Kaleidoskop 2021: Daftar City Car Terlaris di Indonesia Tahun Ini

Kaleidoskop 2021: Daftar City Car Terlaris di Indonesia Tahun Ini

Pasar otomotif Indonesia di 2021 bisa bisa dikatakan lebih baik dibanding pada 2020 lalu. Ini berkat kehadiran beragam model baru serta bantuan keringanan pajak dari pemerintah yang membuat pasar kembali bergairah.

Salah satu segmen yang memiliki penggemar cukup besar adalah city car. Hadir dengan dimensi yang kompak serta desain yang cukup stylish, segmen ini menarik minat para pemilik mobil pertama serta konsumen berjiwa muda.

Sebagian besar model ini hadir dengan mesin 1.2L yang cukup bertenaga. Selain itu fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan segmen hatchback yang berada di atasnya. Oto.com coba merangkum beberapa model city car populer di 2021. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

Honda Brio (RS + Satya)

Honda Brio RS

Daftar pertama hadir dari produk Honda yakni Brio. Hadir dengan dua varian yakni RS serta Satya yang mengisi segmen low cost green car, mobil ini berhasil terjual sebanyak 39.596 unit. Model ini kerap berdiri di posisi pertama penjualan Honda selama beberapa bulan. Honda menawarkan mesin 1.2L SOHC i-VTEC bertenaga 90 ps dengan tawaran transmisi CVT dan manual lima percepatan. Tahun ini Honda memberikan penyegaran dengan menghadirkan Brio RS Urbanite Edition yang hadir dengan bodi kit sporty khas Honda.

Brio Satya ditawarkan mulai Rp 153 jutaan sampai Rp 177 jutaan dengan dua varian yakni S dan E. Brio RS hadir dengan banderol Rp 183 jutaan sampai Rp 203 jutaan untuk varian RS Urbanite Edition dengan transmisi CVT. Model ini termasuk dalam kemudahan PPnBM dan memiliki status local purchase tertinggi diantara model yang diproduksi di Indonesia.

Daihatsu Ayla

GIIAS Daihatsu Ayla

Model yang masuk dalam segmen LCGC dari Daihatsu ini berhasil terjual sebanyak 20.159 unit hingga November tahun ini. Daihatsu masih menawarkan dua pilihan mesin untuk mobil murah ini yakni 1.0L yang menghasilkan tenaga 65 ps dan torsi 86 Nm serta 1.2L yang menghasilkan tenaga 88 ps dan torsi 108 Nm yang dipasangkan dengan dua pilihan transmisi yang dapat dipilih yakni manual lima percepatan dan AT empat percepatan. Variannya cukup lengkap yakni D, D+, X dan R. Banderol harganya termasuk mencengangkan untuk ukuran mobil di 2021 yakni mulai dari Rp 105 jutaan sampai Rp 163 jutaan. Model ini juga termasuk dalam kemudahan PPnBM.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 10 Model Terlaris, MPV Masih Mendominasi

Toyota Agya

Toyota New Agya

Kembaran Ayla dari Toyota ini berhasil membukukan penjualan wholesale hingga November 2021 sebesar Rp 15.306 unit. Mobil murah ini ditawarkan dengan dua pilihan varian yakni G dan GR Sport bermesin 1.2L dan dipasangkan dengan transmisi manual serta AT. Banderol harganya mulai Rp 149 jutaan sampai Rp 170 jutaan. Varian GR jadi yang terbaru yang hadir di pertengahan tahun menggantikan model TRD Sportivo. Sebagai varian teratas, Agya GR Sport dibekali dengan tombol start stop, head unit layar sentuh, audio steering switch serta bodi kit anyar.

