Kaleidoskop 2021: Deretan Hatchback Populer Sepanjang Tahun, Honda Jazz Masih Masuk Daftar

Kaleidoskop 2021: Deretan Hatchback Populer Sepanjang Tahun, Honda Jazz Masih Masuk Daftar

Beragam segmen kendaraan hadir di Indonesia mengikuti kebutuhan masyarakat. Salah satunya yang memiliki banyak penggemar adalah hatchback yang kini ditawarkan oleh beragam merek.

Banyak penggemar hatcback yang memilih model ini karena kepincut desainnya yang sporty dan modern juga kemudahannya berkendara di perkotaan berkat dimensinya yang tidak terlalu besar. Selain itu, mesin 1.5L yang kebanyakan ditawarkan menjadi pilihan mesin yang pas untuk harian atau digunakan sesekali keluar kota.

Oto.com coba merangkum model-model hatchback terpopuler di 2021 dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Angka diambil dari penjuala wholesale Januari hingga November 2021. Apa saja model populer tersebut?

Honda City hatchback

Honda City Hatchback

Ini adalah salah satu model terbaru Honda di 2021. Model yang hadir menggantikan Jazz ini langsung menjadi hatchback terlaris dengan catatan penjualan wholesale sejak peluncurannya hingga November 2021 sebanyak 8.515 unit. Sebagai model baru, Honda City Hatcback menawarkan beragam fitur dan desain sporty. Fiturnya terdapat remote engine start, layar sentuh 8 inci, paddle shift, 8 speaker dan multi angle camera. Mesinnya menggunakan 1.5L DOHC i-VTEC bertenaga 121 ps dan torsi 145 Nm. City hatchback RS ditawarkan dengan dua varian yakni transmisi manual dan transmisi CVT. Banderol harganya sebesar Rp 292 juta dan Rp 302 juta. Model ini juga masuk dalam produk yang mendapat keringanan PPnBM.

Toyota Yaris GR Sport

Toyota Yaris

Hatchback Yaris mendapatkan pembaruan dengan hadirnya deretan produk GR Sport di pertengahan tahun. Sepanjang Januari hingga November 2021, Yaris berhasil terjual sebanyak 6.616 unit. Yaris ditawarkan dengan pilihan varian G dan S GR Sport serta pilihan tiga airbags dan tujuh airbags serta pilihan transmisi manual dan CVT. Banderol harganya mulai Rp 248 jutaan sampai Rp 284 jutaan. Model ini juga mendapatkan keringanan PPnBM.

Suzuki Baleno

Suzuki Baleno

Ini adalah model hatchback Suzuki yang diproduksi di India alias berstatus CBU. Baleno berhasil terjual 2.512 unit sepanjang Januari hingga November 2021 lalu. Tampilannya modern dengan penyegaran desain berupa LED projector headlamp, grill sporty serta bezel foglamp yang membuat tampilannya semakin sporty. Baleno menggunakan mesin 1.373 cc, hadir dengan fitur head unit layar sentuh, auto climate, audi steering switch, start stop button dan MID berwarna. Baleno ditawarkan dengan dua varian yakni transmisi manual seharga Rp 250,4 juta serta transmisi AT dengan harga Rp 263,9 juta.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Daftar City Car Terlaris di Indonesia Tahun Ini

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion

Daihatsu juga menyumbang model di segmen ini yakni Sirion. Sepanjang 2021, hingga November lalu, Sirion berhasil terjual sebanyak 900 unit. Model yang mendapat status All New tahun lalu ini menawarkan aerokit model baru, fitur digital AC, MID, engine start stop, keyless entry, front corner sensor, kamera parkir dan airbag di depan dan samping. Sirion menggunakan mesin 1.329 cc dengan tenaga 95 ps dan torsi 12,2 kg.m. Sirion ditawarkan dengan dua varian yakni transmisi AT seharga Rp 223,1 juta dan transmisi manual Rp 207,8 juta.

