GIIAS 2017: Mazda Terima Pemesanan MX-5 RF

GIIAS 2017: Mazda Terima Pemesanan MX-5 RF
Gambar
Review Pengguna

Mazda ternyata punya kejutan yang cukup banyak di GIIAS 2017. Salah satunya, Mazda MX-5 RF yang tidak disangka-sangka. Meski belum secara resmi dipasarkan, namun menurut Ricky Thio, Marketing, Sales, And PR Director, Eurokars Motor Indonesia (EMI), APM Mazda di Indonesia, pihaknya sudah menerima pemesanan.

Ricky menjelaskan, sepanjang GIIAS tahun ini EMI sudah menerima 10 pemesanan untuk Mazda MX-5. “Padahal harganya saja belum pasti,” katanya seraya menambahkan harganya di kisaran Rp 500 jutaan. “Tapi karena mereka bersedia membayar uang pesan, ya sudah, kami masukkan di daftar.”

GIIAS 2017 Mazda MX-5 RF (6)

Berbicara soal MX-5, Eurokars memamerkan varian yang berbeda dari yang diperkenalkan pertama kali pada Maret 2017 lalu. Saat itu, mereka mendatangkan varian MX-5 soft top (atap kain). Namun di GIIAS mereka membawa varian RF alias atap keras yang bisa dibuka.

Menurut Ricky, hal ini atas perintah prinsipal mereka di Jepang yang merasa varian atap keras lebih bisa diterima pasar tanah air, dengan alasan keamanan. “Kalau mau pesan (varian soft top) pun tidak bisa. Karena jatah kita yang itu (RF).”

GIIAS 2017 Mazda MX-5 RF (5)

Mazda MX-5, mobil hebat yang sudah menjadi icon di dunia otomotif. Mobil ini sejak awal didesain sebagai sportscar yang mengedepankan kesederhanaan, kepraktisan, plus lincah. Namun pada akhirnya, hal terakhir itu yang paling menonjol.

Ide awalnya diutarakan jurnalis Bob Hall dari majalah Motor Trend, yang kemudian bekerja sebagai product planning Mazda Amerika. Ia terinspirasi dari roadster Inggris Lotus Elan yang sederhana tapi banyak dicintai. Ukuran compact, titik berat mobil yang tepat ada di tengah, jadi kunci kelincahan roadster Mazda MX-5 yang terus dipertahankan hingga sekarang.

GIIAS 2017 Mazda MX-5 RF (3)

Generasi keempat punya dua pilihan mesin yaitu 1,5 liter dan 2,0 liter. Keduanya mengusung konfigurasi empat silinder, dengan imbuhan teknologi SKYACTIV. Transmisi juga punya dua pilihan, SKYACTIV Drive (otomatis) 6-speed dan SKYACTIV-MT.

Platform Mazda MX-5 juga digunakan oleh Fiat dan menjadi basis untuk roadster mereka, Fiat 124 Spyder. Kerjasama ini memiliki keuntungan bagi kedua belah pihak. Fiat yang sedang berjuang mempertahankan eksistensinya, perlu mobil baru untuk menggebrak dan meningkatkan imejnya. Sedang Mazda, perlu segera mengisi pundi keuangan mereka, karena pengembangan MX-5 terbaru ini menyedot banyak biaya.

Baca juga: GIIAS 2017: Mazda Umumkan Harga All-New CX-5 Mulai Rp 526 Juta

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store