Pembaruan Xenia Ramai Dibicarakan Publik, Daihatsu Justru Mengapresiasi

Pembaruan Xenia Ramai Dibicarakan Publik, Daihatsu Justru Mengapresiasi

Informasi tentang kehadiran Avanza dan Xenia baru belakangan ramai dibicarakan di media sosial. Hal yang sama juga terjadi di berbagai informasi yang disebarkan tenaga penjual terkait pembaruan low MPV terpopuler di Indonesia itu.

Meski belum ada informasi terkait produk, namun masyarakat sudah menduga bagaimana bentuk pembaruan Avanza Xenia ini nantinya. Berbagai gambaran digital tersebar di media sosial dan digaungkan media-media otomotif tanpa tahu mana yang mendekati dengan kebenaran.

Menanggapi antusias masyarakat terkait kehadiran Avanza Xenia baru ini ditanggapi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Ini karena PT ADM yang menjadi produsen dari duo kembar tersebut.

“Saya sampaikan apresiasi kekaguman saya luar biasa, tapi kapan akan di-launching produk yang sebenarnya, pada waktunya akan saya kasih tahu,” ucap Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM saat ditemui, Selasa (5/10/2021).

Daihatsu Xenia 2022 Render Daihatsu Xenia 2022 rendering

Amel mengungkapkan antusiasme masyarakat merupakan hal yang wajar sebab kedua produk adalah sebuah produk yang populer dengan status sejuta umat. Kebanyakan gambar yang diambil terinspirasi dari purwarupa DN Multisix yang beberapa tahun lalu sempat diperlihatkan di pameran otomotif.

Namun Daihatsu tetap menutup rapat informasi yang ada terkait produk baru tersebut. Meski sadar bahwa MPV ini membutuhkan pembaruan karena terakhir kali mendapatkan ubahan besar pada 2008.

Pihak Daihatsu juga menutup rapat informasi apa yang akan mereka sertakan dalam pameran otomotif berskala internasional November mendatang. Semua akan dibuka pada saatnya.

“Saat ini saya belum bisa bicara, pada waktunya nanti saja. Tidak semua produk, Daihatsu produksi karena kami aliansi jadi kami lihat strategi globalnya bagaimana. Kejutan di GIIAS kami hanya bisa bersyukur bisa ikut. Kalau dari segi produk jawaban saya standar saja,” ucap Amel.

Baca juga: Mengulik Desain Daihatsu Xenia 2022, Tampilannya Total Berganti

Daihatsu Xenia 1.5

Informasi soal kehadiran generasi baru Avanza dan Xenia terkuak saat daftar Permendagri No 40 2021 mengenai Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021 dipublikasikan.

Dari daftar kendaraan, terlihat Toyota Avanza akan menghadirkan dua varian mesin yakni 1.300 cc dan 1.500 cc dengan kode W100RE dan W101RE. Harga dasar produk terbaru Toyota ini ada di kisaran Rp 164 jutaan sampai Rp 238 jutaan.

Dari kode tersebut juga diperlihatkan adanya opsi transmisi manual dan otomatis CVT. Khusus varian teratas tercantum teknologi keselamatan ASA (Advanced Safety Assist) dan TSS (Toyota Safety Sense). Fitur ini sebelumnya sudah hadir di model Rocky dan Raize.

Performa mesin terbaru ini seharusnya lebih besar dari mesin saat ini. Mesin saat ini yakni 1.329 cc menghasilkan tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1.496 cc 4 silinder, hadir di varian teratas dan Veloz, menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,4 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga: Mereka-reka Tampilan
Xenia 2022 Menggunakan Konsep DN Multisix

Daihatsu Xenia interior

Paling menarik tentu melihat transmisi CVT yang menggantikan transmisi otomatis konvensional. Pengaruhnya semoga saja membuat mobil lebih bertenaga, nyaman digunakan serta lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Soal fitur ADA dan TSS, sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan yang dipakai di Rocky dan Raize. Terdapat fitur pre-collision system, adaptive cruise control, front departure alert, lane departure assist with steering assist. Lalu ada pedal misoperation control, rear cross traffic alert dan blind spot monitoring.

MPV Toyota ini juga pastinya akan dilengkapi fitur keamanan standar seperti ABS, EBD dan tambahan terbaru yang saat ini hadir di beberapa produk toyota adalah Hill Start Assist dan vehicle stability control. Selain itu ada seatbelt with pretensioner & force limiter, seatbelt warning, rear parking sensor, rear parking camera, alarm + immobilizer, ISOFIX dan side impact beam.

Lantas kapan waktu kehadiran Avanza terbaru ini? Jika perkiraan benar, model terbaru Avanza ini yang akan menjadi bintang utama Toyota di lantai pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pertengahan November mendatang. (Sta/Raju)

Baca juga: Simak Harga Avanza Xenia dan Kawan-Kawan Setelah PPnBM 100 Persen Diperpanjang

Jelajahi Daihatsu Xenia

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Xenia
  • Tampak samping Xenia
  • Tampak belakang serong Xenia
  • Tampak Depan Daihatsu Xenia
  • Tampak belakang Xenia
  • Tampak Grille Xenia
  • Fog lamp depan Xenia
  • Lampu depan Xenia
Daihatsu Xenia
Rp 190,9 - Rp 242,4 Juta Cicilan : Rp 4,36 Juta

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
Mobil Daihatsu

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang