Oto
jakarta-selatan

Masih Laris di Eropa, Nissan Juke Tembus Satu Juta Unit

  • 17 Jul, 2018
  • 1682 Kali Dilihat

Popularitas Nissan Juke masih tinggi di dataran Eropa. Terbukti dari larisnya penjualan dan konsistensi produksinya hingga kini. Hasilnya, produksi satu juta unit ditembus di pabrik Nissan Sunderland, Inggris. Pencapaian yang diraih setelah Juke meramaikan pasar crossover sejak 8 tahun lalu.






Juke merupakan model crossover kedua yang dirakit di pabrik Sunderland. Mengikuti jejak Nissan Qashqai yang masuk jalur produksi sejak 2006 dan mulai memimpin pasar crossover di Inggris maupun Eropa. Sudah lebih dari 3 juta unit Qashqai keluar dari pabrik itu, diikuti Micra (2,4 juta) dan Primera (1,5 juta). Juke pun menyusul dengan rata-rata keluar dari pabrik setiap 105 detik.


Unit ke sejuta Juke varian Tekna berwarna Vivid Blue. Warna mentereng ini baru menjadi opsi untuk model 2018. Spesialnya Juke di Inggris maupun di Eropa, tersedia banyak kombinasi pilihan kustom yang disesuaikan selera pembeli. Terhitung lebih dari 23.000 versi berbeda yang ditawarkan untuk konsumen di penjuru Eropa.


“Delapan tahun lalu kita tidak pernah melihat mobil seperti Juke – tercipta dalam segmen yang benar-benar baru dan membawa penampilan yang belum pernah terlihat sebelumnya di pasar. Sekarang kami punya satu juta konsumen dan Juke tetap pemimpin di segmennya,” kata Kevin Fitzpatrick, Senior Vice President Manufacturing, Supply Chain Management and Purchasing, Nissan Europe.


Penjualan mobil ini memang terhitung masih besar. Tahun lalu saja, laku lebih dari 95.000 unit di Eropa. Selain opsi kustom, model 2018 mendapat penyegaran berupa grille V-motion krom, headlamp dan sein spion yang di smoke hitam agar tampil lebih gahar. Statistik penjualan menunjukkan, warna hitam paling banyak dipilih oleh konsumen Eropa. Tak hanya eksterior, interior hitam juga menjadi pilihan pertama dalam personalisasi.


Salah satu varian terpopuler, Juke NISMO. Diproduksi sejak 2012 di Sunderland, versi sporty racikan NISMO ditopang mesin 4-silinder 1,6-liter turbo. Tenaganya sebesar 197 hp dan torsi 250 Nm untuk menggerakkan keempat roda (AWD) melalui transmisi manual 6-speed atau CVT.



Model Juke Eropa dan Indonesia amatlah berbeda. Di sini mengandalkan mesin HR15DE 4-silinder 1,5-liter yang turut dipakai Grand Livina, Evalia dan March 1.5. Gempuran crossover lain seperti Honda HR-V, Suzuki SX4 S-Cross, Chevrolet Trax dan segmen Low SUV, membuat penjualan Juke semakin tak berdaya. Berdasar data wholesale Gaikindo, dalam kurun Januari hingga Juni 2018, Juke hanya terjual 109 unit. Kabar Nissan Kicks sebagai penerus masih jauh dari kenyataan. Karena Nissan Motor Indonesia sedang sibuk menyiapkan Terra dan Serena generasi baru yang siap hadir di GIIAS 2018. (Odi/Van)


Baca Juga: Punya Mobil Honda, Ini Deretan Mobil yang Kena Recall

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Nissan Juke

Lihat video terbaru Nissan Juke untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi