Honda Siapkan Banyak Mobil Baru untuk 2022, Apa Saja?

Honda Siapkan Banyak Mobil Baru untuk 2022, Apa Saja?

Belakangan beragam informasi mengenai produk terbaru pabrikan otomotif hadir di media sosial. Ini mengingat akhir tahun biasanya dimanfaatkan pabrikan untuk memperkenalkan model-model baru yang akan hadir di awal tahun depan.

Salah satu yang memiliki kebiasaan ini adalah Honda. Pabrikan Jepang ini baru saja memperkenalkan BR-V terbaru beberapa waktu lalu untuk dipasarkan di awal 2022.

Namun ternyata, Honda sudah mempersiapkan model lain untuk dibawa ke Indonesia. Beberapa sudah pasti hadir berkat informasi dari website resmi pemerintah. Apa saja model tersebut?

HR-V

HR-V Bermesin Turbo

Informasi ini ramai belakangan setelah situs Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta memperlihatkan daftar kendaraan bermotor merek Honda terbaru di 2021. Dalam daftar tersebut terlihat Honda HR-V 1.5T RS CVT disebutkan dengan nilai jual Rp 305 juta. Kode T merujuk pada penggunaan teknologi turbo di mesin tersebut. Varian ini berada di atas HR-V 1.5L SE CVT.

Baca juga: All New Honda BR-V Buatan Karawang Diekspor ke 30 Negara Mulai Tahun Depan

Isu kehadiran HR-V ini sudah cukup ramai setelah Honda memperlihatkan gambar mobil yang terselubung saat perkenalan All New Honda BR-V beberapa waktu lalu. Mengingat waktu pembaruan yang harusnya sudah disertakan pada model HR-V cukup meyakinkan bahwa produk ini yang akan mendapatkan pembaruan.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billi dalam konferensi pers saat peluncuran BR-V terbaru memang telah memberikan sinyal Honda akan memperkenalkan beberapa produk baru dengan memanfaatkan pameran otomotif di November mendatang.

“Kami akan fokus pada pengenalan produk baru (di pameran November). Tunggu saja kejutan-kejutan lainnya dari kami,” ucap Billy.

Perkenalan HR-V turbo ini dipastikan bukan world premiere sebab Honda sudah menawarkan HR-V turbo di pasar Eropa 2019 lalu. Mesin yang digunakan sama dengan milik CR-V meski dengan output tenaga yang lebih jinak. HR-V turbo menghasilkan tenaga sekitar 180 hp dengan torsi 240 Nm. Soal ubahan lain, kemungkinan Honda akan menyegarkan tampilan eksterior dan interior SUV lima penumpang ini.

Soal harga, kemungkinan akan mengalami kenaikan. Hadir dengan teknologi turbo, HR-V terbaru bisa jadi tembus angka Rp 400 jutaan. Harga varian teratas saat ini saja sudah berada di kisaran Rp 344 jutaan. Harga Rp 400 jutaan saat ini dihuni model HR-V 1.8L yang dibanderol Rp 409,8 juta yang sepertinya di masa depan akan mulai ditinggalkan karena pilihan mesin turbo yang menyamai tenaga mesin ini.

Sayangnya, Honda belum memasukkan HR-V dengan fitur Honda Sensing. Model ini sudah hadir di Jepang, dengan nama Vezel, dengan fitur keselamatan cukup lengkap.

Honda City Hatchback RS

City Hatchback Honda Sensing

Masih dari situs yang sama yakni NJKB DKI Jakarta, Honda juga sudah mendaftarkan varian terbaru City Hatcback dengan teknologi canggih Honda Sensing. Model yang baru diperkenalkan tahun ini kemudian mendapatkan fitur keselamatan yang canggih.

Dalam daftar tersebut terlihat kode City HB 1.5L RS HS CVT yang merujuk pada varian RS teratas dengan transmisi CVT dengan Honda Sensing. Nilai jual model ini di angka Rp 226 juta. Model ini melengkapi model yang lebih dulu hadir yakni RS transmisi manual dan RS CVT.

Kehadiran hatchback dengan fitur canggih ini cukup menarik. Setelah di kelas low SUV BR-V kini Honda tidak ragu menawarkan fitur keselamnatan tersebut di model hatchback pengganti Jazz ini. Fitur Honda Sensing sendiri termasuk diantaranya Collision Mitigation Brake System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, serta Auto Head Beam Headlight. Fitur ini awalnya hanya hadir di produk teratas seperti Honda Accord dan Honda CR-V.

Soal harga, pastinya varian ini akan berada di atas RS CVT. Saat ini harga City Hatchback RS CVT dibanderol Rp 302 jutaan. Kemungkinan City Hatchback dengan Honda Sensing di angka Rp 320 jutaan.

Diperkirakan tidak akan ada ubahan signifikan dari eksterior dan interior City Hatcback dengan Honda Sensing ini. Kemungkinan Honda juga akan menawarkan detail pembeda di interiornya seperti head unit atau sentuhan ornamen kecil di bagian dashboard.

Civic hatchback

Penyegaran Honda Civic

Sedan Civic terbaru juga akan hadir di Indonesia. Ini diketahui setelah media sosial memperlihatkan Honda tengah mempersiapkan video TVC sedan sporty tersebut beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pembaruan sedan Civic sudah hadir di Thailand pada Agustus lalu. Pembaruannya terlihat pada area depan dan belakang yang kini lebih elegan dibanding ke arah sporty.

Civic generasi ke-11 masih menggendong mesin 1.5L Turbo dengan transmisi CVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 178 tk dan torsi 240 Nm.

Pada model terbaru Civic ini Honda memperkenalkan Honda Smart Key Card yang hadir untuk pertama kali. Pembaruannya juga hadir di interior yang kini lebih modern dan tetap menampilkan kesan elegan. Di Thailand sedan ini sudah mendapatkan fitur Honda Sensing, belum diketahui apakah fitur ini juga akan dihadirkan di Indonesia. Saat ini sedan Civic hanya ditawarkan dalam satu varian dengan banderol harga Rp 533 juta.

Model Baru di Masa Depan

Melihat beberapa strategi penempatan harga Honda yang berubah, kemungkinan Honda tengah mempersiapkan model baru untuk pasar Rp 200 jutaan kecil. Memang saat ini BR-V terbaru dibanderol dengan perkiraan harga mulai Rp 260 juta, namun untuk harga di bawah ini, Honda memiliki kekosongan.

Kemungkinan produk tersebut bisa jadi sebuah SUV kompak dengan panjang 4 meter yang akan melawan duo Raize Rocky serta Sonet Magnite dan Kiger. Ini adalah pasar yang tengah tumbuh dengan model yang segar untuk ditawarkan ke konsumen. Dan Honda memiliki teknologi yang ada di pasaran ini.

Misalnya mesin 1.0L turbo tiga silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 124 HP dengan torsi 200 Nm yang bahkan ditawarkan di sedan Civic di Eropa. Soal desain SUV kompak, Honda punya WR-V yang sudah lebih dulu hadir di India.

Kita tinggal menunggu waktu pemberitahuan resmi PT HPM terkait produk-produk terbaru ini. Kehadiran penyegaran juga produk baru Honda dipastikan dapat meramaikan industri otomotif Tanah Air untuk kembali bangkit di tengah pandemi. (Sta/Tom)

Baca juga: Honda Tampilkan Modifikasi City Hatchback RS dengan Sentuhan Grafiti

Jelajahi Honda HRV

  • Tampak Depan Bawah Honda HRV
  • Tampak belakang serong HRV
  • Tampak belakang HRV
  • Tampak Grille HRV
  • lampu belakang HRV
  • Honda HRV Drivers Side Mirror Front Angle
  • Knalpot HRV
  • Honda HRV Front Side View
Honda HRV
Rp 294,7 - Rp 409,8 Juta Cicilan : Rp 6,72 Juta

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda HRV Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda HRV

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang