak seperti RS yang pakai tombol engine start-stop. Pengaturan AC tampak ‘jadul’ dengan model kenop putar. Di atasnya terdapat monitor layar sentuh 6,2-inci dengan fitur standar ukuran head unit masa kini. Tapi tidak ada koneksi Bluetooth, HDMI port dan smartphone connection seperti di RS. Selain itu, tidak terdapat audio steering switch untuk mempermudah pengaturan head unit dan balutan kulit di setir maupun tuas transmisi.



Sektor penggerak tidak ada perubahan dan perbedaan dari Jazz RS. Masih percaya pada keandalan mesin L15A 4-silinder 1,5-liter SOHC i-VTEC, untuk menyeburkan tenaga sebesar 120 PS dan torsi 145 Nm. Tawaran transmisi tersedia manual 5-percepatan dan CVT. Namun, sensasi berkendara CVT tidak akan senikmat dan senyaman di RS, karena tanpa paddle shift di balik kemudi dan tidak dilengkapi cruise control.


Selebihnya, fitur keselamatan dan keamanan standar tak berbeda. Sistem pengereman ada ABS+EBD dan Brake Override System. Dan tetap ada dual SRS airbag serta ISOFIX dan Tether. Mengatur posisi mengemudi dipermudah oleh tilt dan telescopic steering, selain pengaturan ketinggian kursi. Ultra Seat sudah pasti tersedia untuk mengatur konfigurasi kursi sesuai kebutuhan. Fitur ini merupakan nilai plus dari Jazz yang terkenal sebagai hatchback dengan akomodasi kabin terbaik.


Baca juga: Komparasi Honda Jazz 2017 vs Rival

Jelajahi Honda Jazz

Honda Jazz Rp 252,5 - Rp 295 Juta Cicilan : Rp 5,76 Juta

Bandingkan & Rekomendasi