Mau Tambah Perluasan Jaminan Asuransi Mobil, Berapa Biaya yang Diperlukan?

Mau Tambah Perluasan Jaminan Asuransi Mobil, Berapa Biaya yang Diperlukan?

Agar tidak salah memilih. Secara umum, asuransi terbagi ke dalam dua jenis: total loss only (TLO) dan comprehensive. Tak sedikit masyarakat menggunakan tipe comprehensive. Yaitu jaminan risiko kerugian atau kesurakan sebagian (partial loss). Maupun keseluruhan (total loss) yang diakibatkan oleh semua risiko. Dengan catatan, bukan pengecualian dalam polis. Dan pelu diketahui, tidak semua ditanggung kecuali perluasan jaminan. Besaran biayanya pun beragam.

Contoh, jika mobil yang dikendarai memiliki asuransi reguler. Dan sialnya terdampak aksi demo, huru-hara, sabotase, banjir, terosisme, gempa, tsunami. Maka bila kendaraan Anda mengalami kerusakan, dipastikan tidak mendapat perlindungan. Itulah pentingnya perluasan jaminan. Senior VP Communication and Service Management Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto menjelaskan. Perusahaan asuransi tidak menanggung kerusakan kendaraan akibat hal-hal itu. Hal ini sudah tercantum di dalam polis asuransi standar. “Jadi, tidak dilindungi. Karena dilihat dari penyebab kerusakannya adalah kejadian pengecualian dalam polis," paparnya.

Merujuk pada PSAKBI, Bab II Pengecualian, dalam pasal 3 ayat 3 disebutkan: “Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan biaya atas Kendaraan Bermotor atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung. Disebabkan oleh (akibat dari, ditimbulkan oleh) kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase dan penjarahan.”

Asuransi Astra Garda Oto

Hitungan Perluasan Jaminan

Tapi comprehensive (lite) saja tidak cukup. Butuh perluasan jaminan perlindungan agar terhindar dari risiko kerusakan dalam kerusuhan. Misalkan mobil penyok, spion patah, kaca pecah dan lainnya. Jika Anda ingin menambah itu, kisaran biaya tambahan minimal 0,3 persen dari harga mobil. Seberapa besar?

Baca juga: Banjir Mengancam Mobil di Musim Hujan, Hindari Hal ini Agar Klaim Asuransi Tetap Berlaku

Kalau tak ingin repot melihat berapa hitungan tepat. Anda bisa mengakes situs resmi Asuransi Astra untuk melihat simulasi besaran premi. Lalu pilih jenis mobil dan masukkan kode wilayah atau pelat, di pojok kiri atas laman. Contoh, ambil jenis Toyota Avanza 1.3L G AT 2020. Otomatis muncul berbagai penawaran perlindungan. Dengan harga pertanggungan Rp 228,75 juta. Lantas konsumen mau ambil lite comprehensive (belum perluasan jaminan). Maka premi yang harus dibayar Rp 4,76 juta.

Lalu dengan perluasan jaminan kerusuhan, huru-hara, banjir, angin topan, gempa, tsunami, gunung meletus serta tanah longsor. Pelanggan harus menambah premi Rp 686,2 ribu. Kalau ingin makin komplet lagi. Bisa ditambah jaminan kecelakaan diri Rp 50 ribu, kecelakaan penumpang (6 orang) Rp 60 ribu. Kemudian tanggung jawab hukum pihak ketiga Rp 100 ribu. Terakhir, terosisme dan sabotase Rp 114,3 ribu. Jadi kalau ditotal, jumlah dana yang wajib disetor Rp 5,764 juta.

Garda Oto mobile

Oleh karena itu, dengan perluasan jaminan misal di Garda Oto membuat kendaraan Anda lebih terlindungi. Melalui perluasan jaminan, Anda dapat mengajukan klaim secara mudah. Caranya, melapor dan menyertakan bukti dokumen yang dibutuhkan. Bila sewaktu-waktu mobil Anda mengalami kerusakan akibat peristiwa ini, segera adukan ke call center perusahaan.

Jika mendapat perluasan jaminan, jalan mengurusnya sangat mudah. Anda bisa melaporkan kejadian melalui contact center Garda Akses di nomor 1500112 selama 24 jam. Berlaku jua saat Anda membutuhkan bantuan darurat. Pelanggan bisa pula mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat. Dan perlu dicatat, pelaporan kerugian selambat-lambatnya lima hari kerja setelah kejadian. Seperti tercantum di dalam atau tertera pada polis.

Tambah gampang lagi, saat klaim kendaraan dengan install aplikasi Garda Mobile Otocare. Lakukan registrasi dan isi laporan kejadian pada menu Garda Oto. Lalu petugas bakal melakukan survei dan analisa klaim. Nah, untuk membayar klaim. Besarannya sekitar 10 persen dari nilai klaim yang disetujui, minimum Rp 500 ribu. Itu disalurkan paling lambat 14 hari kerja setelah dokumen lengkap diterima oleh Asuransi Astra. Dan dibayarkan ke rekening tertanggung. (Alx/Tom)

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil di Kala Pandemi dan Resesi