Honda Jazz

Honda Jazz

Kehadiran City Hatchback RS memutus penjualan Jazz di Indonesia. Hatchback legendaris yang hadir dalam tiga generasi ini menutup 2021, tahun terakhir penjualannya, dengan angka penjualan 897 unit. Hatchback ini hadir dengan mesin 1.5L dan desain sporty. Penggemarnya cukup banyak dan sempat menjadi hatchback terlaris di Indonesia selama beberapa waktu.

Mazda2

Mazda2 Hatchback

Ini adalah model termurah Mazda di Indonesia. Produk ini berhasil terjual sebanyak 390 unit sejak Januari hingga November 2021 lalu. Mazda2 ini menawarkan desain Kodo khas Mazda yang modern, digabungkan dengan beberapa fitur keselamatan seperti blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dynamic stability control, traction control system serta fitur Mazda Connect. Soal mesin, Mazda2 menggunakan mesin 1.5L Skyactive DOHC 1.496 cc bertenaga 111 ps dan torsi 144 Nm dengan fitur i-Stop. Mazda Indonesia hanya menawarkan satu varian yakni New Mazda2 GT dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Model ini ditawarkan dengan banderol Rp 327,7 juta.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 7 Model yang Pensiun, Ada yang Tak Laku Lagi

Mazda3 hatchback

Mazda3 Hatchback

Mazda menawarkan model Mazda3 Hatchback dengan model sedan. Model hathback ini berhasil terjual 292 unit sejak Januari hingga November 2021. Soal desain, masih menggunakan bahasa desain Kodo, Mazda3 hadir sebagai hatchback dengan bentuk futuristik. Model ini mendapatkan fitur keselamatan aktif lengkap seperti adaptive front lightning system, high beam control, smart city brake support, forward obstruction warning, radar crusie control, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, lane departure warning, lane keeping assist dan driver attention alert. Hatchback ini menggunakan mesin 2.0L yang menghasilkan tenaga 155 ps dan torsi 200 Nm. Mazda3 ditawarkan dalam satu varian dengan banderol harga Rp 519,9 juta.

VW Polo

Volkswagen Polo

Merek asal Jerman ini menawarkan model hatchback Polo di Indonesia. Sepanjang tahun, hingga November 2021, Polo berhasil terjual sebanyak 66 unit. Model ini menawarkan mesin 1.2L TSI dengan tenaga 105 PS dan torsi 175 Nm serta dipasangkan transmisi 7 percepatan berteknologi DSG. Soal harga, hatchback ini dibanderol sekitar Rp 315 juta.

Toyota GR Yaris Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris

Ini salah satu model baru yang hadir di Indonesia dan langsung menyita perhatian penggemar otomotif. Toyota GR Yaris berdasarkan catatan penjualan wholesale terjual sebanyak 64 unit. Model ini awalnya ditawarkan dengan harga Rp 850 jutaan dengan unit terbatas, ketika itu sekitar 126 unit saja. Kini harga bekasnya tembus hingga Rp 1,5 miliar. Keistimewaan mobil ini adalah dibuat dengan spesifikasi balapan World Rally Championship (WRC). Tidak seperti Yaris standar, mesin GR Yaris menggunakan G16E-GTS 3 Silinder DOHC yang menghasilkan tenaga 261 hp dan torsi 360 Nm. Mobil ini juga menggunakan sistem penggerak all wheel drive yang berkode GR-Four. Ada sebanyak 25.000 unit GR Yaris di seluruh dunia dan dibaut di pabrik Toyota Motomachi oleh SDM terpilih yang telah merakit mobil selama 60.000 jam. (Sta/Raju)

Daftar hatchback populer 2021, selama Januari - November:

Model Penjualan
City HB RS 8.515 Unit
Toyota Yaris 6.616 unit
Suzuki Baleno 2.512 unit
Daihatsu Sirion 900 unit
Honda Jazz 897 unit
Mazda2 390 unit
Mazda3 292 unit
Volkwagen Polo 66 unit
Toyota GR Yaris 64 unit

 

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 5 MPV Terlaris Selama Tahun Ini, Toyota Paling Banyak

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature