Banjir Mengancam Mobil di Musim Hujan, Hindari Hal ini Agar Klaim Asuransi Tetap Berlaku

  • Garda Oto mobile
  • musim hujan asuransi astra garda oto
  • Asuransi astra tanggung banjir
  • Asuransi astra tanggung banjir

Memasuki musim hujan yang diprediksi akan terjadi sampai awal tahun, situasi seperti ini akan menjadi rawan karena akan menimbulkan genangan air hingga banjir di ruas jalan hingga daerah. Apabila tidak disikapi dengan tepat, kondisi ini mampu menimbulkan permasalahan yang lebih besar pada kendaraan kita. Agar terhindar dari risiko yang lebih besar, yuk simak beberapa tips dari berikut ini agar tetap aman dan nyaman berkendara saat musim hujan melanda sekalipun

Perlindungan di Jalan

Jalanan basah perlu dihadapi dengan kondisi mobil prima

Perlu diketahui, saat jalan terendam air dan ketinggian air dirasa melebihi diameter roda, sebaiknya urungkan niat untuk melintasinya. Risiko yang paling sering terjadi adalah engine water hammer.  Engine water hammer atau hydrolocking adalah keadaan saat mesin mobil mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston. Sehingga stang piston akan bengkok dan rusak, dinding silinder akan terluka, dan yang paling parah adalah melengkungnya head silinder.

Hindari terjadinya engine water hammer ini dengan memastikan posisi genangan air setidaknya 30 cm di bawah air intake, sehingga pada saat melewati genangan, air intake tetap aman dan tidak menyedot air. Selain itu injak gas secukupnya dan jangan menggunakan putaran mesin tinggi agar knalpot tidak kemasukan air. Cara terbaik agar terhindar dari engine water hammer ini adalah sebaiknya Anda memutarbalikkan mobil Anda dan mencari jalan alternatif lain, jangan memaksakan apalagi sengaja menerjang genangan.

Selain dapat mengurangi performa mesin mobil dan berpengaruh pada keselamatan berkendara, merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II pasal 3 ayat 4 bahwa, kerusakan mesin akibat kejadian tersebut juga merupakan jenis kejadian yang dikecualikan; “Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.” Sehingga kerusakan pada mesin mobil akibat kejadian ini tidak akan bisa diklaim.

Aman dengan Perluasan Jaminan

Asuransi astra tanggung banjir

Pada umumnya di dunia asuransi, terdapat dua jenis pertanggungan. Pertama adalah asuransi Total Loss Only (TLO) yang menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan total, yaitu biaya perbaikan diperkirakan >= 75% atau hilang akibat pencurian, yang kedua adalah asuransi comprehensive yang menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian maupun total seperti benturan, terbalik, tergelincir sampai kehilangan kendaraan dan risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Lengkapi mobil kesayangan Anda dengan perlindungan asuransi dari Garda Oto sebagai salah satu tindakan protektif.

Untuk mendapatkan perlindungan yang lebih optimal khususnya saat musim hujan, Anda dapat menambahkan perluasan jaminan seperti seperti banjir, angin topan, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, tanggung jawab hukum pihak ketiga dan lainnya. Walaupun mobil Anda sudah terlindungi dengan perluasan perlindungan banjir, tetap pastikan untuk tidak menerjang banjir dan tidak menyalakan mobil yang sudah terendam air sebelumnya.

Klaim Mudah

Bila mobil Anda terlanjur terendam banjir, cukup hubungi call center 24 jam Asuransi Astra di nomor 1500112 untuk mendapat penanganan yang paling tepat dari awak Garda Siaga. Klaim semakin mudah dengan aplikasi Garda Mobile Otocare, Anda bisa mengetahui semuanya secara real-time.

Khusus pembelian asuransi Garda Oto selama bulan November melalui situs gardaoto.com, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa Voucher belanja senilai 900rb + Diskon 20% semua jasa Kliknclean dan diskon 50% Jasa Fogging PDV + Cicilan 0%. Yuk, intip promo Musim Hujan di tautan ini. (ADV)

Baca Juga: Perluasan Jaminan Asuransi Garda Oto Berikan Rasa Peace of Mind Saat Mobil Terjebak Kerusuhan

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil