Komparasi Kompak SUV: Kia Seltos Vs Honda HR-V, Mana Paling Hebat?

Komparasi Kompak SUV: Kia Seltos Vs Honda HR-V, Mana Paling Hebat?

Melihat spesifikasi dan harga, Kia Seltos masuki pasar kompak SUV. Sangat menarik bila ia disanding, adu kemampuan dengan Honda HR-V 1,5 liter E CVT Special Edition. Sebetulnya bisa juga komparasi bersama tipe 1,8 liter Prestige. Cuma banderol sudah tidak imbang. Ditambah, tren konsumen sekarang, membeli mobil tak terlalu fokus pada segmentasi. Maksudnya, dengan uang sekian, mereka bisa mendapat opsi mobil apa saja.

Komparasi mesin dan transmisi Seltos vs HR-V

Bertatapanlah Kia Seltos dengan Honda HR-V 1,5 liter. Sepanjang tahun lalu, Honda mengirim tipe itu sebanyak 25.828 unit ke konsumen. Artinya pasar di kelas ini masih cukup terbuka, meski tak sejembar LMPV. Lewat APM baru, KIA langsung membidik lahan yang masih bergairah. Tapi, apakah “senjata” jenama Korea Selatan ini cukup ampuh melawan kedigdayaan HR-V? Berikut perbandingannya.

Engine

Di balik bonet Seltos, tertanam mekanikal pacu 1,4 liter turbo. Embusan tenaga mesin bensin itu mencapai 140 PS pada 6.000 rpm dengan momen puntir 242 Nm di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Transmisi mengandalkan tipe otomatis 7 speed DCT (kopling ganda). Sementara Honda HR-V dibekali mesin naturally aspirated 1,5 liter yang menyuplai daya 120 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm. Output disalurkan ke roda depan pakai transmisi CVT.

Wajar saja bila Seltos jauh lebih unggul dari HR-V. Dorongan turbo sangat membantu memadatkan tenaga dan momen puntir. Andai Honda mengadopsi mesin turbo seperti di Jepang, mungkin bakal imbang. Dan betul, tren mesin kecil turbo sedang hit dan digandrungi market global. Barang anyar ini jadi lebih menarik.

Harga

Untuk membeli HR-V tipe E CVT Special Edition, siapkan dana Rp 348,3 juta. Sedangkan KIA menawarkan EX+ 1.4 Turbo Rp 355 juta. Beda tipis. Apalagi bila konsumen membeli dengan cara kredit, niscaya selisih itu tak terasa saat dicicil. Yang jadi catatan ialah layanan purnajual. Kalau Honda mungkin Anda tak perlu ragu soal suku cadang dan sebagainya. Sementara Kia, di bawah bendera Indomobil Group punya kapabilitas itu. Namun harus dibuktikan oleh komitmen dan waktu.

Baca Juga: Pertarungan SUV Trim Atas Rp 500 jutaan, Mazda CX-5 Elite VS Nissan X-Trail VL

Rancang Bangun

Seltos memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Ban berukuran 215/60 dengan pelek 17 inci. Sementara HR-V mempunyai ukuran 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm dan wheelbase 2.610 mm. Ia pakai ban 215/55 dan pelek 17 inci. Bicara kelapangan sebetulnya sangat imbang. Anda bisa lihat itu pada angka sumbu roda yang sama.

Komparasi Kia Seltos lawan Honda HR-V

Tapi kalau dari segi bahasa desain ya berbeda. Honda menukangi HR-V hingga berparas menawan dan aerodinamis. Namun itu berlaku pada awal peluncuran 2014 lalu. Lima tahun sudah ia tidak banyak berubah. Jadi agak bosan juga menatapnya. Sementara Kia yang jadi “anak baru” mencoba peruntungan di Indonesia dengan tampilan menggugah selera.

Lihat, sudut-sudut mobil dibuat tegak. Grille depan terpisah dua bagian ditemani bingkai kromium. Semua pencahayaan berteknologi LED pada semua tipe. Termasuk fog lamp dan lampu siang hari. Side skirt serta fender hitam tebal dijadikan aksentuasi kendaraan berkarakter tualang. Sebuah kemasan produk yang menarik. Sementara HR-V memiliki paras lebih sederhana, dibubuhi lampu depan serbaLED.

Interior

Ketika Anda masuk kabin Seltos, tercium atmosfer premium. Setir menggunakan model tilt and telescopic plus audio control. Tipe tertinggi pakai pembungkus jok kulit sintesis. Wireless Charging, USB slot juga power outlet jadi standar pabrik. Kemudian sistem audionya keren. Tertanam head unit mengambang 8 inci. Ia bisa terkoneksi Bluetooth voice recognition, USB and Auxiliary connection, Apple Car Play dan Android Auto. Itu semua bisa dinikmati sambil menikmati kabin sejuk dengan auto climate control dan sunroof.

HR-V juga tak kalah. Ia memiliki layar mengambang berukuran dan fungsi sama. Material kabin pakai kulit sintesis, auto AC with smart touch, audio switch. Namun belum tersedia wireless charging dan sunroof. Jadi Seltos sedikit lebih unggul di sektor ini.

Fitur Kia Seltos EX+ vs Honda HR-V 1.5

Peranti Keamanan dan Kenyamaman

Fitur tertanam pada Seltos lengkap. Berupa enam airbag (driver, passenger, side and curtain), pengereman ABS+EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist serta Cruise Control. Milik Honda sebetulnya lengkap juga. Hanya saja kalah jumlah kantung udara. Itu semua terdiri atas ABS + EBD, Brake Assist (BA), Auto Hold Brake, dual front i-SRS Airbags, Vehicle Stability Assist (VSA). Termasuk Cruise Control, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS) dan Motion Adaptive EPS.

Simpulan

Rasanya produk Kia memiliki banyak keunggulan dari Honda. Seltos tetap menjadi prioritas daftar mobil buruan. Secara fakta, produk Korea bukan lagi barang picisan. Ia berdiri linear di antara pabrikan Jepang. Strata kapabilitas dan durabilitas sama saja. Tapi, kalau Anda lebih butuh kendaraan yang moderat, gampang jual kembali, pilih HR-V. Jaringan diler yang tersedia juga lebih banyak. (Alx/Tom)

Baca Juga: Varian Tertinggi Mazda2 GT vs Jazz RS, Pilih Mana?

Komparasi KIA Seltos vs Honda HRV

KIA Seltos
  • Rp 295 - Rp 355 Juta
Honda HRV
  • Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta
Seltos vs HRV

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store