Land Rover Series 1 Versi Launching 1948 Mulai Direstorasi

Land Rover Series 1 Versi Launching 1948 Mulai Direstorasi

Jaguar-Land Rover akhirnya memutuskan untuk merestorasi Land Rover Series 1 lansiran 1948 kembali ke wujud semulan. Lebih lagi, mobil itu merupakan satu dari tiga mobil peluncuran perdana pada Amsterdam Motor Show 1948. Berarti itu merupakan unit langka yang sangat tinggi nilai sejarahnya. Apalagi tahun ini bertepatan dengan selebrasi kelahiran 70 tahun Land Rover.

Kondisi mobilnya cukup parah dan sejumlah besar bagian orisinilnya sudah tak ditemukan. Wajar karena mobil sudah lebih dari dua dasawarsa teronggok begitu saja di Wales. Sampai ada pembeli yang memboyongnya, tapi nasibnya tetap ditelantarkan begitu saja. Lucunya, mobil itu ditelantarkan di Solihull, hanya beberapa kilometer dari pabrik pertama kali mobil itu lahir.

land rover series 1

Jaguar Land Rover Classic, sebagai divisi yang bertugas dalam restori, akhirnya diberi mandat untuk memulihkan Series 1 1948 itu. Pemilik pertamanya juga diundang untuk menyaksikan proses restorasi di pabrik Solihull.

Tentu ini bukan proyek restorasi pertama Land Rover Series 1 bagi JLR Classic. Sebelumnya mereka sudah berhasil memulihkan 25 Series 1 dan ditawarkan di rentang £60,000 - £80,000 ketka berhasil dipulihkan. Dengan titel sebagai salah satu dari tiga mobil peluncuran yang sudah dipulihkan, harganya pasti akan melonjak tinggi jauh dari versi standar produksi. Melihat kali ini mobilnya lebih punya nilai historis, JLR tampaknya tak berniat untuk menjualnya meski banyak kolektor yang akan memburunya.

land rover series 1

"Land Rover ini bagian sejarah otomotif tak tergantikan dan nilai historisnya sama penting dengan Huey (HUE 166)," ujar Tim Hannig selaku direktur JLR Classic. Ia kemudian menambahkan kalau memulihkan Land Rover Series 1 versi peluncuran menjadi aktivitas yang bagus sebagai pembuka selebarasi 70 tahun Land Rover tahun ini.

Land Rover Series 1 merupakan kreasi awal off road dari manufaktur. Mobil 'mbahnya' Land Rover Defender itu sangat tangguh dan tahan banting, bahkan setelah puluhan tahun. Sedang produksi Landy Defender berakhir pada Januari 2016 dan kabarnya akhir tahun ini akan muncul Defender generasi baru yang jauh lebih modern. (Tom/Odi)

Baca Juga: Tunggangi Defender Pikap, Jokowi Pantau Proyek Tol Becakayu

Sumber: Autocar

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil