Oto
jakarta-selatan

Komparasi Suzuki Baleno vs Honda Jazz

  • 28 Sep, 2017
  • 15474 Kali Dilihat

Mau atau tidak, Suzuki Baleno harus dibandingkan dengan Honda Jazz. Meski harganya berbeda lumayan jauh, Baleno tetap berada di segmen yang sama dengan Jazz. Supaya lebih adil, kita ambil Jazz biasa atau bukan RS melawan dua varian Baleno. Seperti apa perbandingannya?


HARGA


Harga--Honda-Jazz-vs-Suzuki-Baleno


Seperti sudah diungkap, harga Baleno dan Jazz memiliki perbedaan yang lumayan. Harga Suzuki Baleno AT Rp 207,5 juta sedang Honda Jazz CVT Rp 242,5 juta. Beda harganya mencapai Rp 35 juta. Sementara varian transmisi manual Baleno dibanderol Rp 195 juta dan Jazz Rp 232,5 juta.


MESIN


Performa--Honda-Jazz-vs-Suzuki-Baleno


Performa Jazz sedikit lebih unggul dari Baleno karena kapasitasnya memang lebih besar. Baleno memakai mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga, mesin K14B 1.4 liter VVT DOHC berdaya 92 PS dan torsi puncak 130 Nm. Honda Jazz juga memakai mesin keluarga, seperti yang dipakai oleh Mobilio dan BR-V. Mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC bertenaga 120 PS dan torsinya 145 Nm. Urusan distribusi daya Baleno punya manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed. Sedang Jazz memakai manual 5-speed dan otomatis CVT.


Baca Juga: Pilih Baleno atau Yaris?


DIMENSI


Dimensi--Honda-Jazz-vs-Suzuki-Baleno


Baleno dibekali dimensi 3.995 x 1.745 x 1.510 mm (PxLxT) dan jarak sumbu roda 2.520 mm. Jazz punya dimensi 3.955 x 1.694 x 1.524 mm dan jarak antar poros roda 2.530 mm. Dari situ bisa dilihat bodi Baleno lebih panjang dan lebar. Tapi atap Jazz lebih tinggi. Jarak sumbu roda Jazz juga lebih panjang. Berarti kabin Jazz lebih lega. Dengan bekal itu, Jazz punya fitur yang dinamakan Ultra Seat, pelipatan bangku fleksibel untuk memaksimalkan ruang kabin. Kabin Baleno terbilang lega tapi Jazz masih lebih unggul soal dimensi kabin ketimbang Baleno.


EKSTERIOR


Suzuki Baleno 2017 di GIIAS 2017


Di sisi luar, Baleno termasuk lengkap. Ada lampu HID projector, lampu siang hari, lampu kabut, spoiler atas di belakang dan pelek alloy 16 inci. Jazz menggunakan lampu halogen dan lampu kabut, tapi belum punya lampu siang hari dan spoiler. Ukuran rodanya juga lebih kecil, pelek alloy 15 inci.


INTERIOR


Honda Jazz Ultra Seat (2)


Keduanya sama-sama mengaplikasi tema hitam di interior. Kelengkapannya juga tak jauh berbeda, misal soal kompartemen dan penyimpanan. Sektor hiburan harus diakui Jazz lebih unggul dengan infotainment layar sentuh 6,2 inci yang bisa memainkan banyak sumber termasuk CD/DVD. Sementara Baleno masih memakai head unit standar 2DIN, belum layar sentuh. Meski begitu, sistem Baleno sudah mendukung konektivitas telepon via Bluetooth dan tombol akses audio dari palang kemudi. Baleno juga punya keyless entry dan tombol Start/stop untuk menyalakan/mematikan mesin serta penyejuk kabin Auto Climate dengan fungsi pemanas. Jazz tipe non-RS belum memakai tombol Start/Stop.


SAFETY


Di sini Baleno tak kalah lengkapnya dengan Jazz. Ada dua kantung udara di depan, rem ABS+EBD, ISOFIX, empat sensor parkir di belakang dan kunci immobilizer untuk keamanan mobil. Jazz dilengkapi rem ABS+EBD, dual SRS airbag depan, ISOFIX dan immobilizer.


VERDICT


Jazz boleh punya keunggulan di sektor performa, kabin, dan hiburan. Belum lagi nama besar Honda sebagai jaminannya. Kalau dibandingkan Jazz RS, tentu akan lebih banyak fitur yang dimenangkan oleh Jazz. Tapi Suzuki Baleno tak kalah soal kelengkapan secara umum, dibandingkan Jazz biasa. Tambahkan dengan banderol harga 'miring', Suzuki Baleno layak menjadi pilihan bagi yang sedang mencari mobil hatchback baru.


Baca Juga: Komparasi Honda Jazz RS vs Suzuki SX4 S-Cross

Komparasi Jazz vs Baleno

Honda Jazz
Rp239 - Rp279,8 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Suzuki Baleno
Rp213 - Rp225,5 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Jazz vs Baleno
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi