• Wishlist

Honda Ingatkan Pemilik Tak Sembarang Ganti Airbag

Honda Ingatkan Pemilik Tak Sembarang Ganti Airbag

Inilah imbauan PT Honda Prospek Motor : Jangan sembarangan mengganti airbag. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terlukanya pengemudi atau penumpang kala terjadi kecelakaan seperti pada pengguna Accord di Amerika Serikat, Maret lalu.


Accord 2002 US


“Berdasar hasil pemeriksaan komponen airbag, ditemukan SRS airbag yang terpasang pada kendaraan saat kecelakaan (Honda Accord 2002) tanggal 3 Maret 2017 bukan inflator airbag asli kendaraaan,” jelas pihak HPM dalam siaran persnya (12/5).



Sialnya, kecelakaan yang terjadi pada Honda Accord 2002 itu, menyebabkan pemilik luka berat. Setelah diusut, ternyata airbag yang digunakan bukanlah yang didapat melalui proses recall, seperti yang sudah diumumkan sebelumnya.


“Bahwa SRS airbag yang terpasang pada kendaraan saat kecelakaan tanggal 3 Maret 2017 bukan inflator airbag asli kendaraaan. Dan juga bukan komponen pengganti dari program penggantian komponen yang dilakukan Dealer resmi Honda pada 2012 dan 2015.




[caption id="attachment_56133" align="alignnone" width="650"]skandal Takata berbuntut panjang Jangan sembarangan ganti komponen Airbag[/caption]


Penelusuran Honda Amerika menemukan, Accord bersangkutan mengalami kecelakaan pada April 2015 dengan kondisi kerusakan yang parah saat dimiliki pemilik sebelumnya. Airbag yang dipasang pun ternyata bukanlah yang seharusnya, melainkan milik Accord 2001.


Ketika terjual pada pemilik saat ini yang mengalami kecelakaan fatal, airbag Takata yang dalam kondisi baik pasca recall besar-besaran pun, belum sempat terpasang. Alhasil luka berat saat kecelakaan terjadi Maret lalu tak bisa dihindarkan.


“Berdasarkan insiden itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengimbau seluruh pemilik Honda di Indonesia bahwa seluruh perbaikan terkait SRS airbag harus dilakukan di dealer resmi, sehingga Honda dapat memastikan penggunaan komponen yang baru dan asli, serta sesuai standar prosedur perbaikan Honda,” imbau HPM.


Mereka juga mengingatkan, tidak akan bertanggung jawab atas segala bentuk kecelakaan terhadap pengemudi ataupun penumpang bila terdapat penggunaan atau pemasangan komponen SRS airbag yang tidak direkomendasikan Honda seperti pada kasus Accord.


Saat ini pihak HPM disebut sudah memiliki persediaan airbag inflator pengganti yang cukup untuk mengganti komponen airbag inflator Takata dalam program kampanye penggantian airbag inflator. Agen Pemegang Merek (APM) ini juga kembali mengajak semua pemilik kendaraan untuk segera memeriksakan kendaraan di bengkel resmi.


Pemeriksaan dan penggantian ini disebutkan dapat dilakukan pemilik secara gratis. Pelanggan juga dapat memeriksakan apakah kendaraan terdampak dalam program penggantian inflator airbag Takata di laman resmi www.honda-indonesia.com/news-room/product-update, atau menghubungi Honda Customer Care di 0-800-1122-789, Senin-Jumat pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.


Baca Juga: Honda Accord terbaru sedang disiapkan

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store