Kia Seltos Diesel Segera Masuk Indonesia? NJKB Mencapai Rp 244 Juta

Kia Seltos Diesel Segera Masuk Indonesia? NJKB Mencapai Rp 244 Juta

Salah satu varian Kia Seltos yang patut ditunggu ialah unit berjantung pacu diesel. Sangat besar kemungkinan Kreta Indo Artha (KIA) memboyongnya di sini. Untuk diketahui, model itu sudah tertera pada situs resmi Samsat DKI Jakarta. Tercantum NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) unit berbahan bakar solar mencapai Rp 244 juta, pre-perpajakan dan marjin perusahaan. Lantaran harus impor dari India, kemungkinan banderol on the road Jakarta di atas Rp 350 jutaan.

Untuk sekadar perbandingan. NJKB KIA Seltos 1,4 liter bensin turbo mencapai Rp 225 juta dengan harga resmi Rp 300 juta di varian dasar. Artinya unit bermesin diesel bisa di atas itu. Bagi mereka, Seltos merupakan model penting. Sebab memiliki peran perluasan jejak global. Sasaran marketnya, membidik konsumen muda yang gemar dengan teknologi dan perangkat keselamatan mutakhir. Lantas seberapa hebat mekanikal penenggak solar ini?

Kalau mengacu data spesifikasi dari model di India. Kubikasi mesin mencapai 1.493 cc dengan sistem penyemprotan bahan bakar CRDi. Resultan pembakaran empat piston memberi torsi puncak 250 Nm pada 1.500 rpm. Kemudian tenaga maksimal terlontar 115 PS di 4.000 rpm. Untuk versi Indonesia, sangat mungkin dipadukan transmisi matik DCT. Performanya lumayan, jika dibanding dengan keluaran Seltos bermekanikal pacu 1,4 liter turbo.

Baca juga: Kia Seltos Dilepas Mulai Rp 300 Juta, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Kia Seltos

Versi mesin bensin induksi turbo memberi torsi maksimal 242 Nm di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Embusan tenaga dari piston genap mencapai 140 PS pada 6.000 rpm. Transmisi mengandalkan tipe otomatis 7 speed DCT. Diklaim menyalurkan tenaga ke roda depan lebih mulus dan senyap. Dari data di atas kertas, tenaga lebih unggul. Namun pemacu diesel kerap menawarkan efisiensi baik dan momen puntir lebih tinggi.

Peranti keamanan yang tertanam pada Seltos diesel lengkap. Jika spesifikasi tak dikebiri, menjadi semakin menarik plus nilai jual lebih. Isinya berupa enam airbag di bagian driver, passenger, side and curtain. Pengereman pakai cakram di depan dan di belakang. Sudah tersisip ABS, EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist, Traction Control. Serta Cruise Control guna memudahkan Anda saat berselancar di jalan bebas hambatan. Termasuk faktor yang bikin irit konsumsi BBM lantaran menjaga putaran mesin.

Bagaimana dengan tatanan interior Seltos diesel tatkala masuk Indonesia? Kemungkinan kelengkapan sama dengan varian EX+. Konsumen mendapatkan lingkar kemudi berbalut kulit. Setir menggunakan model tilt and telescopic plus audio control. Kemudian seluruh jok dibekali kulit sintetis. Fitur standar juga tersedia: Wireless Charging, USB slot juga power outlet. Kemudian sistem audionya keren. Pakai sistem 2way, dengan layar mengambang 8 inci plus speaker garapan Bose.

Baca juga: Road Test Kia Seltos EX+: Sarat Daya Tarik (Part-1)

kia seltos interior

Anda juga bisa mendendangkan musik via bluetooth, USB and Auxiliary connection, Apple Car Play, Android Auto dan rear view monitor. Sistem pendingin kabin sudah auto climate control. Lantas apakah mobil punya kelapangan oke? Kia Seltos diesel mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Ban berukuran 215/60 dengan pelek 17 inci. Seharusnya cukup untuk mengakomodasi lima penumpang. Ia tidak begitu sempit, juga tak terlalu besar.

Nah, varian diesel memilki paras mirip dengan Seltos bensin. Ia menawarkan detail eksterior khas, seperti kap mesin memanjang. Garis karakter kuat di bumper depan dan guratan tajam yang ditekankan pada bodywork. Kala melihat muka depan, mobil menampilkan kisi-kisi ala Tige Nose lebar, membuatnya langsung dikenali sebagai produk Kia. Lalu garis bahu tampak kokoh, bentuk rumah kaca meruncing ke arah belakang mobil. Formulasi ini memberikan kesan sporty pada sang SUV kompak.

Unit pemacu diesel dilengkapi dengan lampu depan maupun lampu belakang LED penuh. Bentuknya dirancang tajam, agar memberikan tampilan tegas nan percaya diri bagi pengendaranya. Untuk melenggang di jalanan siang hari, Seltos memiliki lampu LED daytime running light. Kemudian tersedia indikator multi-layer 3D untuk memperjelas segala informasi. Yang tak kalah mempermanis tampilan, mobil dilengkapi sepasang lampu kabut berteknologi dioda.

Tatkala Kia Seltos datang ke sini. Ia mengambil tugas dalam memperlebar ceruk pasar, khususnya kompak SUV Rp 300 jutaan. Bisa jadi bila harga resmi kelak muncul, bakal besenggolan dengan Wuling Almaz RS. Dan hingga saat ini, belum ada pesaing yang sepadan di kelas diesel 1,5 liter. Tapi setidaknya konsumen makin mendapat banyak pilihan produk di strata itu. Untuk detail info lebih lanjut, patau terus OTO.com(Alx/Raju)

Baca juga: Road Test Kia Seltos EX+: Rayuan Turbo dan DCT Menggoda (Part-2)

 

Jelajahi KIA Seltos

Model Mobil KIA

  • KIA Sonet
    KIA Sonet
  • KIA Picanto
    KIA Picanto
  • KIA Seltos
    KIA Seltos
  • KIA Rio
    KIA Rio
  • KIA Sonet 7-Seater
    KIA Sonet 7-Seater
  • KIA Grand Sedona
    KIA Grand Sedona
  • KIA K2700
    KIA K2700
Mobil KIA

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil KIA Seltos Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil KIA Seltos

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang