Daihatsu Xenia 1.5 R Harganya Lebih Murah Berkat Relaksasi PPnBM, Simak Keunggulannya

Daihatsu Xenia 1.5 R Harganya Lebih Murah Berkat Relaksasi PPnBM, Simak Keunggulannya
Gambar
Review Pengguna

Diskon PPnBM 0 persen berlaku untuk semua lini Daihatsu Grand Xenia. Tak kecuali varian 1.5 R. Ya, Xenia dengan banderol paling mahal itu mendapat potongan harga yang menarik. Malah saat ini label harganya lebih murah ketimbang pertama kali lahir awal 2019 lalu. Harga Daihatsu Xenia 1.5 R MT Deluxe Rp 215,8 juta. Sedang varian bertransmisi otomatis Rp 225,9 juta. Tertarik meminangnya? Simak sejumlah keunggulan dari Xenia bermesin 1,5 liter.

Xenia 1.5 punya poin menarik. Ia jadi alternatif yang baik untuk Avanza 1.5 G. Lantaran varian Avanza itu tak punya opsi transmisi otomatis. Bahkan untuk Xenia 1.5 manual, banderolnya jauh lebih murah ketimbang Avanza 1.5 G. Lebih heboh lagi, fiturnya tak kalah menggiurkan. Malah cenderung unggul pada Xenia.

Xenia 1.5

Eksterior

Semua kelengkapan turunan dari Xenia 1.3 tersedia pada 1.5. Apalagi dengan imbuhan Deluxe, berupa kosmetik aerokit pada bumper, side skirt, aksen kromium di sejumlah titik, sein LED pada spion dan spoiler dengan lampu rem terintegrasi. Kelengkapan eksterior berupa lampu depan LED, lampu kabut, spion bisa dilipat, pelek alloy 14 inci, antena model sirip ikan hiu (shark fin). Semua Xenia memakai pelek 14 inci, hanya berbeda desainnya saja. Yang sekaligus menjadi sedikit kekurangan. Karena terlihat terlalu kecil kala dibandingkan dengan Avanza maupun kompetitor lain.

Baca juga: Fakta Mengenai Daihatsu Rocky dan Misteri yang Belum Terpecahkan

Daihatsu menawarkan 7 warna untuk Xenia 1.5 R. Pilihannya ada Pearl White, Bronze Metallic, Blue Metallic, Classic Silver, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic dan Midnight Black. Sementara semua pilar di sekitar jendela dilabur hitam. Sedangkan spion dan gagang pintu, warnanya selalu mengikuti cat bodi. Baik untuk varian murah sampai yang termahal sekalipun.

Xenia 1.5

Interior

Kabin Xenia mengaplikasikan desain dwiwarna. Didominasi warna hitam pada dasbor dan jok. Serta dengan pemanis beige pada trim dan sejumlah area kabin. Pelipatan bangku kedua sangat mudah untuk akses baris ketiga. Kursi baris ketiga juga bisa dilipat 50:50 untuk menambah kapasitas penyimpanan bagasi. Kepraktisan kabin turut didukung glove box, front console box, seat back pocket, center console box with arm rest dan door pocket.

Fitur interior Xenia kasta tertinggi terbilang mumpuni. Punya infotainment layar sentuh dengan koneksi Bluetooth, USB dan sambungan dedikasi pada smartphone, Kemudian ada tombol AC digital, kontrol audio pada palang kemudi, AC double blower, 4-speaker plus 2-tweeter, card holder (untuk kartu uang elektronik) serta MID (multi information display) dan indikator ECO untuk acuan berkendara lebih efisien bahan bakar. Tersedia power outlet 12V pada baris depan dan kedua. Namun perlu peranti tambahan untuk mengisi daya smartphone. 

Salah satu minusnya, kasta atas kompetitor biasanya dilengkapi dengan smart entry plus start/stop button. Nah, Daihatsu belum menyediakan itu pada lini Xenia.

Head unit

Safety

Meski bukan yang terlengkap, Xenia 1.5 R dibekali penjamin keselamatan yang memberi ketenangan. Selain dual SRS airbags, turut hadir rem ABS+EBD, sensor parkir belakang, sensor depan, kamera parkir mundur. Pelengkapnya ada pengingat sabuk keselamatan pengemudi, safety belt dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam dan kunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan. Tipe ini juga tersemat immobilizer untuk menghindari aksi pencurian.

Performa

Xenia 1.5 memakai mesin yang sama dengan Avanza dan Veloz. Mesin 4-silinder 1.496 cc Dual VVT-i, bertenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed, menyalurkan ke penggerak roda belakang. Jelas lebih bertenaga dibanding mesin 1,3 liter. Namun tetap bisa menikmati efisiensi bahan bakar.

grand new xenia 1,5

Simpulan

Tak ada gading yang tak retak, Xenia 1.5 R pun punya kekurangan. Namun kelebihan yang ia punya, dengan perbandingan banderol yang ditawarkan masih tetap menggiurkan. Apalagi kini harganya lebih murah berkat diskon PPnBM 0 persen. Pilihan dengan transmisi otomatis bisa dipertimbangkan, lebih praktis dan hebat ketimbang Avanza 1.5 G yang cuma punya transmisi manual. (Tom)

Baca juga: Daihatsu Terios Tipe X Kini Seharga Honda Brio RS Berkat Diskon PPnBM, Layak Dipertimbangkan?

Jelajahi Daihatsu Grand Xenia

Daihatsu Grand Xenia Rp 184,5 - Rp 225,9 Juta Cicilan : Rp 4,21 Juta

Bandingkan & Rekomendasi