Suzuki Karimun

Suzuki Karimun Wagon R

Ini menjadi model Suzuki yang bermain di kelas LCGC. Selama Januari sampai November, Karimun berhasil terjual 2.510 unit. Mobil ini ditawarkan dengan beragam varian mulai dari blind van, GL dan teratas GS serta ditawarkan dengan mesin 998 cc yang dipasangkan transmisi manual dan AGS. Banderol harganya mulai Rp 134 jutaan sampai Rp 155 jutaan. Masih ada varian 50 tahun Anniversary Suzuki yang hadir dengan detail bodi kit anyar. Model ini ditawarkan dengan banderol Rp 159 jutaan. Karimun termasuk dalam model yang mendapatkan keringanan PPnBM. Sayangnya meski menghasilkan penjualan, namun Suzuki kemudian menghentikan produksi dari model ini di akhir 2021. Sebagai gantinya, Suzuki menyatakan akan menghadirkan model yang lebih segar dengan teknologi ramah lingkungan untuk pasar Indonesia.

Suzuki Ignis

New Suzuki Ignis 2020

Model berikutnya masih dari Suzuki yakni Ignis yang hadir sebagai CBU dari India. Model ini berhasil terjual sebanyak 1.808 unit selama Januari sampai November 2021. Hadir dengan desain unik dan sporty, city car Suzuki ini terakhir diperbarui dengan model eksterior baru serta interior yang lebih segar. Model ini hadir dengan mesin K12M 1.2L, fitur keyless entry, meter cluster modern, audio steering switch, dual airbag, serta kemampuan manuver untuk perkotaan yang mumpuni. Ignis ditawarkan dalam duia varian yakni GL dan GS dengan pilihan transmisi manual serta AGS. Banderol harganya mulai Rp 183 jutaan sampai Rp 213 jutaan.

Renault Kwid Climber

Renault Kwid Climber

Sepanjang Januari sampai November, Kwid Climber cuma terjual 15 unit saja. Serta terjadi pada awal tahun atau Januari 2021. Sisa bulan tidak ada transaksi untuk city car Renault di Indonesia itu. Menariknya, dari data yang dipaparkan Gaikindo, cuma Kwid Climber bertransmisi otomatis saja yang tersaji. Sedangkan versi transmisi manual tidak ada dalam daftar.

Mesin Kwid Climber menggunakan 3 silinder, 1,0 liter dengan daya tertinggi 68 PS di 5.500 rpm dan momen puntir 91 Nm pada 4.250 rpm. Transmisinya AMT (automated manual transmission) dengan model dial yang minimalis. Proses parkir, terutama mundur atau paralel dibantu adanya sensor belakang dan kamera di buritan. Tangkapan gambar kemudian dimunculkan pada layar head unit 8 inci. Menariknya lagi, sudah ada konektivitas Andoid Auto dan Apple CarPlay pada head unit itu.

KIA Picanto

Kia Picanto GT-Line 2020

Ini adalah model city car yang ditawarkan KIA. Jualannya pada 2021 tidak sementereng model lain yakni hanya enam unit. Namun Picanto menawarkan beberapa kelebihan. Di antaranya mesin 1.2L dengan tenaga 87 ps dan torsi 12,2 kg.m. Transmisinya hadir dengan pilihan AT empat percepatan dan manual lima percepatan. Desain eksterior dan interiornya cukup sporty dengan desain khas KIA. Soal harga, Picanto hadir dengan banderol Rp 221 jutaan sampai Rp 236 jutaan. Model ini hanya ditawarkan dengan dua varian yakni GT transmisi manual dan GT AT. (Sta/Tom)

Wholesale Januari - November 2021

  • Honda Brio (RS + Satya) = 39.596 unit
  • Daihatsu Ayla : 20.159 unit
  • Toyota Agya : 15.306
  • Suzuki Karimun : 2.510 unit
  • Suzuki Ignis : 1.808 unit
  • Renault Kwid Climber: 15 unit
  • Kia Picanto : 6 unit

Baca juga: Model SUV Baru yang Diperkirakan Akan Meluncur di Indonesia Pada 2022 Mendatang

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil