• Wishlist

Chevrolet Orlando Terbaru Meluncur di Cina

Generasi baru Chevrolet Orlando yang bertransformasi jadi crossover, resmi meluncur untuk pasar Cina. Info awal mobil ini dipasarkan di sana benar adanya. Untuk dijual di negara lain, belum ada keterangan lebih lanjut. Bisa jadi memang dikhususkan untuk Cina. Mengingat pangsa pasar mobil keluarga sangat besar, apalagi bermodalkan tampilan crossover SUV yang semakin tulen.

Yup, ubahan yang dilakukan pada desain Orlando begitu drastis. Dari segala sudut sangat mencirikan crossover, namun tetap membawa ciri MPV. Dengan kata lain, mobil ini masih diperuntukkan bagi keluarga dengan kepraktisan kabin mumpuni.

Sama seperti Orlando lama, mobil ini sejatinya MPV keluarga yang cukup berkarakter khas Chevy. Ciri SUV sudah terpancar meski arahnya tidak terlampau jelas ke mana. Bodi mengotak dan diisi garis-garis tegas, jelas bergaya ala SUV. Sayang ground clearance-nya rendah, kaki-kakinya pun mencirikan MPV. Mungkin itulah yang membuat Orlando lama kurang populer dan melekat di memori. Di pasar Indonesia juga begitu, walau masih dijual sampai sekarang.

Desain Orlando model anyar, memperlihatkan bahasa desain Chevrolet terbaru yang bakal juga diterapkan oleh model Chevy lain. Inspirasinya berasal dari Chevrolet FNR-X Concept, yang mejeng di Shanghai Auto Show tahun lalu. Tapi tidak sepenuhnya diaplikasi Orlando, karena FNR-X adalah compact crossover yang masuk dalam rivalitas melawan Toyota C-HR, jika diproduksi kelak.

Muka Orlando didominasi double grille besar, diapit headlight LED dan air intake sporty. Postur memanjang, mencirikan MPV dari samping. Bagian buritan terlihat tegas dengan banyak ornamen plastik di bumper. Kesan SUV didapat dari pelek berukuran 17-inci dan jarak dengan tanah yang cukup tinggi. Jika ingin varian lebih sporty, ada pilihan Orlando Redline dengan mayoritas warna hitam, begitu pula interiornya.

Kabinnya menegaskan karakter model Chevrolet terkini. Dapat dilihat dari desain setir 3-spoke, sistem infotainment 8-inci dan automatic climate control. Orlando menyediakan enam speaker, dua USB port dan banyak aksen kromium.

Format penumpang masih tetap 5+2, tapi sekarang lebih lapang untuk mengangkut 7 orang. Ini berkat dipanjangkannya wheelbase jadi 2.796 mm. Kursi baris kedua mudah diatur, dapat digeser sejauh 210 mm untuk menambah ruang kaki baris ketiga. Aksesnya ke belakang pun mudah, melalui pengoperasian satu tombol untuk melipat kursi.

Bicara kepraktisan kabin, Chevrolet mengklaim tersedia ruang kargo sebesar 479 liter jika kursi baris ketiga dilipat. Figur tersebut melar menjadi 1.520 liter saat semua kursi dalam keadaan terlipat. Jika semua kursi dipakai untuk penumpang, masih mampu menampung 3 tas besar atau dua koper.

Sumber tenaga dipastikan memakai mesin bensin 4-silinder 1,35-liter turbocharger. Besaran tenaga dihasilkan sejumlah 163 PS (160 hp) dan torsi 230 Nm. Pilihan transmisi terdiri dari manual 6-speed dan otomatis 6-speed. Orlando di Cina, dilabeli harga mulai dari 119.900 yuan atau setara Rp 260 juta. (Odi)

Sumber: Carscoops, GM Authority

Baca Juga: Chevrolet Trax 2020 Tertangkap Kamera Saat Pengujian

Jelajahi Chevrolet Orlando