Sketsa Desain Kia Sedona Dirilis, Detail Lengkap Dijanjikan Menyusul Secepatnya

Sketsa Desain Kia Sedona Dirilis, Detail Lengkap Dijanjikan Menyusul Secepatnya
Gambar
Review Pengguna

Di tengah banyaknya SUV bermunculan, Kia tampak masih percaya diri dengan produk MPV. Terbukti mereka tengah mempersiapkan generasi penerus Sedona – atau dipanggil juga Carnival. Setelah sebelumnya beredar spy shot, kini pabrikan asal Korea Selatan itu merilis sedikit bocoran melalui sketsa desain.

Segala keterkaitan Sport Utility Vehicle mungkin akan menarik banyak penonton. Bukan MPV ataupun Minivan, Kia menyebut MPV flagship mereka sebagai Grand Utility Vehicle. Entah apa tujuan sebenarnya. Meski begitu, sepertinya lenggokan Sedona tidak akan berubah jadi sebuah SUV tangguh. Dapat terlihat dari sketsa yang dipamerkan, profil tubuh mengotak nan panjang bakal dipertahankan.

Fasad depan tampak mengadopsi desain anyar, tegap seperti wajah Seltos. Tentu identitas grille Tiger Nose dieksekusi, tampil besar seakan menunjukkan nuansa kelas atas. Garis bingkai seperti tidak terputus untuk mengintegrasikan rumah lampu utama. Berubah juga, mata lebih sipit dan memicing. Melirik area bumper, tidak ditemukan permainan foglamp ice cube. Bersih dari keramaian sekaligus menunjukkan sisi agresif lewat lekuk bak bukaan intake besar.

Baca Juga: Kia Picanto Facelift Meluncur di Eropa, Ada Varian Crossover

Manis memang, namun wujud nyata mungkin sedikit meleset dari desain, bisa jadi juga tidak. Minimal dapat dipastikan ia mengadopsi penerangan “berteknologi tinggi”. Mungkin LED dibarengi fungsi matriks adaptif.

2021 kia sedona spy shot

Jika dilihat dari samping, siluet mengotak suguhkan kesan mobil keluarga nan lapang. Dipenuhi garis tegas pula, seperti penekanan bahu yang menghubungkan lampu depan ke belakang. Tapi bukan berarti membosankan karena Kia seolah memainkan dinamisme lekuk lewat rumah kaca. Tidak mengisi penuh area samping, frame sedikit mengecil setelah pilar C. Disayangkan Kia belum mau menampilkan buritan sehingga sulit untuk menerka.

Tertarik dengan sepatu megah berukuran besar seperti sketsa? Jangan banyak berharap. Karena seperti rancangan gambar pada umumnya, hal itu ditujukan untuk menonjolkan rancangan pelek. Sila lihat sendiri di spyshot, sang GUV Kia mengadopsi sepatu serupa namun tidak sebesar itu sampai mengisi penuh ruang sepatbor.

Ukuran tubuh generasi keempat Sedona diyakini mengembang, mendapatkan wheelbase lebih panjang. Tentu menyuguhkan kelapangan ruang kabin, menguatkan nilai dasar sebuah kendaraan keluarga. Konon dimensi ikutan melar dan semakin tinggi.

Belum diketahui apakah ada update mesin anyar atau tidak. Di Indonesia, Grand Sedona mengadopsi seleksi pemacu diesel 2,2 liter atau bensin 3,3 liter. Versi diesel empat silinder unggul menyoal torsi, siapkan kekuatan memuntir 441,6 Nm dan keluaran tenaga 200 PS. Sementara itu, unit bensin V6 punya tenaga sebesar 270 Nm dibarengi torsi 317 Nm.

Diumumkan kalau Kia Carnival/Sedona akan mulai mengaspal di Korea pada kuartal ketiga ini. Setelah itu baru diikuti pasar global. Berarti, tinggal menunggu waktu kalau penasaran wujud asli dan spesifikasi sang MPV flagship Kia. Mereka menjanjikan hal itu “secepatnya”. (Krm/Odi)

Sumber: Motor1

Baca Juga: Kia Kenalkan Fitur Konektivitas Pintar UVO Phase II di Eropa

Jelajahi KIA Grand Sedona

KIA Grand Sedona Rp 656,7 - Rp 692,4 Juta Cicilan : Rp 14,98 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store