Ini yang Bakal Didapat Kalau Membeli Mobil Listrik Nissan Leaf

Ini yang Bakal Didapat Kalau Membeli Mobil Listrik Nissan Leaf

All New Nissan Leaf resmi hadir di Indonesia, Rabu (18/8/2021). Mobil listrik Nissan ini hadir perdana dengan menawarkan berbagai fitur dan desain khas yang menarik calon konsumen.

Salah satu pertanyaan yang kerap hadir pada mobil listrik adalah apa saja keuntungan memiliki mobil listrik? Pertanyaan ini langsung dijawab Bagus Susanto, Nissan Representative Director, pada momen peluncuran All New Leaf (18/8/2021).

“Sejalan dengan program elektrifikasi yang dijalankan pemerintah Indonesia, maka pemilik All New Nissan Leaf akan mendapatkan manfaat-manfaat lainnya. Pertama tentunya para pemilik akan berperan untuk ikut mengurang emisi karbon CO2 dan mengurangi polusi udara di perkotaan,” ucap Bagus.

Nissan Leaf 2021

Selain itu pemilik Nissan Leaf juga mendapatkan keuntungan bebas dari aturan ganjil genap yang berlaku, gratis parkir di gedung-gedung tertentu dan biaya pajak kendaraan yang lebih murah dibandingkan dengan mesin konvensional. Keuntungan lain adalah biaya perawatan yang lebih hemat sekitar 44 persen dibandingkan bensin dan efisiensi bahan bakar yang lebih irit dibanding mesin konvensional. Nissan mengklaim, untuk jarak 100 kilometer ongkos listrik hanya sekitar Rp 18.600, lebih murah jika dibandingkan mesin bensin 2.5L yang per 100 kilometernya menghabiskan dana Rp 100.000.

Baca juga: Sebelum Beli Nissan Leaf Seharga Rp 649 Jutaan, Cek Detail Fitur Terkandung

Dari keuntungan-keuntungan di atas, Nissan masih menambahkan dengan garansi yang diberikan untuk Leaf. Nissan memberikan garansi kendaraan selama tiga tahun atau 100.000 kilometer, tergantung mana yang dicapai lebih dulu. Selain itu ada juga garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 kilometer, tergantung mana yang dicapai terlebih dulu.

“Selain itu masih ada Nissan Care Package yang membebaskan biaya servis selama lima tahun atau 70.000 kilometer, tentu tergantung mana yang tercapai lebih dulu,” ucap Bagus.

Nissan Leaf EV

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana soal pengisian daya listriknya? Pihak Nissan mengungkapkan bahwa Leaf bisa disamakan dengan gadget yang banyak dimiliki saat ini. Pengisian bisa dilakukan di sumber listrik yang ada. Baik di rumah, kantor atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Metode-metode pengisian tersebut memiliki kelebihannya sendiri.

Misal standar charging portable yang diberikan bersama pembelian Leaf. Metode ini dapat mengisi dari sumber listrik mana saja dengan daya minimal 3,3 kw yang memakan waktu pengisian baterai 12 sampai 15 jam. Home wall charger AC akan didapatkan konsumen secara cuma-cuma selama periode promo, dapat dipasangkan di rumah atau kantor dengan menarik daya 6,6 sampai 7,4 kw dan memerlukan waktu pengisian 5 sampai 7 jam.

“Jangan lupa, masih ada diskon hasil kerja sama PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) dengan PLN yang memberikan potongan 30 persen ketika pemilik Leaf mengisi baterai di rumah dari jam 10 malam sampai 5 pagi,” ucap Bagus.

Terakhir ada SPKLU yang memiliki perangkat quick charge. Pemilik hanya perlu menghabiskan waktu pengisian sekitar 40 sampai 60 menit saja hingga baterai terisi penuh.

Nissan Leaf

Pihak Nissan juga mengungkapkan model terbaru Leaf ini berbeda dengan unit yang pernah hadir sebagai model show beberapa waktu lalu. Pembaruan pada model terbaru ini hadir dari layar infotainment 8 inci serta model plug in charging untuk pengisian daya. Saat ini Nissan Leaf menggunakan tipe 2 yakni yang paling umum digunakan untuk pengisian daya baik di SPKLU maupun di rumah.

Bagi calon konsumen luar Jakarta saat ini hanya bisa menunggu kedatangan Leaf di kotanya. Pasalnya Nissan hanya memfokuskan untuk area Jabodetabek pada tahap pertama penjualan Leaf ini.

Area Jakarta pun hanya terdapat tiga dealer yang siap melayani purna jual Leaf yakni TB Simatupang, Puri Indah dan Cibubur untuk bodi and paint. Nissan mengungkapkan ini hanya strategi sementara dengan wilayah lain akan menyusul dalam waktu dekat.

Info lain, bagi calon konsumen yang ingin segera memiliki Leaf saat ini unit sudah tersedia dan akan segera diantarkan ke pemilik mulai akhir Agustus hingga awal September mendatang. Tidak lupa konsumen yang membeli Leaf saat ini akan mendapatkan wall charger secara cuma-cuma.

All New Leaf ditawarkan dengan harga Rp 649 juta on the road Jakarta untuk single tone, sedangkan untuk dua warna ditawarkan Rp 651 juta on the road Jakarta. (Sta/Tom)

Baca juga: Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya

Jelajahi Nissan Leaf

Model Mobil Nissan

  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Leaf
    Nissan Leaf
  • Nissan X Trail
    Nissan X Trail
  • Nissan Kicks e-Power
    Nissan Kicks e-Power
Mobil Nissan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Nissan Leaf Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Nissan Leaf

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang