All New Honda Civic Sedan Mengaspal Duluan di Thailand, Simak Fitur Andalannya

All New Honda Civic Sedan Mengaspal Duluan di Thailand, Simak Fitur Andalannya

Setelah berkenalan di Amerika Serikat dan Jepang, All New Honda Civic akhirnya dibawa ke Asia Tenggara. Thailand jadi tempat singgah pertama, dibawanya segudang penyempurnaan agar tampil kompetitif dan unggul. Tidak dibuat sehebat kontestan di market lain namun segala penyempurnaan bikin Civic tetap terlihat memikat di Negeri Gajah Putih.

Ya, kita sudah tidak asing lagi dengan wujud generasi penerus Honda Civic. Ia datang dengan aransemen gaya baru yang lebih dewasa dan simple. Melupakan segala kesan agresif dan mencolok dari model lama dengan wajah baru, bonet lebih panjang, garis mendatar nan tegas, hingga ke tail lamp horizontal. Ia pun datang ke Thailand degan jubah persis dengan semua itu dalam format sedan. Begitu juga termasuk revisi besar dalam kabin.

Honda Civic 2022

Honda Civic anyar ini datang dalam tiga tingkatan trim dengan banderol mulai 964.900 Baht, atau sekitar Rp 415 jutaan, untuk tipe EL. Naik setingkat, EL+ dilego 1,009 juta Baht (Rp 434 jutaan) dan kemudian memuncak di RS dengan angka 1,199 juta Baht (Rp 481 jutaan). Kelengkapan standar Civic di sana mungkin tergolong moderat. Sebut saja lampu proyektor halogen dengan lampu siang dan lampu belakang LED untuk dua trim bawah.

Di samping itu, smart entry komplet remote start tersaji dalam seluruh varian. Dalam kabin, pilihan paling basic mengadopsi bangku berbahan kain. Sementara itu, penduduk di atasnya mengusung perpaduan genuine dan synthetic leather plus pengaturan elektrik 8 arah (bagian pengemudi) dan leather wrapped steering wheel. Kelengkapan lainnya, terpasang head unit 7 inch berisi kemampuan integrasi smartphone dan single zone automatic climate control untuk dua varian terbawah.

Kalau mau kelengkapan paling komplet tentu bisa melirik tipe termahal RS. Tapi untuk diketahui, ia tidak dibuat seglamor versi AS. Tidak sampai sehebat bawa moonroof dan sistem audio Bose, tapi minimal tidak sampai terkesan memble juga. Di bagian luar, trim ini sendiri menyuguhkan unit penerangan full-LED dan wiper otomatis dengan diferensiasi gaya. Termasuk di dalamnya handle pintu dan antena sirip hitam, spoiler belakang, dan pelek 17 inci.

Baca juga: Ini Dia 15 Finalis Kompetisi Desain Virtual Honda City Hatchback

Honda Civic 2022

Interior

Aransemen interior baru lantas diramaikan material dan kulit sintetis hitam dan aksen merah. Menegaskan kesan sporty varian RS. Nah cukup menarik dalam gaya kabin dengan interpretasi model klasik itu adalah kehadiran fitur-fitur modern dan memberikan kesan mewah. Paling kentara adalah kehadiran panel instrument full digital 10,2 inci. Duduki kasta tertinggi, ia juga membawa fitur eksklusif seperti ambient lighting, AC otomatis dua zona, pengaturan bangku depan elektrik, hingga wireless charger.

Terkait mesin, konsumen Thailand tidak mendapatkan komposisi pemacu sekuat model luar. Bukan ganti mesin, yang tertanam di balik bonnet tetaplah jantung empat silinder 1.500 cc turbo. Hanya saja, besaran ekstraksi tidak sebesar di AS dan Jepang. Turun 4 PS sehingga mencatatkan total 178 PS. Apakah itu hal buruk? Tampaknya tidak juga lantaran masih lebih powerful ketimbang model sebelumnya. Terdapat penambahan 5 PS dan ekstra puntiran 20 Nm dengan total 240 Nm untuk tersalur ke roda depan via transmisi CVT.

Gimik dan amunisi perbekalan pendukung kenyamanan boleh dibilang lumayan menarik untuk sebuah sedan kompak asal Jepang. Namun yang membuatnya justru terlihat begitu memikat dan canggih adalah eksistensi peranti asisten berkendara aktif, Honda Sensing. Bukan untuk model termahal saja, sistem ini tersedia di varian terendah sekalipun.

Honda Civic 2022

Berbagai perlindungan aktif dari sebatas peringatan hingga tindakan korektif otomatis bisa dinikmati. Sebut saja Collision Warning System with Brake Assist (CMBS) yang dapat memberikan peringatan bantuan sampai pengereman otomatis andai terdeteksi risiko tabrak depan. Untuk menjaga mobil dalam jalur, terpasang Road Departure Mitigation (RDM) plus Lane Departure Warning (LDW) berikut asisten korektif Lane Keeping Assist System (LKAS).

Mau dibuat nyaman saat berkendara juga bisa seperti via cruise control adaptif. Kemampuannya lantas disudahi Automatic High Beam Adjustment (AHB) dan Front Vehicle Moving Warning System. Khusus Civic RS, ditambahkan alat bantu deteksi blind spot berupa kamera spion Honda Lane Watch. Dengan safety equipment selengkap itu, tak perlu lagi ditanya urusan perlindungan standar lain. Mulai dari sabuk pengaman tiga titik, enam kantung udara, sampai penjaga stabilitas sejenis ABS dan electronic stability control mejeng.

Dengan datangnya Civic di Thailand, tampaknya dapat kita nantikan juga pergantian generasi serupa di Tanah Air. Ia mungkin akan terlihat cukup menjanjikan di sini. Minimal dapat diekspektasikan seluruh peranti canggihnya meski entah seperti apa eksekusi HPM (Honda Prospect Motor) dalam soal pembagian trim. Itu bisa jadi berbeda, kita nantikan saja. (Krm/Raju)

 

Baca juga: Carvaganza Editors Choice Awards 2021, Best Driving Experiences Award: Honda City Hatchback RS

Jelajahi Honda Civic

Model Mobil Honda

  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Civic Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda Civic

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang