• Wishlist

Audi Perkenalkan Model A4 Terbaru yang ‘Irit’

Audi Perkenalkan Model A4 Terbaru yang ‘Irit’

JAKARTA: Sosok baru sedan mewah Audi all-new  A4 2016 resmi diperkenalkan menjelang debut perdananya di gelaran Frankfurt Motor Show 2015 pada bulan September mendatang. Generasi baru Audi A4 ini mengalami beberapa penambahan konten dan bobotnya juga semakin ringan sehingga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi ketimbang edisi sebelumnya. Kabarnya, All-new A4 2016 sudah  bisa dipesan di Inggris mulai musim panas tahun ini, yang akan disusul saudaranya, A4 Avant 2017 yang akan diluncurkan secara resmi pada awal tahun 2016. Demikian dikutip dari Autoblog, Selasa (30/6/2015),

Audi juga mengklaim model terbarunya lebih ringan 120 kg sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit 21 persen. Pihak Audi juga telah memperbanyak penggunaan baja berkekuatan tinggi yang lebih ringan serta aluminium pada struktur rangka untuk mendukung penghematan bahan bakar dan mengusung performa yang handal tanpa harus mengurangi besar tenaga serta torsi yang dihasilkannya.

b9 1

Model anyar besutan pabrikan asal Jerman ini akan dipersenjatai dengan tujuh versi jantung pacu di Eropa, yakni tiga mesin bensin empat silinder dan empat jenis mesin diesel. Salah satu diantaranya, mesin bensin 2.0 TFSI Ultra mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 188 tk dan telah dimodifikasi lebih baik agar dapat menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, yakni sebesar 49 mpg atau setara 100 g per km. Sementara itu, varian lainnya, mesin diesel 2.0 liter dapat menghasilkan gas buangan sebesar 63,6 mpg. Kabarnya, khusus untuk pasar Amerika Serikat, Audi A4 akan tersedia dalam varian mesin bensin dan diesel 2.0 liter turbochraged yang kemungkinan akan bertenaga di bawah 220 daya kuda. Sayangnya, Audi belum mengumumkan detail lebih lanjut mengenai spesifikasi jantung pacu yang ditawarkannya ini.

Menurut informasi yang beredar, mesin-mesin itu akan dipadukan dengan transmisi manual 6 kecepatan, 7 kecepatan S tronic dan transmisi 8 kecepatan tiptronic. Audi juga mengakui bahwa desain model terbaru dari A4 ini memiliki drag coefficient sebesar 0,23  dan merupakan salah satu drag coefficient yang terendah di kelasnya.

Tampilan eksterior pada bagian depan dibuat elegan dengan keberadaan lampu Xenon dan LED DRLs (Daytime Running Light). Selain itu, gril tunggal (single frame grille) disematkan pada bagian depan A4 yang menonjokan bahasa desain khas Audi. Pada sektor kaki-kaki, sedan mewah ini dijejali roda alumunium 17 inchi dengan desain baru. Secara keseluruhan, mobil ini didesain dengan ukuran yang lebih rendah dan mengusung konsep aerodinamis untuk menunjang tingkat efisiensinya.

audia6

Masuk kedalam kabin, Audi A4 hadir dengan balutan desain nan mewah serta dilengkapi dengan sederetan teknologi mutakhir, seperti smartphone interface, Audi Drive Select, zona iklim tiga zona serta layar sentuh 8,3 inchi beresolusi tinggi, serta sistem audio Bang & Olufsen untuk meningkatkan kesenangan selama berkendara. Yang menariknya, Mobil ini juga dilengkapi jaringan internet LTE yang memberikan akses data dan internet dengan kecepatan download tercepat. Audi juga memadukan Audi Virtual Cockpit dengan berbagai informasi tentang lalu lintas, kondisi kendaraan hingga fitur anti-tabrakan untuk menghindari kecelakaan.

Untuk menyempurnakan faktor efisiensinya, terdapat sistem Predictive Efficiency Assistant. Fitur opsional ini bekerja secara efektif dengan sistem kontrol laju adaptif dan sistem pengaturan kecepatan otomatis yang dapat digunakan pada berbagai macam medan, tikungan, sekaligus berfungsi untuk membatasi kecepatan. Audi menyebutkan sistem ini dapat meningkatkan efisiensi hingga 10 persen. Tertarik?