Kia Picanto Facelift Meluncur di Eropa, Ada Varian Crossover

Kia Picanto Facelift Meluncur di Eropa, Ada Varian Crossover
Gambar
Review Pengguna

Model facelift Morning atau yang biasa disebut Picanto resmi diluncurkan Kia bulan lalu di Korea Selatan. Sesuai janji, city car itu pun mendarat di pasar Eropa. Generasi ketiga yang berkode JA ini mendapat transformasi signifikan. Menariknya, untuk konsumen Benua Biru disuguhkan banyak varian: standar, GT-Line dan X-Line. Tak seperti di negara asalnya yang dibungkus dalam sebutan Urban, dalam beberapa tipe konfigurasi.

Varian GT-Line punya kelengkapan sama dengan Urban Line, tapi garis horizontal di tengah grille, side skirt dan diffuser belakang diwarnai merah. Seperti diketahui sebelumnya, ubahan pada wajah Picanto diubah drastis. Kisi-kisi khas tiger nose makin tegas, dengan kromium di tepian bawah. Aksen itu memanjang hingga ke penerangan utama yang dilengkapi empat LED daytime running light (DRL). Bahkan terselip ke dalamnya. Buritan tak luput dibenahi. Lampu kombinasi punya wujud lebih kaku. Reflektor pada bumper mengecil, menemani aksesoris diffuser dan dua lubang pembuangan gas.

Kia Picanto GT-Line

X-Line menjadi opsi crossover yang menampilkan karakter tangguh. Bagian dalam grille tak diimbuhkan garis, melainkan aksen tebal. Kemudian bumper bawah punya bentuk berbeda. Terinspirasi dari skid plate mobil 4x4, kesannya tebal dan tangguh. Di situ tersemat logo X-Line untuk menegaskan varian. Kemudian fender, side skirt sampai bumper belakang punya warna kontras dengan bodi. Ini berpadu pelek silver yang palangnya menyerupai daun semanggi.

Baca Juga: Kia Picanto Facelift Resmi Dirilis, Rupa dan Fitur Diremajakan

Opsi standar tampil berbeda. Grille tak memiliki garis melintang, dan garnish kromium lebih tipis. Bumper juga tak sama. Bentuk bukaan berpolanya oval. Tak ada tambahan yang menghubungkan ke rumah lampu kabut. Begitu pula buritan. Kia menyodorkan dua motif pelek, multi-spoke 14 inci dan two-tone 16 inci. Sementara kelir bodi terdapat 10 varian menarik.

New Picanto body photo 3

Interior memperoleh nuansa baru. Tergantung tingkatan trim, ada dua jenis pelapis: kain hitam dan kulit sintetis. Pilihan warnanya pun beragam. Seperti perpaduan jahitan kelir jeruk limau dengan two-tone hitam-putih; kombinasi merah dengan hijau; dan corak denim. Pengalaman berkendara juga lebih nyaman, berkat panel instrumen digital 4,2 inci.

Fitur hiburan ditunjang layar 8 inci yang melayang di tengah dasbor. Sistemnya dibekali multi-koneksi Bluetooth, membuat dua perangkat mobile dapat dihubungkan bersamaan. Konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto sudah menjadi standar. Kia juga menawarkan system UVO Eropa yang dapat menampilkan informasi, yakni kondisi lalu lintas langsung, ramalan cuaca, tempat menarik, harga bahan bakar atau ketersediaan lokasi parkir. Picanto sendiri menjadi model pertama produsen asal Daehan Minguk ini yang mengimplementasikan fitur telematik UVO Connect Phase II.

New Picanto cover photo

Soal dapur pacu, ada dua spesifikasi peminum bensin disodorkan. Versi lebih bertenaga berkubikasi 1,0 liter T-GDi yang disokong turbo dan sistem injeksi tekanan tinggi 350 bar yang lebih efisien. Semburan tenaganya mencapai 100 PS. Unit naturally aspirated bervolume sama menghasilkan 67 PS. Pembeda dengan model sebelumnya yakni digantikannya injeksi multi-point dengan spesifikasi dual-port. Konsumsi bahan bakar ditingkatkan dengan memaksimalkan sirkulasi pembuangan gas, dan intake valve timing. Makin canggih karena pendinginan mesin dibantu Integrated Thermal Management System (ITMS) terbaru.

Transmisi mempercayakan Automated Manual Transmission (AMT), bukan otomatis biasa 4-speed seperti di Korea Selatan. Sengaja dipilih, lantaran pemindah gigi otomatis 5-speed yang bisa dioperasikan seperti mobil manual ini berbiaya produksi lebih murah. Sehingga banderolnya bisa tetap kompetitif.

Perangkat keselamatan terbilang lengkap. Picanto telah menggendong teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) anyar. Terdiri dari fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) with vehicle and pedestrian detection, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping Assist (LKA), Driver Attention Warning (DAW) dan Lane Following Assist (LFA). Ini melengkapi fungsi Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Vehicle Stability Management (VSM), Hill-start Assist Control (HAC) dan enam kantung udara. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Kia Rio Facelift Dikenalkan untuk Pasar Eropa, Banyak Direvisi

Jelajahi KIA Picanto

KIA Picanto Rp 220,95 - Rp 236,23 Juta Cicilan : Rp 5,04 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store