Dokumen Internal Bocor, Kia Sedang Siapkan Seltos EV

Dokumen Internal Bocor, Kia Sedang Siapkan Seltos EV
Gambar
Review Pengguna

Kendaraan ramah lingkungan terus mendapat perhatian pabrikan. Berbagai merek berlomba-lomba menciptakan mobil bertenaga listrik, termasuk Kia. Merek asal Korea Selatan telah memiliki beberapa lini ramah lingkungan. Sebut saja Kia e-Niro, e-Soul dan Optima Hybrid. Jajaran ini pun segera ketambahan model baru, Kia Seltos EV.

Ya, SUV kompak itu bakal ditenagai motor listrik sepenuhnya. Sebenarnya, Seltos sudah pernah ditransformasi menjadi mobil listrik. Berkode KX3 EV, dijual hanya untuk pasar Cina. Ini artinya, model teranyar merupakan pengganti dari generasi pertama. Informasi ini berasal dari gambar yang diperkirakan dokumen internal. Disebutkan versi EV diluncurkan tahun ini pada paruh kedua. Tak hanya itu, beberapa model lainnya juga siap dipasarkan. Seperti Carnival, Sorento, Sorento PHEV dan Sonet.

Baca Juga: Kia Kenalkan Fitur Konektivitas Pintar UVO Phase II di Eropa

EV terbaru Kia diduga disuguhkan dalam dua varian, standar dan long-range (jangkauan lebih jauh), seperti saudaranya Hyundai Kona EV. Sebagai gambaran versi standar Kona EV menganut sumber daya lithium-ion 39,2 kWh, yang menyediakan energi untuk motor bertenaga 136 PS dan torsi 395 Nm. Mampu menjelajah hingga 312 km dengan efisiensi 13,9 kWh per 100 km. Sementara varian yang dapat melaju lebih jauh ditenagai lithium-ion 64,2 kWh, dengan motor 204 PS dan 395 Nm. Mampu melesat sejauh 482 km dengan efisiensi 14,3 kWh per 100 km.

Kia Seltos rear

Dugaan lain, versi standar menganut teknologi sedan Hyundai Elantra EV, yang juga hanya tersaji di Negeri Tirai Bambu. Model elistrik itu memakai baterai 56,5 kWh. Dipasangkan motor yang menciptakan 184 PS dan 310 Nm. Jangkauan daya jelajah mencapai 490 km, dengan konsumsi 12,7 kWh per 100 km.

Baca Juga: Kia Picanto Facelift Meluncur di Eropa, Ada Varian Crossover

Belum ada informasi lebih jelas terkait spesifikasi. Sebagai informasi, generasi pertama Seltos EV yang cuma bisa ditemukan di Cina, daya dorong maksimumnya mencapai 111 PS dengan torsi 285. Jantung penggerak disuplai baterai lithium-ion 45,2 kWh. Hasilnya dapat menyentuh kecepatan puncak 150 kpj dengan konsumsi energy 16,4 kWh per 100 km. Tentunya bakal ada peningkatan.

Kabarnya, Kia siap memproduksi Seltos EV pada Agustus, dengan target 10 ribu unit per tahun. Masih menjadi misteri apakah unit ini bakal ditawarkan ke negara lain. Mengingat tren kendaraan listrik di berbagai negara, terutama Eropa dan Amerika Serikat semakin besar. Lantas bagaimana dengan Indonesia? (Hfd/Odi)

Sumber: Gaadiwaadi

Baca Juga: Sketsa Desain Kia Sedona Dirilis, Detail Lengkap Dijanjikan Menyusul Secepatnya

Jelajahi KIA Seltos

KIA Seltos Rp 295 - Rp 355 Juta Cicilan : Rp 6,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store