Makin Gagah, Peugeot 3008 Bergaya Offroad Tualang

Makin Gagah, Peugeot 3008 Bergaya Offroad Tualang
Gambar
Review Pengguna

Peugeot mengubah tampilan SUV miliknya, 3008 menjadi gaya offroad. Namun, ini tidak dijual, melainkan hanya konsep yang sengaja disuguhkan pabrikan asal Prancis itu untuk sebuah majalah. Kendati demikian, mobil yang ditransformasi tampilannya ini, sudah dijajal di jalur utara Ho Chi Minh, Vietnam.

SUV kompak yang terlihat lebih cocok untuk perkotaan itu, ternyata mampu melibas trek cukup ekstrem. Dalam keterangan resminya, varian yang digunakan, PureTech GT Line dengan mesin 1,6 liter turbo. Peugeot melengkapinya dengan beberapa aksesori yang pendukung.

Di sektor kaki-kaki, peleknya diubah menjadi model baja atau biasa disebut kaleng berukuran 17 inci. Itu dibalut ban khusus offroad Cooper AT3. Kemudian tubuh bagian bawahnya diberikan perlindungan berupa front skid plate.

Berpindah ke atas, Peugeot menyematkan roof rack aluminium dari Rival. Perangkat ini dimanfaatkan untuk menempelkan lampu LED yang sangat bertenaga. Ia berfungsi membantu menerangi area depan mobil, ketika membelah jalur gelap, seperti hutan.

Roof rack tadi juga dimanfaatkan untuk mengangkut tenda atap ARB Simpson yang kompak. Artinya, pengguna bisa berkemah di atas 3008 di mana saja. Sementara di belakang, diberikan pengait yang berguna untuk menggantung sepeda gunung. Dalam hal ini, Peugeot tentunya memasang sepeda dari mereknya sendiri.

Konfigurasi jeroan Peugeot 3008 tidak mendapatkan ubahan, termasuk sistem penggerak. Mesin masih menghasilkan tenaga 180 PS dan momen puntir 250 Nm yang disalurkan transmisi otomatis 8-speed. Ia juga tetap mengandalkan front wheel drive, yang diperkuat Advanced Grip Control (AGC).

AGC merupakan teknologi yang memungkinkan mobil mampu melahap medan berat layaknya penggerak 4x4. Ia memberikan kebebasan bagi pengemudi untuk memilih karakter performa 3008 sesuai jalan yang dilewati. Ada lima opsi, yaitu normal, salju, pasir, lumpur dan ESP off. Fitur ini bekerja dengan membaca kondisi kedua ban depan. Secara otomatis sistem memberikan tenaga ke roda yang mendapatkan traksi berlebih. Sebaliknya, sisi yang selip dihentikan suplai dayanya. Kemudian, secara perlahan disuntik kembali dengan energi dorong, agar ia menemukan cengkeraman.

“Konsep ini mencontohkan kepraktisan dan kemampuan off-road SUV terlaris kami. Dengan modifikasi relatif kecil, 3008 sudah bisa mengatasi medan sulit. Ini membuktikan efektivitas teknologi Advanced Grip Control dan potensi sebenarnya,” ucap Managing Director Peugeot Britania Raya, David peel.

Melihat tampilan seperti ini, bagaimana pendapat Anda? Ia bisa menjadi inspirasi menarik, mengingat Indonesia punya banyak jalur offroad yang siap ditaklukkan. (Hfd/Odi)

Sumber: Peugeot

Baca Juga: Pembeli Peugeot 3008 Dimanjakan Gratis Servis dan Garansi

Jelajahi Peugeot 3008

Peugeot 3008 Rp 690 - Rp 750 Juta Cicilan : Rp 15,74 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store